MANAJEMEN MENURUT AHLI ( Pengertian, Tingkat, Fungsi Operasional dan Bidang ) Lengkap

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang MANAJEMEN MENURUT AHLI ( Pengertian, Tingkat, Fungsi Operasional dan Bidang ) Lengkap. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang MANAJEMEN MENURUT AHLI ( Pengertian, Tingkat, Fungsi Operasional dan Bidang ) Lengkap dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : MANAJEMEN MENURUT AHLI ( Pengertian, Tingkat, Fungsi Operasional dan Bidang ) Lengkap
Link : MANAJEMEN MENURUT AHLI ( Pengertian, Tingkat, Fungsi Operasional dan Bidang ) Lengkap

Rekomendasi Materi!!!


MANAJEMEN MENURUT AHLI ( Pengertian, Tingkat, Fungsi Operasional dan Bidang ) Lengkap

MANAJEMEN MENURUT AHLI ( Pengertian, Tingkat, Fungsi Operasional dan Bidang ) adalah materi pembelajaran kelas XII SMA semester 2 dimana disini kita akan membahas lengkap mengenai pengertian manajemen menurut ahli, tingkat, fungsi fungsi operasional dan bidang manajemen. semoga dapat membantu

Manajemen

MANAJEMEN MENURUT AHLI ( Pengertian, Tingkat, Fungsi Operasional dan Bidang ) adalah materi pembelajaran kelas XII SMA semester 2 dimana disini kita akan membahas lengkap mengenai pengertian manajemen menurut ahli, tingkat, fungsi fungsi operasional dan bidang manajemen.

Pengertian Manajemen

Mengenai pengertian manajemen sendiri, banyak para ahli menafsirkan mengenai pengertian manajemen, berikut pengertian pengertian manajemen menurut para ahli :

Menurut Ahli Henry Fayol Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Menurut Ahli James A.F. Stoner Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menurut Ahli Mulayu S.P. Hasibuan Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

Menurut Ahli T.Hani Handoko Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

Menurut Ahli George R. Terry Manajemen dalam bukunya Principles of Management yaitu “Suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demmi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”

Menurut Ahli Renville Siagian Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli terlatih serta berpengalaman.

daan masih banyak lagi.

Tingkatan Manajemen

Suatu perusahaan itu dijalankan oleh beberapa manajer, dan manajer itu sendiri memiliki beberapa tingkatan tingkata sehingga dapat terkoordinasi dengan sangat baik.
Secara umum tingkatan manajer dibagi menjadi tiga yaitu top middle dan supervisory berikut penjelasannya
  • Top Manajer
Top Manajer terdiri atas dewan anggota direksi dan presiden perusahaan yang tugasnya yaitu memimpin perusahaan secara keseluruhan.
  • Middle Manajer
 Middle Manajer terdiri atas kepala kepala bagian (kabag), kepala divisi, kepala seksi dan biasa disebut manajer departemen yang tugasnya yaitu memimpin pekerjaan diberbagai bidang.
  • Supervisory Manajer
Supervisory manajer terdiri atas kepala mandor dan mandor.sering disebut sebagai leader, mandor, supervisior dan tugasnya adalah untuk memimpin para pekerja agar melaksanakan tugasnya dengan baik.

Fungsi Manajemen

Secara umum atau secara garis besar fungsi manajemen ada empat yaitu perencanaan atau planning, pengorganisasian atau organizing, Pengarahan atau Directing, dan Pengawasan atau controlling.

Fungsi Perencanaan

Fungsi Perencanaan adalah proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.

Fungsi Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian adalah proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

Fungsi Pengarahan

Fungsi pengarahan adalah proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

Fungsi Pengawasan

Fungsi Pengawasan adalah proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

Fungsi Operasional

Pada Pelaksanaannya fungsi manajemen yang dijalankan menurut tahapan tertentu akan sangat berbeda jika didasarkan pada fungsi operasionalnya. secara operasional, fungsi planning untuk sumber daya manusia akan berbeda dengan fungsi planning untuk sumber daya fisik/alam, dan sebagainya.

Manajemen organisasi bisnis dapat dibedakan menjadi fungsi-fungsi :
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Manajemen Pemasaran
3. Manajemen Operasi/Produksi
4. Manajemen Keuangan
5. Manajemen Informasi

Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah


Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan

Manajemen Produksi
Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi

Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal
yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan

Manajemen Informasi
Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.

Bidang Manajemen

Secara garis besar bidang manajemen terbagi menjadi 5 bidang yaitu manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumberdaya manusia dan manajemen akuntansi atau administrasi :

Manajemen Produksi

Pengertian manajemen produksi adalah proses manajemen yang bertanggung jawab terhadap prencanaan (aktifitas) produksi, distribusi atau manajemen proyek yang dijalankan oleh sebuah organisasi.

Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen pemasaran adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisa situasi dan tujuan yang telah ditetapkan.

Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen keuangan adalah suatu bagian dari manajemen yang fokusnya adalah pengelolaan dana perusahaan yang efektif dan efesien guna mencapat tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.

Manajemen Sumberdaya Manusia

Manajemen sumberdaya manusia adalah bagian dari manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada faktor produksi tenaga kerjadalam suatun organisasi agar tujuan yant telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal.

Manajemen Administrasi

Manajemen administrasi adalah bagian dari manajemen yang memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya. 

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang MANAJEMEN MENURUT AHLI ( Pengertian, Tingkat, Fungsi Operasional dan Bidang ) Lengkap. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/12/manajemen-menurut-ahli-pengertian.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: