RANGKUMAN PENGERTIAN MICRO TEACHING (Pengertian menurut ahli, Tujuan, Manfaat, Teknik, Bahan ajar dan Contoh Micro Teaching Pdf)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang RANGKUMAN PENGERTIAN MICRO TEACHING (Pengertian menurut ahli, Tujuan, Manfaat, Teknik, Bahan ajar dan Contoh Micro Teaching Pdf). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang RANGKUMAN PENGERTIAN MICRO TEACHING (Pengertian menurut ahli, Tujuan, Manfaat, Teknik, Bahan ajar dan Contoh Micro Teaching Pdf) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : RANGKUMAN PENGERTIAN MICRO TEACHING (Pengertian menurut ahli, Tujuan, Manfaat, Teknik, Bahan ajar dan Contoh Micro Teaching Pdf)
Link : RANGKUMAN PENGERTIAN MICRO TEACHING (Pengertian menurut ahli, Tujuan, Manfaat, Teknik, Bahan ajar dan Contoh Micro Teaching Pdf)

Rekomendasi Materi!!!


RANGKUMAN PENGERTIAN MICRO TEACHING (Pengertian menurut ahli, Tujuan, Manfaat, Teknik, Bahan ajar dan Contoh Micro Teaching Pdf)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran perkuliahan khususnya calon guru studi pendidikan yaitu tentang micro teaching, adapun kita akan membahas lengkap rangkuman makalah pengertian micro teaching secara umum dan menurut para ahli, tujuan, manfaat, teknik, bahan ajar micro teaching, dan contoh micro teaching pdf. semoga dapat membantu

Micro Teaching

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran perkuliahan khususnya calon guru studi pendidikan yaitu tentang micro teaching, adapun kita akan membahas lengkap rangkuman makalah pengertian micro teaching secara umum dan menurut para ahli, tujuan, manfaat, teknik, bahan ajar micro teaching, dan contoh micro teaching pdf.

Pengertian Micro Teaching

uaya meningkatkan pemahaman dalam melaksanakan model, cara, langakah-langkah menyampaikan materi pembelajaran yang telah dikuasai seorang guru/ pendidik, maupun calon pendidik dalam tata kelola proses pembelajaran di kelas.

Pengertian Micro Teaching menurut ahli :

Laughlin dan Moulton dalam Hasibuan mendefinisikan micro teaching (pengajaran mikro) adalah sebuah metode latihan penampilan yang dirancang secara jelas dengan jalan mengisolasi bagian-bagian komponen dari proses mengajar, sehingga guru (calon guru) dapat menguasasi setiap komponen satu persatu dalam situasi mengajar yang disederhanakan.

Sukirman mengatakan micro teaching adalah sebuah pembelajaran dengan salah satu pendekatan atau cara untuk melatih penampilan mengajar yang dilakukan secara “micro” atau disederhanakan.

Sardiman mengatakan micro teaching adalah meningkatkan performance yang menyangkut keterampilan dalam mengajar atau latihan mengelola interaksi belajar mengajar.

Tujuan Micro Teaching

Tujuan Micro Teaching adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam proses pembelajaran atau kemampuan profesional calon guru dan/atau meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan dalam berbagai keterampilan yang spesifik.
Secara garis besar tujuan micro teaching ada 2 yaitu tujuan bagi siswa calon guru dan bagi guru :

Bagi siswa calon guru
Pertama, memberikan pengalaman belajar yang nyata dan latihan sejumlah keterampilan dasar mengajar secara terpisah. Kedua, calon guru dapat mengembangkan keterampilan mengajarnya sebelum mereka terjun ke kelas yang sebenarnya. Dan ketiga, memberikan kemungkinan bagi calon guru untuk mendapatkan bermacam–macam keterampilan dasar mengajar serta memahami kapan dan bagaimana keterampilan itu diterapkan.

Bagi guru
Pertama, memberikan penyegaran dalam program pendidikan. Kedua, guru mendapatkan pengalaman belajar mengajar yang bersifat individual demi perkembangan profesinya. Dan ketiga, mengembangkan sikap terbuka bagi guru terhadap pembaharuan yang berlangsung di pranatan pendidikan.
Sebagaimana teori sebelumnya, pengajaran mikro bukan hanya untuk calon guru saja tapi juga digunakan untuk guru yang telah mengajar di sekolah-sekolah.

Manfaat Micro Teaching

Dari berbagai literature yang penulis temukan bahwa fungsi micro teaching secara umum penulis simpulkan bahwa Microteaching berupaya untuk membina calon guru/tenaga kependidikan melalui keterampilan kognitif, psikomotorik, reaktif dan interaktif. Dalam perannya micro teaching berfungsi sebagai:

1. Fungsi Intruksional
Pada fungsi ini micro teaching sebagai penyedia fasilitas praktik/latihan bagi calon guru/tenaga kependidikan untuk berlatih dan/atau memperbaiki dan meningkatkan keterampilan pembelajaran, yang pada hakikatnya merupakan latihan penerapan pengetahuan metode dan teknik mengajar dan/atau ilmu keguruan yang telah dipelajari secara teoritik.

2. Fungsi Pembinaan
Fungsi selanjutnya yaitu sebagai tempat pembinaan dan pembekalan para calon guru sebelum terjun ke lapangan (pengajaran sebenarnya). Sardiman mengatakan bahwa micro teaching dijadikan tempat membekali calon guru dengan memperbaiki komponen-komponen mengajar sebelum terjun ke real class room teaching.

3. Fungsi Integralistik
Dalam dunia kependidikan, PPL (Program Pengalaman Lapangan) menjadi hal utama untuk menguji kualitas. Bukan hanya di sistem pendidikan keguruan saja yang melaksanakan ini bahkan disetiap lembaga pendidikan tinggi juga menerapkannya, baik teknik, perbankan, apalagi keguruan. Artinya, program micro teaching merupakan bagian integral Program Pengalaman Lapangan (PPL) serta merupakan mata kuliah prasyarat PPL dan berstatus sebagai mata kuliah wajib lulus.

4. Fungsi Eksperimen
Keberadaan micro teaching berfungsi sebagai bahan uji coba bagi calon guru pakar di bidang pembelajaran.[11] Umpamanya seorang guru atau seorang ahli berdasarkan penelitiannya menemukan suatu model atau suatu metode pembelajaran, maka sebelum penemuan itu dipraktekkan di lapangan, maka terlebih dahulu diuji-cobakan di dalam micro teaching ini. Dengan demikian hasilnya dapat dievaluasi di mana letak kelemahannya untuk segera dilakukan perbaikan-perbaikan.

Contoh Micro Teaching

Sebagai contoh micro teaching yang baik salah satunya adalah dengan memperhatikan point point penting dalam mengajar atau proses pembelajarn itu sendiri.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang RANGKUMAN PENGERTIAN MICRO TEACHING (Pengertian menurut ahli, Tujuan, Manfaat, Teknik, Bahan ajar dan Contoh Micro Teaching Pdf). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2018/07/rangkuman-pengertian-micro-teaching_10.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: