SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, dan Keterangan Waktu yang Digunakan)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, dan Keterangan Waktu yang Digunakan). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, dan Keterangan Waktu yang Digunakan) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, dan Keterangan Waktu yang Digunakan)
Link : SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, dan Keterangan Waktu yang Digunakan)

Rekomendasi Materi!!!


SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, dan Keterangan Waktu yang Digunakan)

Halo kali ini admin akan memberikan materi dasar bahasa inggris tentang tenses yaitu simple present tense. Adapun yang akan saya berikan kali ini mengenai simple present tense yaitu pengertian, rumus, dan contoh simple present tense. Tetapi selain dari itu juga akan dijelaskan tentang pemakaian dari simple present tense, dan berbagai macam keterangan waktu yang digunakan dalam simple present tense. Simple present tense ini sendiri adalah salah satu dari 16 tenses (kata kerja) dalam bahasa inggris.
SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat)

Pengertian Simple Present Tense
Simple present tense adalah salah satu bentuk kerja dalam bahasa inggris yang biasa digunakan untuk menyatakan fakta (kebenaran), kebiasaan, ataupun juga kejadian yang sedang terjadi saat ini. Kalmat simple present tense ini juga biasanya tidak ada kaitannya dengan waktu.

Rumus Simple Present Tense
Berikut merupakan rumus simple present tense:
Rumus: S + Verb 1 + O

Contoh Simple Present Tense
Saya akan memberikan beberapa contoh kalimat simple present tense berdasarkan pada jenis penggunaanya karena memang simple present tense ini memiliki beberapa jenis penggunaan seperti pada kalimat kebiasaan, fakta, dan juga kejadian yang sedang terjadi saat ini.

1. Menyatakan suatu fakta alam atau kebenaran umum yang tak berubah (General Truth).
Contoh:
No.
Contoh Kalimat
Arti dan Makna
1The sun rises in the east and sets in the west.Matahari terbit di timur dan terbenam di barat. Matahari dari dulu hingga sekarang, dan di masa depan pun, selalu terbit di timur dan terbenam di barat. Hal ini sudah merupakan hukum alam yang bersifat kekal.
2The plane flies in the sky.Kapal terbang itu terbang di angkasa. Ini adalah kenyataan bahwa pesawat terbang tidak akan terbang di tanah, tetapi selalu di angkasa.

2. Menyatakan suatu perbuatan yang telah menjadi kebiasaan (Habitual Action).
Contoh:
No.
Contoh Kalimat
Arti dan Makna
1They visit me every day.Mereka mengunjungi saya setiap hari. Mereka biasanya merupakan suatu kebiasaan - datang ke rumah saya setiap hari.
2Tuty always studies very hard.Tuty selalu belajar sungguh-sungguh; dan sudah menjadi kebiasaan Tuty untuk selalu belajar keras/sungguh-sungguh.

3. Kejadian yang akan datang yang sudah terencana atau terjadwal.
Contoh:
No.
Contoh Kalimat
Arti dan Makna
1She leaves for Bandung next week.Sudah direncanakan.
2Our basketball team plays in Senayan next week,Sudah dijadwalkan.

Pemakaian Simple Present Tense
Pemakaian simple present tense mengikuti ketentuan bahwa untuk orang ketiga tunggal (he, she, it), kata kerjanya ditambah dengan "-s" atau "-es". Ketentuannya adalah sebagai berikut.

a. Penambahan akhiran "-s" pada kata kerja dasar (infinitive).
  • smile - smiles
  • beg - begs
  • eat - eats

b. Kalau kata kerja itu berakhiran "y" yang didahului oleh huruf vokal, maka kata kerja mengikuti peraturan biasa.
  • play - plays
  • say - says
  • stay - stays
c. Kalau kata kerja berakhiran "y" dan didahului oleh konsonan, maka "y" itu haris diganti dengan "i" lalu ditambah dengan "-es".
  • try - tries
  • study - studies
  • fly - flies
d. Penambahan akhiran "-es" jika infinitve nya berakhiran -s, -x, -ch, -sh, dan -o.
  • push - pushes
  • watch - watches
  • go - goes

Keterangan Waktu yang digunakan Simple Present Tense
Simple present tense menggunakan "keterangan waktu" sebagai berikut.
No.
Waktu Simple Present Tense
Arti
1Everysetiap
2Usuallybiasanya
3Alwaysselalu
4Sometimeskadang-kadang
5Seldomjarang
6Frequentlyseirng
7Generallyumumnya
8Oftensering

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, dan Keterangan Waktu yang Digunakan). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/01/simple-present-tense-pengertian-rumus.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: