Pengertian & 5 Contoh Teks Tantangan Singkat tentang (Narkoba, Pendidikan, Gadged, Sampah dan Rokok) beserta strukturnya

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Pengertian & 5 Contoh Teks Tantangan Singkat tentang (Narkoba, Pendidikan, Gadged, Sampah dan Rokok) beserta strukturnya. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Pengertian & 5 Contoh Teks Tantangan Singkat tentang (Narkoba, Pendidikan, Gadged, Sampah dan Rokok) beserta strukturnya dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Pengertian & 5 Contoh Teks Tantangan Singkat tentang (Narkoba, Pendidikan, Gadged, Sampah dan Rokok) beserta strukturnya
Link : Pengertian & 5 Contoh Teks Tantangan Singkat tentang (Narkoba, Pendidikan, Gadged, Sampah dan Rokok) beserta strukturnya

Rekomendasi Materi!!!


Pengertian & 5 Contoh Teks Tantangan Singkat tentang (Narkoba, Pendidikan, Gadged, Sampah dan Rokok) beserta strukturnya

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang teks tantangan, adapun kita akan membahas lengkap mengenai pengertian teks tantangan dan 5 contoh teks tantangan singkat / pendek tentang narkoba, pendidikan, gadget, sampah dan rokok beserta strukturnya.

Teks Tantangan Singkat


Pengertian Teks Tantangan

Pengertian teks tantangan dapat dikatakan sebagai teks yang bersifat kontra atau melawan.
Teks tantangan adalah suatu teks yang memberikan informasi tentang bantahan atau penolakan terhadap suatu hal atau kondisi atau peristiwa yang bersifat kontroversial.
Contoh Teks Tantangan

Sebagai mana yang telah kita singgung diawal, kita akan membahas tentang 7 contoh teks tantangan singkat terbaru 2017 tentang  narkoba, pendidikan, gadget, sampah dan full day shcool beserta strukturnya, berikut contohnya :

Contoh 1

BACA JUGA : Contoh Paragraf Deduktif

Yang pertama yaitu contoh teks tantangan singkat tentang narkoba beserta strukturnya

Tantangan tentang narkoba

Narkoba merupakan suatu bahan yang tersusun dai beberapa rangkaian dan campuran bahan aktif. Campuran bahan yang ada didalam narkoba dimasukkan kedalam golongan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif. Banyak yang berpendapat jika narkoba itu merupakan obat yang terlarang dan sangat berbahaya bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya. Tapi anggapan mereka tidak sepenuhnya benar.

Narkoba merupakan suatu obat yang biasa digunakan dalam ilmu medis atau ilmu kesehatan. Kebutuhan narkoba juga sangat banyak bagi para penderita penyakit. Namun, narkoba yang diberikan dokter kepada pasiennya tentulah sesuai dengan ilmu medis yang berbasis kesehatan. Jadi tidak terlalu berefek samping.

Apabila Anda menemui berbagai pengguna narkoba di jalanan lalu Anda melihat pengguna itu gila, berarti itu karena penyalahgunaan obatnya saja. Narkoba yang seharusnya digunakan sebagai penyembuh penyakit yang harus digunakan dengan hati-hati, malahan disalahgunakan. Itulah yang mendapatkan citra buruk pada masyarakat.

Contoh 2

Contoh Berikutnya yaitu contoh teks tantangan singkat/pendek tentang pendidikan beserta strukturnya yang berjudul "alokasi dana pendidikan"

Pengantar:
Puluhan siswa kelas 1 sampai 3 SD di Merangin, Jambi harus belajar di ruang kelas bekas rumah dinas yang tidak layak pakai. Disebabkan karena keterbatasan ruangan dan tidak adanya perhatian dari pemerintah setempat. Apabila tidak ada anak-anak yang memakai seragam sekolah, bangunan ini tampak seperti tempat tinggal biasa.

Tetapi siapa sangka ruangan 4x6 meter ini adalah ruang kelas SD Negeri 143 Kungkai II di Kecamatan Merangin, Jambi. Dinding kayu ruangan berlubang dimana-mana, atap sekolah hampir roboh dan lapuk. Sudah 5 tahun kondisi terus seperti ini. Selama itu pula, 60 siswa kelas 2 hingga 3 SD mesti belajar di ruang sempit ini.

Argumen:
Dulu ini merupakan rumah dinas untuk para guru. Tetapi karena keterbatasan ruangan kelas, pihak sekolah terpaksa menggunakan rumah dinas ini sebagai ruang kelas. Siswa sudah seharusnya belajar di ruangan yang aman dan layak. Apalagi siswa kelas satu SD yang baru saja masuk sekolah.

Simpulan:
Padahal alokasi dana untuk pendidikan di Kabupaten Merangin, Jambi tidaklah sedikit. Jumlahnya mencapai Rp 2,3 triliun. Pertanyaannya, kemanakah jumlah dana untuk pendidikan? Kita nantikan sampai kapan anak-anak bangsa ini belajar di ruangan yang tidak layak pakai.

Contoh 3

yang berikutnya yaitu contoh teks tantangan singkat atau pendek tentang gadget beserta strukturnya

Gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang saat ini sedang menjadi tren untuk dimiliki oleh setiap orang. Salah satu gadget yang saat ini sering digunakan oleh manusia, yaitu handphone. Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan untuk menghubungi orang lain dengan menggunakan pesawat telepon yang dapat di bawa kemana mana. Banyak yang berpendapat bahwa handphone dapat memberikan kerugian bagi banyak pihak. Hal tersebut disebabkan orang yang sudah menggunakan handphone akan menjadi lupa akan waktu, dan menghabiskan kegiatannya hanya untuk bermain handphone, baik untuk bermain game maupun untuk kegiatan lain.

Namun, penilaian di atas tidak sepenuhnya benar. Handphone sebagai salah satu alat komunikasi dapat membantu menghubungkan individu yang letaknya berjauhan dengan individu yang lainnya. Jika, dulu kita selalu menggunakan surat untuk mengetahui kondisi atau kabar saudara maupun teman kita yang letaknya sangat berjauhan dengan kita. Sekarang penggunaan handphone dapat membantu dalam mengatasi kondisi tersebut. Handphone dipandang lebih efektif dan efisien untuk mengetahui kondisi atau kabar atau untuk berkomunikasi dengan orang lain. Orang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh informasi.

Selain untuk komunikasi, handphone bisa digunakan untuk mencari informasi dari internet. Informasi tersebut tentu saja informasi yang bermanfaat dalam bidang pendidikan atau untuk meningkatkan kualitas pekerjaan. Apabila anda melihat orang menggunakan handphone hanya untuk bermain game atau hanya menggunakan media sosial saja, itu berarti orang tersebut belum paham benar tentang manfaat dari handphone. Handphone yang seharusnya bisa menjadi sarana yang menguntungkan untuk membantunya dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan, justru menjadi momok yang menakutkan untuk mengurangi kualitas diri pribadi individu.


Contoh 4

Contoh yang ke-4 yaitu contoh teks tantangan singkat tentang sampah beserta strukturnya

Pengantar :
Istilah sampah pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Jika mendengar istilah sampah, pasti yang terlintas dalam benak kita adalah setumpuk limbah yang menimbulkan aroma busuk yang sangat menyengat. Sampah diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses yang cenderung merusak lingkungan di sekitarnya. Dalam proses alam, sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam itu berlangsung.

Argumentasi :
Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia. Bila sampah dibuang secara sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan serangga (lalat, kecoa, kutu, dan lai-lain) yang membawa kuman penyakit.

Sampah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, sampah haruslah diolah atau di daur ulang dengan baik agar tidak mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan manusia. Sampah yang selama ini kita buang begitu saja, ternyata masih dapat diolah kembali antara lain dalam bentuk kerajinan yang bernilai ekonomi, bercita rasa seni dan unik. Secara umum pengelolaan sampah dilakukan dalam tiga tahap kegiatan, yaitu : pengumpulan, pengangkutan, dan pembuangan akhir/pengolahan. Pada tahap pembuangan akhir/pengolahan, sampah akan mengalami proses-proses tertentu, baik secara fisik, kimiawi, maupun biologis.

Sampah yang dibuang harus dipilih sehingga tiap bagian dapat di daur ulang secara optimal. Hal ini jauh lebih baik di bandingkan membuangnya ke sistem pembuangan sampah yang tercemar. Pembuangan sampah yang tercampur dapat merusak dan mengurangi nilai material yang mungkin masih bisa dimanfaatkan dari sampah-sampah tersebut.

Sampah merupakan konsekuensi yang ada karena aktifitas manusia. Akan tetapi, manusia tidak menyadari bahwa setiap hari manusia menghasilkan sampah baik organik maupun anorganik. Kebanyakan orang tidak mau untuk mengolah sampah yang telah mereka hasilkan tersebut, karena mereka menganggap bahwa hal itu sah-sah saja untuk dilakukan.

Oleh karena itu, peran serta setiap orang sangat diperlukan dalam mengatasi masalah sampah yang tak ada hentinya ini. Kita sebagai generasi muda diharapkan untuk dapat mengolah sampah dengan baik dan benar agar tidak mencemari lingkungan.


Contoh 5

Terakhir ada contoh teks tantangan singkat tentang merokok beserta strukturnya

Pengantar :
Saat ini budaya merokok telah merambat berbagai kalangan diindonesia mulai dari kalangan anak-anak remaja dan juga wanita-wanita. Bahaya rokok dan dampak rokok bagi kesehatan memang sudah dicantumkan dalam bungkus rokok yang dijual dipasaran. Disana disebutkan bahaya rokok untuk kesehatan "bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin", akan tetapi, walaupun bahaya rokok serta zat rokok yang terkandung didalamnya sudah disebutkan bungkus, masih banyak masyarakat Indonesia yang merokok aktif. Bukan saja Indonesia, bahkan dunia.

Argumentasi :
Kita prihatin dengan semakin meluasnya budaya merokok di tengah-tengah masyarakat. Sedikitnya ada dua poin yang membuat kita menundukkan kepala tanda berduka. Pertama, data yang menyatakan  jumlah perokok terbanyak di kalangan orang-orang miskin dan di negara-negara  miskin yang konon mencapai 80 persen.  Wajar saja kalau  Badan Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (WHO) mendesak agar semua negara tanpa kecuali memberlakukan larangan total terhadap segala bentuk iklan, promosi, dan sponsor rokok, demi kesehatan 1,8 miliar anak di dunia. Kedua, jumlah perokok terbesar mencapai 80 persen adalah kalangan remaja. Itu artinya, remaja kita ke depan dalam bahaya, terutama racun yang terdapat dalam rokok. Kalau tidak diantisipasi dengan cermat bisa-bisa dunia ini dipenuhi oleh generasi tidak sehat alias berpenyakit paru-paru, kanker dll. Indonesia termasuk di dalamnya.

Di Indonesia pemasaran rokok adalah pemasaran produk yang paling heboh! Gencar menyelusup kesegenap wilayah kehidupan masyarakat disemua strata. Tua, muda, miskin dan kaya bisa menikmati rokok. Hal yang biasa, produsen rokok menjadi sponsor acara musik, sehingga masyarakat, kawula muda khususnya bisa menikmati pertunjukkan musik artis idolanya dengan cuma-cuma. Sponsor acara olahraga. Meskipun didunia olahraga, merokok adalah hal yang tabu. Menjadi donatur – sponsor untuk pengelolaan, keindahan taman suatu kota, kegiatan seminar dan lain sebagainya.

Kesimpulan :
Budaya merokok merupakan budaya yang sangat buruk yang saat ini sedang berkembang dilingkungan masyarakat kita, jadi sudah menjadi keharusan bagi kita para pemuda untuk bisa nilai mana yang baik dan mana yang buruk, dan jika dilihat dari dampak yang diberikan dari merokok tidak ada dampak yang positif yang diberikannnya sehingga sudah seharusnya kita mulai program untuk berhenti merokok diseluruh indonesia bahkan dunia.

BACA JUGA : Contoh Karya Ilmiah singkat

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Pengertian & 5 Contoh Teks Tantangan Singkat tentang (Narkoba, Pendidikan, Gadged, Sampah dan Rokok) beserta strukturnya. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2017/02/pengertian-5-contoh-teks-tantangan.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: