METODOLOGI (Pengertian menurut para ahli, Fungsi, Macam Contoh)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang METODOLOGI (Pengertian menurut para ahli, Fungsi, Macam Contoh). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang METODOLOGI (Pengertian menurut para ahli, Fungsi, Macam Contoh) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : METODOLOGI (Pengertian menurut para ahli, Fungsi, Macam Contoh)
Link : METODOLOGI (Pengertian menurut para ahli, Fungsi, Macam Contoh)

Rekomendasi Materi!!!


METODOLOGI (Pengertian menurut para ahli, Fungsi, Macam Contoh)

Kali ini kita akan membahas tentang metodologi penelitian, dimana kita akan membahas lengkap tentang metodologi penelitian tentang pengertian metodologi secara umum dan menurut para ahli, fungsi metodologi, macam macam  atau jenis jenis metodologi dan contoh metodologi secara singkat serta perbedaan antara metode dengan metodologi. Semoga dapat membantu

Metodologi



Kali ini kita akan membahas tentang metodologi penelitian, dimana kita akan membahas lengkap tentang metodologi penelitian tentang pengertian metodologi secara umum dan menurut para ahli, fungsi metodologi, macam macam  atau jenis jenis metodologi dan contoh metodologi secara singkat serta perbedaan antara metode dengan metodologi

Pengertian Metodologi

Pengertian Metodologi penelitian adalah proses atau cara ilmiah untuk mendapatkan data yang akan digunakan untuk keperluan penelitian. Metodologi juga merupakan analisis teoretis mengenai suatu cara atau metode .
Adapun pengertian metode dan dengan metodologi yaitu Metode adalah bagaimana orang memperoleh pengetahuan (how to know), sedangkan metodologi  adalah ilmu tentang untuk tahu bagaimana harus mengetahui (to know how to know).


Pegertian metodologi menurut para ahli :

Menurut KBBI, metode adalah cara kerja yang mempunyai sistem dalam memudahkan pelaksanaan dari suatu kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Drs.Agus M. Hardjana mengemukakan metode ialah cara yang telah dipikirkan secara matang yang dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu demi tercapainya sebuah tujuan.

Titus, mengatakan bahwa metode ialah serangkaian cara dan langkah-langkah yang tertib untuk menegaskan suatu bidang keilmuan.

Almadk menjelaskan bahwa metode ialah suatu cara dengan menerapkan berbagai prinsip yang logis terhadap suatu penemuan dan penjelasan kebenaran.

Rothwell dan Kazanas. Menurut mereka metode merupakan cara, proses atau pendekatan untuk menyampaikan sebuah informasi.

Hebert Bisno menjelaskan, metode ialah suatu teknik yang digeneralisasikan dengan baik dan benar agar bisa diterima ataupun digunakan dalam satu disiplin ilmu ataupun bidang disiplin dan praktek.

Macquarie. Metode merupakan suatu cara dalam melakukan sesuatu terutama suatu hal yang berkaitan dengan rencana tertentu.

Rosdy Ruslan mengemukakan metode sebagai kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan cara kerja dalam memahami suatu subjek maupun objek penelitian dalam upaya menemukan suatu jawaban secara ilmiah dan keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.

Wiradi. Metode merupakan seperangkat langkah dari apa yang harus dikerjakan secara tersusun dan sistematis.

Ostle. Menurutnya metode ialah suatu pengajaran terhadap sesuatu dalam memperoleh sesuatu yang interelasi.

Fungsi Metodologi

Adapun Fungsi atau tujuan dari metodologi sendiri ada 3 yaitu :

  1. Penemuan. Data yang diperoleh dari penelitian merupakan data-data yang baru yang belum pernah diketahui.
  2. Pembuktian. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk membuktikan adanya keraguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu.
  3. Pengembangan. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada.


Macam Macam Metodologi

Adapun macam atau jenis jenis metodologi secara umum dapat dibagi menjadi 7 antara lain:

  1. Penelitian historis;  penelitian yang bertujuan membuat rekunstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverfikasi, serta mensintesiskan bukti-bukti untuk menegakkan fakta dan memperoleh kesimpulan yang kuat dan akurat.
  2. Penelitian diskriptif;  penelitian yang bertujuan membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat pada suatu objek penelitian tertentu.
  3. Penelitian pengembangan; penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki suatu pola dan perurutan pertumbuhan atau perubahan suatu objek atau gejala. Dimana peneliti ingin melihat hasil yang lebih efektif dan efisien dari hasil yang akan dicapainya.
  4. Penelitian kasus (lapangan); penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan intraksi lingkungan suatu unit sosial, baik individu, kelompok, lembaga, atau masyarakat.
  5. Penelitian korelasional; penelitian yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya hubungan antara variabel atau gejala tertentu terhadap variabel atau gejala lainnya.
  6. Penelitian tindakan; penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan baru, cara pendekatan baru atau suatu produk pengetahuan baru  untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di lapangan secara nyata.
  7. Penelitian eksperimental;  penelitian yang bertujuan untuk  menyelidiki sebab akibat tertentu dengan memberikan perlakuan tertentu atau kondisi yang berbeda.


Contoh Metodologi


BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

Dalam penelitian ilmiah faktor metodologi memegang peranan penting guna mendapatkan data yang obyektif, valid dan selanjutnya digunakan untuk memecahkan permasalahan yang telah dirumuskan. Pengertian Metode adalah cara yang telah teratur dan telah berfikir secara baik-baik yang digunakan untuk mencapai tujuan (W.J.S Poerwodarminto 1987 :649).

Jadi pengertian metode adalah salah satu cara yang digunakan ketika mencapai suatu tujuan dengan menggunkan tehnik tertentu untuk memperoleh suatu keberhasilan dalam penelitian maka harus dilaksanakan dengan menggunkan metodologi yang tepat, istimewa dan tujuan mengadakan penelitian berdasarkan fakta – fakta yang ada untuk menguji kebenaran sesuatu secara ilmiah.

Dalam metodelogi telah dijelaskan bahwa dalam pelaksanaan penelitian mempunyai kebebasan untuk memiliki metode guna memperoleh suatu data. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh sutrisno Hadi, Yaitu : “Baik buruknya suatu research sebagian tergantung dari pengumpulan data research ilmiah bermaksud memperoleh bahan – bahan yang relevan, aktual dan variabel, maka untuk memperoleh data seperti itu pekerjaan research menggunakan tehnik – tehnik, prosedur, alat – alat serta kegiatan yang diandilkan.

Maka dengan demikian memecahkan metodologi sangat diperlukan dalam rangka mengumpulkan data untuk memecahkan suatu masalah sehingga dapat menyusun laporan ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan. Untuk itu dalam penelitian ini penulis menetapkan langkah – langkah sebagai berikut :

Setting Penelitian
Waktu Penelitian
Penelitian ini sudah dilaksanakan pada semester I tahun 2011 yang dimulai tanggal 15 September sampai dengan 27 September 2011

Tempat Penelitian
Penelitian dilaksanakan di TK aisyiyah Walikukun Kecamatan Widodaren, TK Aisyiyah Walikukun memiliki letak yang strategis yaitu berada di tengah kota. Disebelah timur TK Aisyiyah Walikukun terdapat stasiun kereta api dan di sebelah utara adalah Pasar Walikukun.

Subyek Penelitian
Subyek penelitian ini adalah anak di TK Kelas B1 TK Aisyiyah Walikukun, Kecamatan Widodaren. Yang berjumlah 12 orang. Mereka kebanyakan berasal dari keluarga yang berekonomi menengah ke bawah. Tetapi pada umumnya mereka termasuk anak didik yang ceria dan bersemangat mengikuti kegiatan.

Sumber Data
Berkaitan dengan subyek penelitian ini adalah anak didik TK Aisyiyah Walikukun, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi maka sumber datanya adalah kegiatan anak didik TK Aisyiyah Walikukun Kabupaten Ngawi dalam proses belajar mengajar (PBM).

Tehnik Dan Alat Pengumpulan Data

Teknik Pengumpulan Data

Observasi
Observasi dalam penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan pengamat. Observasi dalam penelitian ini adalah observasi langsung yaitu penelitian dan pengamat melihat dan mengamati secara langsung, kemudian mencatat perilaku dan kejadian yang terjadi pada keadaan sebenarnya.
Observasi dilakukan selama proses pembelajaran dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir. Observasi adalah instrumen yang sering dijumpai dalam penelitian pendidikan. Dalam observasi ini penelitian lebih banyak menggunakan salah satu dari panca indranya yaitu indra penglihatan.
Observasi akan lebih efektif jika informasi yang hendak diambil berupa kondisi atau fakta alami, tingkah laku dan hasil kerja responden dalam situasi alami. Sebaiknya observasi mempunyai keterbatasan dalam menggali informasi yang berupa pendapat atau persepsi dari subyek yang diteliti.

Wawancara
Wawancara pada penelitian ini menggunakan interview tidak berstruktur karena peneliti memandang model ini adalah yang paling luwes, dimana subyek diberi kebebasan untuk menguraikan jawabannya dan ungkapan – ungkapan pandangannya secara bebas dan sesuai harinya. Interview ini digunakan untuk mendapatkan data tentang pendapat anak didik mengenai kegiatan mewarnai gambar dengan crayon.

Alat Pengumpulan Data
Oleh karena itu teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, maka alat pengumpulan datanya adalah :

Lembar observasi
Lembar observasi atau kuesioner yang sifatnya open euded (terbuka) dan lentur, sehingga dapat menggali data sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan

Pedoman wawancara
Teknik wawancara dilakukan dengan akrab dan terbuka serta mendalam, dengan ini diharapkan dapat menangkap informasi secara utuh oleh karena itu, teknik wawancara itu sering disebut wawancara mendalam (in-depth-interviewing (HB. Sutopo, 2002)

Validasi Data
Data yang telah berhasil digali, dikumpulkan dan dicatat dalam kegiatan penelitian, harus di usahakan kemantapan kebenarannya. Oleh karena itu, setiap peneliti harus dapat memilih dan menentukan cara – cara yang tepat untuk mengembangkan valisasi data yang diperolehnya yakni dengan teknik triangulasi (HB. Sutopo, 2002)

Berkaitan dengan proses pembelajaran yang menekankan pada mengelompokkan bentuk – bentuk geometri dalam pembelajaran, maka validasi data yang digunakan adalah melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Triangulasi Sumber
Triangulasi sumber sering juga disebut triangulasi data, maksudnya penelitian dalam pengumpulan data agar lebih dapat dipercaya dengan menggunakan berbagai ragam sumber.

Triangulasi Metode
Triangulasi metode maksudnya peneliti mengumpulkan data sejenis dengan menggunakan metode yang berbeda. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara.

Analisis Data
Setelah data mengenai tentang bentuk – bentuk gambar dalam pembelajaran terkumpul, maka dianalisis.

Oleh karena teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara, maka analisis datanya menggunakan observasi dan wawancara, maka analisis datanya merupakan analisis deskriptif berdasarkan hasil observasi dan refleksi. Observasi berarti mengaati hasil mewarnai anak sedangkan refleksi mengaitkan dengan waktu yang dicapai anak dalam mewarnai gambar – gambar.

Indikator Kinerja
Setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan mewarnai gambar. Indikator kinerja diharapkan sbb :
Minimal 80% anak mampu melaksanakan tugas dengan baik ( • ) pada pengenalan gambar – gambar dan warnanya
Minimal 60% anak yang mampu melaksanakan tugas dengan cukup ( ΓΌ) pada evektivitas kegiatan
Minimal kurang dari 20% anak yang kurang mampu melaksanakan tugas ( 0 ) pada kreatifitas mewarnai gambar

Prosedur Penilaian
Penilaian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas terdiri atas 2 siklus
Langkah – langkah dalam siklus penelitian tindakan kelas (Kemmis 1986)
Terdiri atas :

Perencanaan
Dalam tahab perencanaan ini, peneliti menyusun rencana program kegiatan penelitian tindakan kelas antara lain :
1)      Penyusunan dan pembuatan program satuan kegiatan harian (SKH)
2)      Penyusun dan pembuatan rencana pelajaran
3)      Pemilihan metode yang sesuai dengan materi pelajaran
4)      Pemilihan media yang sesuai dengan materi pelajaran
5)      Penyusunan instrument untuk mengetahui tingkat pencapaian belajar siswa

Pelaksanaan Kegiatan
Dalam rahab pelaksanaan kegiatan ini, peneliti melakukan kegiatan penelitian dengan memberikan gambar – gambar belajar mengajar sesuai dengan rencana yang telah di tetapkan.
Observasi
Dalam pelaksanaan observasi, peneliti mengikut sertakan rekan guru untuk ikut bertugas mengamati dan mencermati dan kemudian memberikan penilaian dan saran – saran terhadap tindakan apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun oleh anak yang dirasa kurang atau masih ada yang perlu di tingkatkan.

Sedangkan langkah-langkah menjadi fokus observasinya adalah :
1)      Persiapan mengajar
2)      Pengelolaan kelas
3)      Keaktifan dan kreatifitas anak
4)      Penggunaan metode
5)      Penggunaan media

Refleksi
Pada tahab ini penelitian mereflesikan dan mengkaji hasil obserfasi dari obsever dan pengawasan secara pribadi penelitian, apakah sudah sesuai dan memenuhi kriteria yang telah di tetapkan sudah berhasil atau belum. Apabila belum berhasil (belum maksimal ), maka peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus berikutnya sampai berhasil sesuai dengan kriteria yang telah di tentukan. Langkah-langkah yang di lakukan pada siklus I akan di ulang pada siklus II

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang METODOLOGI (Pengertian menurut para ahli, Fungsi, Macam Contoh). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2017/02/metodologi-pengertian-menurut-para-ahli.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: