MATERI TEKS RESENSI: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Struktur, Unsur, Ciri, Jenis, Sistematika dan Contoh Resensi terbaru 2018

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang MATERI TEKS RESENSI: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Struktur, Unsur, Ciri, Jenis, Sistematika dan Contoh Resensi terbaru 2018. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang MATERI TEKS RESENSI: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Struktur, Unsur, Ciri, Jenis, Sistematika dan Contoh Resensi terbaru 2018 dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : MATERI TEKS RESENSI: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Struktur, Unsur, Ciri, Jenis, Sistematika dan Contoh Resensi terbaru 2018
Link : MATERI TEKS RESENSI: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Struktur, Unsur, Ciri, Jenis, Sistematika dan Contoh Resensi terbaru 2018

Rekomendasi Materi!!!


MATERI TEKS RESENSI: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Struktur, Unsur, Ciri, Jenis, Sistematika dan Contoh Resensi terbaru 2018

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMP, SMA/SMK tentang resensi, kita akan membahas materi resensi secara singkat dan lengkap, mulai dari pengertian resensi,  tujuan, manfaat, struktur, unsur, ciri ciri, jenis jenis, sistematika dan contoh resensi terbaru. Semoga dapat membantu

Teks Resensi

materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMP, SMA/SMK tentang resensi, kita akan membahas materi resensi secara singkat dan lengkap, mulai dari pengertian resensi,  tujuan, manfaat, struktur, unsur, ciri ciri, jenis jenis, sistematika dan contoh resensi terbaru. Semoga dapat membantu

Pengertian Teks Resensi

Pengertian Teks Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dimaksud disini bisa berupa berupa buku dan karya seni film dan drama.
Baca Juga: Contoh Teks Cerita Fiksi dan Non Fiksi
Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Tujuan

Hal yang perlu kita ketahui adalah tujuan dari referensi tersebut, tujuan resensi adalah sebagai berikut:
  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku yang di resensi.
  • Memberikan gambaran kepada pembaca dan penilaian umum dari sebuah karya secara ringkas.
  • Memberikan masukan kepada penulis berupa kritis dan saran terhadap isi, substansi, cara penulisan buku.
  • Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
  • Menguji kualitas buku dan membandingkan terhadap karya lainnya.

Manfaat

Resensi tentu ada manfaatnya, manfaat resensi antara lain adalah :
  • Sebagai Bahan Pertimbangan, Memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut.
  • Sebagai Sarana Promosi Buku, Buku yang di-resensi biasanya adalah buku baru yang belum pernah di-resensi. Sehingga dengan melakukan hal ini bisa menjadi salah satu bentuk promosi buku sehingga terkenal dan banyak terjual.
  • Bernilai Ekonomis, Dan hal yang mungkin tidak kamu bayangkan adalah dengan meresensi buku kita bisa mendapatkan imbalan berupa uang atau lainnya
  • Dapat Mengembanhgkan Kreatifitas, Seperti yang kita ketahui bahwa semakin sering menulis semakin baik tingkat keahlian kita, sehingga dengan rajin meresensi secara tidak langsung bisa mengembangkan kreativitas menuli

Struktur Teks Resensi

Pada umumnya resensi terbagi menjadi 4 struktur utama, yaitu identitas karya, bagian sinopsis, bagian ulasan atau telaah atau bahasan, dan bagian penutup. Berikut penjelasannya :
  1. Bagian Identitas, biasanya dicantumkan identitas karya atau karangan yang diresensi. Identitas meliputi judul karangan, pengarang, penerbit, kota penerbit, tahun terbit, tebal buku (jumlah halaman), dan harga buku. Bagian ini bertujuan untuk memperkenalkan kehadiran sebuah karya buku baru kepada masyarakat pembaca.
  2. Bagian Sinopsis, mencantumkan ringkasan karangan. Karya yang diresensi biasanya dipilih jenis buku fiksi atau nonfiksi, kemudian dibuat sinopsisnya yang berisi pokok-pokok isi buku.
  3. Bagian Ulasan, Bagian ini berisi bahasan, ulasan, atau pertimbangan mengenai “baik” atau “buruknya” sebuah buku. Betapapun juga, dari sebuah karya pasti ada sisi baiknya dibandingkan dengan karya- karya lain yang sejenis. Sebaliknya, betapapun bagusnya, sebuah buku pastiada saja kekurangan atau kelemahannya.
  4. Bagian Penutup, Bagian penutup biasanya berupa kesimpulan.

Unsur-Unsur Teks Resensi

Dalam hal ini, terdapat unsur unsur resensi yang harus dipenuhi agar dapat dikatakan utuh, berikut unsur unsur teks resensi tersebut adalah judul, penyusunan data buku, isi resensi buku, dan penutup resensi buku, berikut penjelasannya :

1. Judul

Judul semestinya harus mempunyai kesinambungan dengan isi resensi. Selain itu, judul yang menarik memberikan nilai lebih tersendiri.

2. Penyusunan Data Buku

Penyusunan data buku dapat dilakukan sebagai berikut:
  • Judul Buku
  • Pengarang
  • Penerbit
  • Tahun penerbit dan cetakannya
  • Dimensi buku serta
  • Harga buku

3. Isi Resensi Buku

Bagian ini berisi mengenai sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan singkat dan keunggulan serta kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan bahasa yang digunakan.

4. Penutup Resensi Buku

Pada bagian penutup biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.
Menurut saya, resensi ini hampir serupa dengan teks ulasan. Saya sarankan kamu membacanya juga.

 Ciri Ciri Teks Resensi

Adapun sebuah hasil karya dapat dikatakan resensi buku / novel yang baik dan bener apabila memiliki ciri ciri sebagai berikut:
  • Terdapat Judul Resensi
Ciri-ciri resensi yang baik pertama ialah terdapat judul resensi. Pastikan judul resensi bukanlah berupa judul objek atau karya yang akan diresensi sebab judul resensi harus mencerminkan keunggulan karya tersebut.
  • Identitas Buku
Meliputi judul buku, pengarang, penerbit, kota penerbit, jumlah halaman, cetakan ke berapa, serta harga buku. Apabila buku tersebut merupakan terjemahan, maka disebutkan nama penerjemahnya serta editornya.
  • Ada Sinopsis atau Ulasan Buku
Ringkasan sebuah karya atau disebut sinopsis juga menjadikan sebuah resensi menjadi bagus. Sampaikan sinopsis sebuah karya secara sekilas kepada pembaca agar mereka mampu memahami isi buku atau karya yang sedang dibahas.
  • Ada Kekurangan dan Kelebihan Buku
Seorang penulis resensi dituntut untuk membahas suatu buku dengan apa adanya demi menjaga objektivitas. Maksudnya, ia haruslah berani untuk mengungkapkan buku atau karya tertentu baik dari segi kelebihan terlebih lagi segi kekurangannya. Hal ini sangat bermanfaat bagi sang penulis buku yang bersangkutan.

Tentu saja uraian mengenai kelebihan atau keunggulan buku akan menambah nilai jual buku tersebut. Dengan membaca kelebihan tersebut, pembaca resensi akan tergerak untuk kemudian membeli dan menikmati sendiri karya atau buku yang diresensi.
Baca Juga: Contoh Cerita Pengalaman Pribadi

Jenis Jenis Teks Resensi

Secara garis besar jenis jenis resensi ada 3, yaitu informatif, desktiptif dan kritis :
  • Informatif, disini resensi disampaikan secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.
  • Desktiptif yaitu resensi yang membahas secara detail pada setiap bagian atau bab nya.
  • Kritis, yaitu resensi yang mengulas detail buku menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi resensi biasanya objektif dan kritis dalam menilai isi buku.
untuk sistematika dan contoh teks resensi bisa anda lihat di artikel terkain.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang MATERI TEKS RESENSI: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Struktur, Unsur, Ciri, Jenis, Sistematika dan Contoh Resensi terbaru 2018. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2018/07/materi-teks-resensi-pengertian-tujuan_17.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: