Present Continuos Tense (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuos Tense)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Present Continuos Tense (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuos Tense). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Present Continuos Tense (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuos Tense) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Present Continuos Tense (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuos Tense)
Link : Present Continuos Tense (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuos Tense)

Rekomendasi Materi!!!


Present Continuos Tense (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuos Tense)

Pengertian Present Continuous Tense, bukan hanya itu yang akan kita bahas kali ini. Tetapi juga rumus dan contoh Present Continuos Tense yang berupa sebuah kalimat beserta artinya. Present Continuos Tense adalah salah satu dari 16 tenses atau kata kerja yang ada dalam bahasa inggris. Langsung saja kita simak materi nya sebagai berikut.
Present Continuos Tense (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuos Tense)

Pengertian Present Continuos Tense
Present continuous tense atau sering juga disebut present progressive tense merupakan tenses atau kata kerja yang biasa dipakai untuk menyatakan aktivitas present (yang sedang berlangsung sekarang) atau (future) rencana di masa depan. Tenses ini biasa disertai dengan adverb of time untuk memperjelasnya karena present continuos tense ini dapat digunakan pada present maupun future.

Rumus Present Continuos Tense
Rumus : S + is/am/are + Verb-ing + O + Ket.
Contoh Present Continuous Tense
Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa kalimat contoh present continuos tense yang digunakan pada kondisi-kondisi tertentu sesuai dengan fungsinya.

a. Menyatakan suatu peristiwa yang sedang berlangsung pada waktu pembicaraan (at the moment).
Contoh: 
  1. The door bell is ringing. (Lonceng itu berbunyi dan bunyinya masih tersengar).
  2. Look! He is jumping (Lihat! Dia melompat. Pembicara melihat dan berbicara pada saat kejadian).
b. Membicarakan suatu rencana yang segera akan terjadi.
Contoh: 
  1. They are taking the 8:00 train (Mereka akan naik kera api jam 8:00).
  2. I am going to the movie tonight. (Saya akan pergi nonton nanti malam).
c. Untuk menyatakan suatu perbuatan yang berlangsung pada sekitar waktu pembicaraan, dengan tenggang waktu yang menunjukkan konsep sekarang. Tenggang waktu ini mungkin berlangsung selama beberapa menit, jam, hari, minggu, atau tahun.
Contoh: 
  1. Have you heard about Budi? He is building a house now.
  2. Mirna is learning English at the moment.
  3. Yanti and Tanti are eating in the cafe.

Catatan: Dalam bahasa inggris dikenal kata kerja yang memiliki keterangan waktu sekarang (now, at the moment, right now) namun tidak boleh menggunakan Present Continuos Tense. Kata-kata kerja seperti itu disebut Stative Verbs. Membicarakan suatu kejadian yang akan segera terjadi, selamanya harus dalam present simple. Kata kerja tersebut adalah:
  1. Appear
  2. Believe
  3. Belong
  4. Forget
  5. Hate
  6. Hear
  7. Know
  8. Love
  9. Mean
  10. Own
  11. Prefer
  12. Realize
  13. Need
  14. Like
  15. Understand
  16. Wish
  17. Taste
  18. Smell
  19. Seem
  20. Remember
  21. Suppose
  22. Want
  23. See
  24. Have
Untuk lebih jelasnya, sobat bisa membaca mengenai artikel pengertian, contoh kata dan kalimat stative verb. Mungkin sekian dulu dari saya mengenai artikel present continuous tense ini, selamat belajar,

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Present Continuos Tense (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuos Tense). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/01/present-continuos-tense-pengertian.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: