7 CONTOH TEKS CERITA FIKSI PENDEK SINGKAT (tentang Pendidikan, Dalam Novel, Untuk anak anak, Legenda beserta Strukturnya dan pesan moral)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang 7 CONTOH TEKS CERITA FIKSI PENDEK SINGKAT (tentang Pendidikan, Dalam Novel, Untuk anak anak, Legenda beserta Strukturnya dan pesan moral). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang 7 CONTOH TEKS CERITA FIKSI PENDEK SINGKAT (tentang Pendidikan, Dalam Novel, Untuk anak anak, Legenda beserta Strukturnya dan pesan moral) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : 7 CONTOH TEKS CERITA FIKSI PENDEK SINGKAT (tentang Pendidikan, Dalam Novel, Untuk anak anak, Legenda beserta Strukturnya dan pesan moral)
Link : 7 CONTOH TEKS CERITA FIKSI PENDEK SINGKAT (tentang Pendidikan, Dalam Novel, Untuk anak anak, Legenda beserta Strukturnya dan pesan moral)

Rekomendasi Materi!!!


7 CONTOH TEKS CERITA FIKSI PENDEK SINGKAT (tentang Pendidikan, Dalam Novel, Untuk anak anak, Legenda beserta Strukturnya dan pesan moral)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang contoh teks cerita fiksi pendek singkat dalam novel tentang pendidikan, untuk anak, tentang legenda beserta strukturnya ( Absrtak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi dan Koda atau Amanat ) dan pesan moral yang terkandung didalamnya. Semoga dapat membantu

Contoh Teks Cerita Fiksi

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang contoh teks cerita fiksi pendek singkat dalam novel tentang pendidikan, untuk anak, tentang legenda beserta strukturnya ( Absrtak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi dan Koda atau Amanat ) dan pesan moral yang terkandung didalamnya.

Berikut ini adalah contoh teks cerita fiksi pendek singkat dalam novel beserta strukturnya tentang pendidikan, anak dan legenda.

Contoh 1

Contoh pertama yaitu contoh cerita fiksi pendek dalam novel beserta strukturnya lengkap (Absrtak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi dan Koda atau Amanat) yang berjudul Sang Pemimpi

Baca Juga: Rangkuman Teks Cerita Fiksi
Abstrak:
Di kampung melayu, Sang Pemimpin Pulau Belitong, hiduplah tiga orang anak. Mereka bernama Ikal, Arai, dan Jimbron. Arai adalah seorang yatim piatu, ia ditinggal ayahnya saat masih SMP. Setelah Tamat SMP, Ikal dan Arai melanjutkan sekolah menuju jejang SMA. Karena desa mereka tidak ada SMA, maka mereka melanjutkan sekolah di SMA Bukan Main yang terletak di Belitong. Mereka harus menempuh perjalanan cukup jauh sekitar 30 km untuk sampai kesana. Karena jauhnya jarak yang ditempuh, maka mereka memutuskan untuk mengontrak sebuah kos yang letaknya cukup dekat dengan sekolah. Mereka mendaftar sekolah sendiri. Saat hari pertama masuk, mereka bertemu anak yang bernama Jimbron. Dari situlah awal persahabatan mereka.

Orientasi:
Suatu sore, mereka bersama guru sastra dan teman-temannya, berkumpul di lapangan. Di sana guru mereka, Pak Balia, mengajarkan cara membuat kalimat yang indah. Salah satu kalimat yang tercamkan di pikiran Ikal, Arai, dan Jimron, yakni "Jelajahi kemegahan Eropa sampai ke Afrika yang eksotis. Temukan berliannya budaya sampai ke Prancis. Langkahkan kakimu di atas almamater suci tiada tara:Sorbonne. Ikuti jejak-jejak Sartre, Louis Pasteur, Montesquieu, dan Voltaire. Di sanalah orang belajar science, sastra dan seni hingga merubah peradaban...". Pada saat itulah mereka mengkristalisasikan harapan agung mereka, yakni bersekolah ke Prancis! Mereka ingin menginjakkan kaki mereka di Almamater suci: Sorbonne. Harapan itu selanjutnya menghantui mereka setiap hari. Begitu tinggi cita-cita mereka.

Komplikasi:
Suatu malam, Ikal dan kawan-kawannya berkumpul di teras kos mereka. Di depan kos mereka terdapat sebuah bioskop yang sudah tua. Namun, mereka belum pernah sama sekali masuk ke bioskop tersebut. Mereka juga takut untuk masuk ke dalam bioskop karena masuk ke bioskop merupakan larangan dari sekolah. Apabila pihak sekolah mendapati salah satu siswa masuk kesana, mereka pasti dihukum. Dan orang yang menghukum itu tidak lain adalah Pak Mustar, pendiri sekolah tersebut yang terkenal kejam. Ciri khas beliau menghukum, yaitu dengan mempermalukan seorang yang melanggar aturannya di depan umum. Suatu hari, petugas bioskop memasang sebuah poster yang menggambarkan tentang film yang akan diputar. Di poster itu tergambar seorang wanita dengan memakai busana yang minim bersama anjing pudelnya.

Evaluasi:
Melihat gambar itu, mereka langsung menutup wajah mereka dan masuk ke dalam kos. Meraka takut, dengan melihat gambar itu bisa menghancurkan akhlak meraka. Tetapi dalam hati mereka, tetap timbul keinginan untuk masuk ke dalam bioskop tersebut. Namun untuk masuk ke dalam sana diperlukan sebuah cara agar pihak sekolah tidak mengetahuinya, karena mereka tahu bahwa aturan bioskop tersebut yakni anak sekolah dilarang masuk. Saat melakukan cara yang pertama mereka mengalami kegagalan. Setelah itu, mereka kembali ke kos. Mereka berpikir keras agar bisa masuk kesana. Saat itu, Jimbron berada di luar. Ia melihat sekelompok perempuan berkerudung masuk kesana. Dari penglihatanya itu, ia memiliki sebuah ide, yakni masuk kedalam bioskop menggunakan kerudung. Ia pun langsung mengatakan kepada Ikal dan Arai dan usulannya pun diterima. Mereka memakai cara tersebut, lalu mereka masuk kesana dan upaya mereka berhasil. Akhirnya, mereka masuk di dalam bioskop untuk pertama kalinya.

Tiba-tiba lampu bioskop dimatikan. Tak lama kemudian film pun diputar. Suasana riuh menyelimuti bioskop tersebut. Namun saat adegan puncak, tiba-tiba film dihentikan dan lampu dinyalakan. Mereka bertiga pun kagat dan ternyata disana sudah ada ada Pak Mustar yang sedang berpatroli. Meraka akhirnya tertangkap basah dan seperti biasa, beliau menghukum mereka dengan ciri khasnya. Setelah dihukum, mereka langsung disuruh pulang. Tidak hanya sampai disitu hukuman bagi meraka. Masih ada hukuman lain dari Pak Mustar, tetapi diberikannya saat masuk sekolah nanti. Perasaan tidak nyaman menyelimuti mereka. Ternnyata benar apa yang meraka duga, mereka dihukum di sekolah. Atas perbuatannya itu, Pak Mustar mengumpulkan seluruh murid dan menghukum meraka bertiga. Meraka disuruh mempraktikkan ulang adegan yang ada di film tersebut. Suasana riuh menyelimuti hukuman mereka. Banyak siswa yang terpingkal-pingkal melihat adegan mereka.

Resolusi:
Saat penerimaan rapor, hati Ikal dan Arai gelisah tidak karuan. Meraka takut membuat kecewa sang ayah, karena peringkat mereka merosot. Tidak lama, Ayah Ikal pun datang dengan baju safarinya. Seperti biasa, beliau mengucapkan salam kepada mereka. Lalu, langsung masuk ke dalam aula. Setelah selesai acara, beliau langsung menepuk punggung mereka berdua dengan halus dan setelah itu pulang.

Ayah Ikal memang terkenal pendiam. Ikal pun sadar atas kesalahannya dan langsung mengejar ayahnya. Ikal pun akhirnya berhasil menyusul ayahnya di atas Jembatan Lenggang. Saat dia berlari di samping sepeda ayahnya. Sang ayah pun terkejut dan tersenyum. Sebuah senyum lembut yang menyatakan sebuah kebanggan.

Tak terasa tiga tahun terlewat, mereka bertiga pergi merantau ke Pulau Jawa. Berbekal ijazah SMA mereka mencoba mencari pekerjaan. Setelah sekian lama mecari, akhirnya Ikal mendapat pekerjaan di sebuah Kantor Pos yang ada di Jakarta dan Arai di Kalimantan. Setelah sekian lama tak bertemu, akhirnya mereka bertemu juga. Setelah itu, Ikal mengundurkan diri dari Kantor Pos. Lalu, mereka pulang kampung untuk pertama kalinya. Mereka disambut hangat oleh keluarga di sana.

Koda atau Amanat:
Berbulan-bulan Ikal dan Arai menanti kepastian penguji beasiswa. Saat-saat yang di tunggu datang. Meraka bersama-sama membuka surat itu. Dan, mereka pun terbelalak melihat tulisan Universitas yang menerima mereka. Berulang-ulang, orag tua Ikal mengucapkan "Alhamdulillah". Arai pun demikian, ia sangat bangga atas hasil yang diraihnya. Namun, hal ini kurang lengkap baginya, karena tidak ada orang tua. Ia telah sebatang kara, Namun demikian indahnya, Tuhan bertahun-tahun telah memeluk mimpi-mimpi mereka dan telah menyimak harapan-harapan sepi dalam hati mereka karena di kertas itu tertulis Universitas yang menerima mereka, disana tertulis: Universite de Paris, Sorbonne, Prancis.

Contoh 2

Contoh kedua adalah contoh teks cerita fiksi pendek singkat tentang Final Fantasy XV Kingsglaive beserta strukturnya 

Lucis adalah sebuah kerajaan sihir yang sangat damai dibawah naungan dan perlindungan kristal ajaib, dan Nifleheim adalah sebuah kekaisaran yang memiliki teknologi mesin yang sangat maju yang telah diciptakan oleh penemu dan ilmuan (magitek). Kedua belah pihak baik Lucis dan Nifleheim telah berperang untuk waktu yang sangat lama. Nifleheim yang memiliki mesin militer dan perkembangan teknologi yang tidak dapat dibendung mulai mendominasi negara negara yang dilaluinya. Untuk mempertahankan kerajaannya, Lucis membentengi wilayahnya dengan dinding ajaib yang berasal dari kekuatan kristal ajaib itu sendiri. Hanya Insomnia sendirilah yang menjadi kota sekaligus benteng pertahanan Lucis yang tidak pernah tertembus oleh serangan Nifleheim. Setelah perang yang berkepanjangan pangeran noctis lucis beserta ayahnya pergi menuju kerajaan tenebrae untuk mencari obat penyembuh kesedihan yang mereka derita.

Puteri luna, kakak laki laki dan ibunya sebagai bangsawan tenebrae menyambut kunjungan mereka dengan sangat ramah. Tanpa disadari kedatangan raja regis dan pangeran noctis juga membawa api peperangan menuju tenebrae. Dan dalam waktu sekejap mata, kerajaan tenebrae berubah menjadi lautan api. Ratu tenebrae tewas karena serangan itu untuk melindungi Ravus, pangeran dari kerajaan tenebrae itu sendiri. Bukan tanpa alasan niflheim menyerang tenebrae, hal tersebut disebabkan oleh kunjungan raja regis dan pangeran noctis. Tenebrae sangat berkabung dimasa itu, Ravus nox fleuret, sang pangeran merasa dendam pada kerajaan lucis karena kedatangan mereka telah menyebabkan ibunya meninggal.

Waktu telah lama berselang, untuk mempertahankan kota insomnia, raja regis membentuk tentara militer khusus yang diberi nama "kingsglaive". Seluruh anggota glaive memiliki kekuatan sama seperti raja regis karena memang sumber kekuatan mereka berasal dari cincin lucii yang dipakai oleh raja regis. cincin lucii sendiri adalah sebuah cincin ajaib yang memiliki kekuatan dan diturunkan dari generasi ke generasi. Hanya keturunan raja saja yang dapat menggunakan kekuatan cincin ini. Dan hanya mereka yang layaklah yang mampu memanggil penjaga raksasa dan kekuatan terbesar yang bersemayam dalam cincin tersebut. Kehebatan pasukan glaives memang tidak diragukan lagi, hal ini telah mereka buktikan pada pertarungan di tembok perbatasan sebelah timur kerajaan lucis. Dengan menggunakan kekuatan listrik, api, dan kekuatan magis lain dikombinasikan dengan kemampuan untuk teleportasi beserta menghilang pasukan glaives berhasil mendesak nifleheim di garis depan. Namun pada akhirnya pasukan glaives tetap kalah karena Nifleheim melepaskan seekor monster raksasa yang dijuluki "the deamon" yang berukuran ratusan kaki dan dengan sekejap dapat meluluh lantahkan medan pertempuran.

12 tahun berlangsung, raja regis berniat untuk menikahkan puteranya yakni pangeran noctis yang saat ini telah berusia 20 tahun dengan puteri kerajaan tenebrae yakni putri lunafreya nox fleuret yang dijuluki "putri yang seharusnya menjadi mempelai yang dicintai". Tanpa diduga Niflheim mengirimkan konselornya untuk bernegosiasi agar insomnia menyerah dengan dalih mengadakan perjanjian damai. Raja regis yang tidak memiliki pilihan karena niflheim mengancam nyawa dan keselamatan pernikahan noctis dan luna maka menyetujui tawaran tersebut.

Keputusan ini membuat pasukan glaives dibubarkan begitu saja. Merasa dikeceawakan oleh rajanya, akhirnya banyak pasukan glaives yang berubah menjadi pemberontak dan merencanakan kudeta untuk menjatuhkan raja regis dan mendapatkan kebebasan demi kampung halaman mereka. Kudeta demi kudeta telah dilakukan. Pertarungan antar glaives pun mulai terjadi dan hanya menyisakan satu orang glaives yakni Nyx ulric yang dijuluki sebagai pahlawan sekaligus glaives terbaik oleh teman temannya. Nyx ulric yang diberikan amanat oleh raja regis sebelum meninggal untuk menjaga puteri lunafreya dan cincin lucii yang dibawanya harus menghadapi rintangan dan musuh yang cukup kuat yakni jenderal glauca yang memimpin pasukan niflheim dalam penyerangan Insomnia.

Dalam usahanya untuk melarikan diri keluar dari insomnia, Nyx dan Lunafreya sempat tertangkap oleh jenderal glauca yang ternyata adalah kapten pasukan glaives yakni kapten drautos. Merasa sudah terpojok dan putus asa akibat dua luka tembak yang diterima Nyx sebelumnya maka Nyx mencoba memakai cincin lucii yang dibawa oleh putri lunafreya.

Dalam keadaan sekarat, Nyx ulric memanggil arwah raja raja lucis terdahulu. Untuk mendapatkan kekuatan cincin lucii maka Nyx harus memiliki jiwa rela berkorban untuk masa depan. Karena sejatinya cincin tersebut ada untuk melindungi masa depan. Tawaran yang diberikan oleh raja raja masa lalu sangatlah sulit, untuk memakai kekuatan cincin tersebut harus dibayar dengan nyawa Nyx sendiri. Merasa bahwa masa depan adalah sesuatu yang utama bagi Nyx akhirnya ia menerima tawaran tersebut. Nyx yang berhasil mendapatkan kekuatan cincin lucii dan mengorbankan nyawanya setelah fajar menyingsing akhirnya memanggil tembok legenda berupa 6 patung raksasa yang kemudian menjadi hidup dan membantu Nyx bertarung melawan pasukan niflheim.

Pertarungan terus berlangsung hingga akhienya Nyx berhadapan dengan Jenderal Glauca sendiri. Nix terpaksa melawan kapten glaives yang menjadi jahat itu. Dalam beberapa kesempatan mereka bercakap cakap. Akhirnya pertempuran tersebut berhasil terselesaikan dengan tewasnya Jenderal Glauca. Namun dilain sisi Nyx Ulric juga tewas karena disaat Nyx membuat perjanjian dengan raja Lucis terdahulu ia sepakat untuk menukar nyawanya dengan kekuatan luar biasa yang berasal dari cincin Lucii.

Contoh 3

Contoh ketiga adalah contoh teks cerita fiksi legenda pendek singkat beserta strukturnya dan pesan moralnya tentang legenda rawa pening 

legenda rawa pening, selain memiliki banyak unsur budaya yang terkenal jawa tengah juga mempunyai banyak cerita-cerita menarik

salah satunya yaitu legenda rawa pening-pada zaman dahulu hiduplah seorang anak yang sakti. sehingga kesaktian tersebut membuat seorang penyihir jahat iri.

karena merasa tertandingi ilmunya penyihir jahat itu menyihir anak itu,badannya penuh luka dengan bau yang sangat menyengat. dan luka-luka baru yang nampak. ketika luka itu kering,tidak ada seorang pun yang mau mendekat dengannya.

suatu hari anak sakti ini mempunyai mimpi ada seseorang wanita yang bisa mengobati lukanya dan penyakitnya. setiap kampung pun didatangi untuk mencari perempuan tersebut.

namun anak ini senantiasa di usir oleh masyarakat. mereka merasa jijik dan mengusirnya kembali.

suatu saat ada pesta dan anak ini dapat masuk dalam pesta tersebut,namun beberapa orang mengusir dan mencaci maki. kemudian diseret keluar,ketika diseret ia berpesan kepada orang yang ada di pesta tersebut.

“dengan menancapkan satu lidi di atas tanah dan hanya dirinya yang dapat mencabutnya”

anak tersebut melakukan tersebut karena kesal atas perlakuan dari masyarakat. beberapa orang mengabaikan perkataan anak tersebut. mereka juga mencoba mencabut lidi itu. namun tidak seorang pun yang dapat mencabutnya.

hingga tanpa orang sadari anak itu mencabut dan keluarlah air dan menjadi mata air. semakin lama air yang keluar deras dan banyak. hingga menenggelamkan daerah itu,hingga menjadi telaga yang di beri nama rawa pening.

tidak ada satu orang pun yang selamat kecuali wanita yang telah menolongnya,serta memberikan rumah dan merawatnya.

penyihir jahat masih tidak terima atas kesembuhan itu hingga menyihir lagi menjadi ular besar dengan kalung genta di bagian leher.

karena kalung itu selalu berbunyi klinting-klinting  membuat nama ular itu memiliki nama baru klinting.

Pesan Moral:
hargailah orang lain dan jangan sama-sama membenci. jangan sampai menilai seseorang dari tampilan luar saja. apa yang tampak menarik dapat saja jelek untuk kita dan begitu pula sebaliknya.

Contoh 4

Contoh terakhir yang ke-4 adalah contoh teks cerita fiksi pendidikan singkat pendek yang berjudul perjuangan mempertahankan peringkat beserta struktur dan pesan moralnya

Namaku yanuar,merupakan seorang siswa sekaligus santri laki-laki yang berusia 17 tahun. waktu itu aku masih duduk di bangku kelas xi  semester 3. dan hari ini waktu untuk pengambilan raport akhir semester gasal beberapa minggu yang lalu.

aku mengambil raport sendiri karena orang tua sangat sibuk untuk mencari nafkah. karena aku di pesantren waktu itu juga aku pulang setelah mengambil raport.

setelah mengambil raport aku seketika membukanya namun hasil belajar selama 6 belakang lumayan yaitu dengan rata-rata 7,3. namun hal itu belum cukup untukku.

akupun berjanji setelah liburan akan lebih giat dan tekun untuk belajarnya. dan tidak terasa waktu liburan hampir habis. dan waktunya untuk kembali meningkatkan prestasi belajar.

ternyata waktu cepat berlalu dan buktinya sudah akhir semester genap dan tepatnya kenaikan kelas. setelah ujian semester saatnya kini mengetahui hasil yang telah ku perjuangkan selama 6 bulan.

akupun langsung mengambil raportnya dan guru wali kelas saya memberikan bingkisan dan saya agak kebingungan. dan setelah saya buka raport ternyata nilai saya meningkat walaupun masih di 3 besar.
Baca Juga: Rangkuman teks cerita fantasi

saya percaya bahwasanya usaha yang bersungguh-sungguh tidak akan tidak jauh sama hasilnya.

Pesan Moral:
agar selalu bersungguh-sungguh dalam belajar atau hal yang baik,karena usaha tidak akan mengecewakan hasil yang akan kamu dapat.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang 7 CONTOH TEKS CERITA FIKSI PENDEK SINGKAT (tentang Pendidikan, Dalam Novel, Untuk anak anak, Legenda beserta Strukturnya dan pesan moral). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2018/07/7-contoh-teks-cerita-fiksi-pendek_15.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: