KARYA TULIS ILMIAH (Pengertian, Jenis jenis, Karakteristik, Fungsi dan Contoh) | rankingkelas.com

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang KARYA TULIS ILMIAH (Pengertian, Jenis jenis, Karakteristik, Fungsi dan Contoh) | rankingkelas.com. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang KARYA TULIS ILMIAH (Pengertian, Jenis jenis, Karakteristik, Fungsi dan Contoh) | rankingkelas.com dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : KARYA TULIS ILMIAH (Pengertian, Jenis jenis, Karakteristik, Fungsi dan Contoh) | rankingkelas.com
Link : KARYA TULIS ILMIAH (Pengertian, Jenis jenis, Karakteristik, Fungsi dan Contoh) | rankingkelas.com

Rekomendasi Materi!!!


KARYA TULIS ILMIAH (Pengertian, Jenis jenis, Karakteristik, Fungsi dan Contoh) | rankingkelas.com

Karya Tulis Ilmiah atau KTI adalah materi pelajaran yang akan kita bahas kali ini, adapun disini kita akan sedikit membahas mengenai pengertian karya tulis ilmiah, jenis jenis karya tulis ilmiah, karakteristik karya tulis ilmiah dan contohnya. semoga membantu

Karya Tulis Ilmiah

Pengertian karya tulis ilmiah, jenis jenis karya tulis ilmiah, Karakteristik karya tulis ilmiah, Fungsi karya tulis ilmiah dan Contoh karya tulis ilmiah,

A. Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Pengertian karya tulis ilmiah, karya tulis ilmiah adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah oleh seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang di kukuhkan dan di taatti oleh masyarakat keilmuan.

karya tulis ilmiah juga biasa disebut sebagai tulisan akademis (academic writing) karena biasa ditulis oleh kalangan kampus perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa.

B. Jenis jenis Karya Tulis Ilmiah

Jenis jenis karya tulis ilmiah antara lain sebagai berikut:

Makalah

Makalah adalah karya ilmiah yang menyajikan sebuah masalah yang penyelesaianya mengandalkan bermacam-macam data yang ada di lapangan. Karya ilmiah ini bersifat empiris dan juga objektif. Dalam penyajiannya, makalah biasanya di presentasikan dalam sebuah kegiatan seminar.

Artikel

Artikel adalah tulisan yang berisi pendapat subjektif yeng penulisannya tentang suatu masalah atau peristiwa.
Dalam konteks ilmiah, artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku yang berisikan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman tau konvensi ilmiah yang telah disepakati sebelumnya. Artikel ilmiah diangkat dari hasil pemikiran dan kajian pustaka ataupun hasil pemgenbangan sebuah proyek.

Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana (S1)nya. Skripsi memuat tulisan berisi pendapat penulis dengan mengacu atau berdasarkan teori yang telah ada sebelumnya.

Kertas Kerja

Kertas Kerja atau Work paper pada dasarnya sama dengan makalah, namun dibuat dengan analisis yang lebih mendalam dan tajam serta dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasany dihadiri oleh ilmuwan.
Kertas kerja menjadi acuan untuk tujuan tertentu dan dapat diterima atau dimentahkan oleh forum ilmiah.

Paper

Paper adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan mahasiswa dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi Diploma, S1, S2 dan atau S3. serta sistematika penulisannya pun sama dengan artikel dan makalah, tergantung panduan yang berlaku di perguruan tinggi yang bersangkutan.

Tesis

Tesis adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan program studi S2 atau Pasca Sarjana yang bersifat lebih mendalam dibangdingkan dengan skripsi.
Tesis mengungkapkan pengetahuan baru yang didapat dari penelitian yang dilakukan individu yang bersangkutan.

Disertasi

Disertasi atau Ph.D Thesis adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan program S3 atau meraih gelar Doktor/Dr. yang mengemukakan analisis yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan dengan data dan fakta yang sahih atau valid dengan analisis yang terinci.
Disertasi berisi suatu temuan penulis sendiri yang berupa temuan orisinal.

C. Karakteristik Karya Tulis Ilmiah

Karakteristik Karya Tulis Ilmiah antara lain sebagai berikut:
  • Mengacu pada teori sebagai landasan berfikir dalam pembahasan masalah.
  • Lugas, 
tidak emosional, bermakna tunggal dan tidak menimbulkan interprestasi lain.
  •  Logis,
disusun berdasarkan urutan yang konsisten.
  • Efektif,
ringkas dan padat.
  • Efisien,
hanya menggunakan kata atau kalimat yang penting dan mudah dipahami.
  • Objektif berdasarkan fakta,
setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya, yang sebenarnya tidak mengada ngada dan konkret.
  • Sistematis,
baik penulisan dan pembahasannya sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku.

D. Fungsi Karya Tulis Ilmiah

Fungsi karya tulis ilmiah adalah sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa penjelasan, prediksi dan pengawasan

E. Contoh Karya Tulis Ilmiah

Contoh karya tulis ilmiah tentang penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar

KARYA ILMIAH
PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA
YANG BAIK DAN BENAR
(Karya Tulis yang Disusun untuk Melengkapi Nilai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia)
                                               

Disusun oleh
Faisal Muaz Suja’i
Muhammad Ridwan
Nita Sangita
Priyanto Andrian
Sri Ulfiah
Suliyanti
Wulan Nur Indahsari
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Madrasah Aliyah Negeri Rajagaluh
Majalengka 2014/2015
HALAMAN PENGESAHAN
Disetujui oleh :
Hari               :                                                                              Rajagaluh,   Mei 2015
Tanggal         :                                                                                          
Diketahui
Kepala MAN Rajagaluh
Drs. H. Ading Kusmaedi, M.Pd
NIP  196103221987031001
i
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kita ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyusun karya tulis ilmiah ini tanpa suatu halangan apapun.
Banyak pihak yang telah membantu menyelesaikan secara langsung dan tidak langsung dalam penyelesaian Karya Ilmiah ini ini maka dari itu menyampaikan terima kasih kepada:

1. Ibu Ilah Susilawati, S. Pd. selaku Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Madrasah Aliyah Negeri Rajagaluh.
2. Teman-teman kami semua yang telah membantu dalam menyelesaikan penulisan karya                                                                         tulis ini.
                     
Karya tulis ilmiah  ini disusun dengan harapan agar siswa-siswi SMA Negeri 1 Kencong mengetahui dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kami sebagai penyusun ingin  megucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam penyelesaian karya tulis ilmiah ini.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna , oleh karena itu kami mengharap kritik dan sarannya yang bermanfaat bagi kami.Semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Amin Ya Robbal’ Alamin
Rajagaluh, Mei 2015
        Penulis




ii
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN.......................................................................................  i

KATA PENGANTAR……………………………………………………………..................................   ii

DAFTAR ISI………………………………………………………………............................................    iii

BAB 1 PENDAHULUAN……………………………………………………………………...................    1

1.1  Latar Belakang……………………………………………………………………..........................   1
1.2  Rumusan Masalah………………………………………………………..................................   1
1.3  Tujuan Penelitian………………………………………………………………….........................   2
1.4  Manfaat Penelitian…………………………………………………......................................    2

BAB 2 METODE PENELITIAN………………………………………………………………................   2

2.1 Tempat dan Waktu Penelitian………………………………………………………................    3
2.2 Pengumpulan Data…………………………………………………………………......................    3
2.3 Sistematika Penulisan.......................................................................................    3

BAB 3 PEMBAHASAN…………………………………………………………….............................    3

3.1 Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar………………….................   3
3.2 Bahasa yang Digunakan siswa-siswi kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah
Negeri Rajagaluh....................................................................................................    4
3.3 Alasan Lebih Memilih Menggunakan Bahasa Gaul dari pada Bahasa
Indonesia yang Baik dan Benar.......……………………………………………………………………    5
3.4 Menanggulangi Penggunaan Bahasa Gaul………………………………….…….............   5

BAB 4 PENUTUP…………………………………………………………………………........................    7

4.1 Kesimpulan………………………………………………………………………............................     7
4.2 Saran……...……………………………………………………………………….............................     7


 DAFTAR  PUSTAKA…………………………………………………………………………..................     8


iii
BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

            Negara Indonesia adalah negara yang terbentang dari Sabang sampai Marauke. Terdiri dari beribu pulau,beraneka ragam suku,adat,dan budaya yang menjadi satu bagian yaitu negara Indonesia. Setiap suku di negara Indonesia memiliki kebudayaaan yang beragam,dimana setiap suku mempunyai adat istiadat berbeda-beda pula termasuk cara bertutur kata (berbahasa).

Walaupun setiap suku bangsa memiliki bahasa yang berbeda-beda,namun seperti yang tercantum pada butir Sumpah Pemuda yang berbunyi : “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan,bahasa Indonesia” dan pada UUD 1945 pasal 36 yang berbunyi: “Bahasa negara adalah bahasa Indonesia”. Dari kedua pernyataan tersebut,dapat diartikan bahwa bahasa negara kita adalah bahasa Indonesia.

            Namun yang membuat prihatin yaitu pada masa modern ini bahasa Indonesia mulai ditinggalkan oleh berbagai kalangan,terutama kalangan pelajar menengah.Mereka lebih memilih menggunakan bahasa gaul yang jelas tidak sesuai dengan kaidah bangsa Indonesia dari pada menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

            Semoga kita sebagai generasi penerus yang baik bisa mewariskan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk anak cucu kita nanti.

1.2 Rumusan Masalah

1.      Bagaimanakah cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ?

2.      Apakah bahasa yang lebih dipilih siswa-siswi kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kencong  antara bahasa gaul dan bahasa Indonesia yang baik dan benar ?
3.      Mengapa siswa-siswi lebih memilih menggunakan bahasa gaul dari pada bahasa Indonesia yang baik dan benar ?


1
4.      Bagaimanakah cara menanggulangi penggunaan bahasa gaul yang digunakan siswa-siswi kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri Rajagaluh ?
1.3 Tujuan Penelitian

1.      Mengetahui penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

2.      Mengetahui bahasa yang lebih dipilih siswa-siswi kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri Rajagaluh antara bahasa gaul dan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3.      Mengetahui alasan siswa-siswi lebih memilih menggunakan bahasa gaul dari pada bahasa Indonesia yang baik dan benar.

4.      Mengetahui cara menanggulangi penggunaan bahasa gaul yang digunakan siswa-siswi kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri Rajagaluh .

1.4 Manfaat Penelitian

            Sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian maka karya tulis ini diharapkan dapat memberi informasi bagaimana cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, penyebab siswa-siswi menggunakan bahasa gaul, serta memberitahukan bagaimana cara menanggulangi penggunaan bahasa gaul.

BAB 2
METODE PENELITIAN


2.1 Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian dilaksanakan di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kencong,pada hari kamis tanggal 28 Mei 2015.


2
2.2 Pengumpulan Data

            Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang diedarkan kepada siswa-siswi kelas XI IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI RAJAGALUH.

2.3 Sistematika Penulisan
Karya tulis ini terdiri atas 4 Bab, pada Bab 1 akan di uraikan tentang Latar Belakang masalah, Rumusan masalah, Tujuan penelitian, & Manfaat penlitian. Pada Bab 2 akan diuraikan tentang Metode penelian yang terdiri dari tempat, waktu, pengumpulan data, & sistematika penulisan . Dan di Bab 3 akan di uraikan tentang Pembahasan yang terdiri dari 4 point yaitu:
1.      Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.
2.      Bahasa yang Digunakan siswa-siswi kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri Rajagaluh.
3.      Alasan Lebih Memilih Menggunakan Bahasa Gaul dari pada Bahasa
Indonesia yang Baik dan Benar.
4.      Menanggulangi Penggunaan Bahasa Gaul
Dan di Bab 4 akan di uraikan tentang Kesimpulan dan Saran.
BAB 3
PEMBAHASAN


3.1 Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Pada kondisi tertentu, yaitu pada situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi prioritas utama.Kendala yang harus dihindari dalam pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar  antara lain disebabkan oleh adanya gejala bahasa seperti interferensi, integrasi, campur kode, alih kode dan bahasa gaul yang tanpa disadari sering digunakan dalam komunikasi resmi. Hal ini mengakibatkan bahasa yang digunakan menjadi tidak baik dan benar.


3
Contoh percakapan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Pak Guru         : Reno,Apakah kamu sudah mengerjakan PR ?

Priyanto                :Sudah pak.
Pak Guru         :Baiklah,segera kumpulkan PR kamu.

            Contoh percakapan dengan tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar(bahasa gaul).

Priyanto    : Hallo Bro,mau kemana loe ?

Ridwan    : Iya bro, gue mau kekantin.mau ikutan kagak loe bro ?

Priyanto    : Waduh,kagak punya duit gue bro,emangnya loe mau bayarin ?

Ridwan    : Hahahaa..lagi bokek lo iya bro?Ok dah ayo gue bayarin bro.
3.2 Bahasa yang Digunakan Siswa-Siswi Kelas X IPS  SMA Negeri 1 Kencong

Banyak diantara siswa-siswi kelas X IPS SMA Negeri 1 Kencong lebih memilih menggunakan bahasa gaul dari pada menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sering menyingkat kata-kata dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuat peranan bahasa Indonesia yang baik dan benar sedikit terganggu. Pasalnya,banyak siswa dimasa sekarang mengikuti zaman yang semakin bekembang baik dari segi budaya dan perilaku. Para siswa mengakui bahwa penggunaan bahasa gaul hanya digunakan untuk teman-teman sebayanya,dan orang-orang disekitar yang sering menggunakan  bahasa gaul saat berbicara. Para siswa hanya menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan orang yang lebih tua.Pengaruh bahasa gaul terhadap tatanan bahasa Indonesia adalah perkembangan zaman modernisasi ,dimana segala hal yang ada dikalangan siswa yang selalu ter up-to date. Tren penggunaan bahasa gaul yang di ilhami dari pelaku tokoh masyarakat misalnya artis.Salah satunya adalah penggunaan bahasa Indonesia yang di campur dengan bahasa inggris yang bertujuan agar seseorang dianggap modern.
4
Maraknya penggunaan bahasa gaul dalam pesan singkat seperti SMS,dan media social seperti facebook,twitter,hal ini secara tidak langsung mempengaruhi penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dikalangan siswa.


3.3 Alasan Lebih Menggunakan Bahasa Gaul dari pada Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Beberapa siswa mengatakan alasan mereka lebih menyukai bahasa gaul daripada bahasa Indonesia yang baik dan benar,sebagai berikut:
1.       Karena kalau bahasa Indonesia yang baik dan benar terlalu formal.

2.      Bahasa Indonesia yang baik dan benar tidak cocok buat sehari-hari bersama teman.

3.      Belum bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

4.      Dengan bahasa gaul maka akan terlihat lebih gaul.

5.      Lebih cocok untuk remaja.

6.      Bahasa gaul lebih simple.
7.      Bahasa gaul mudah digunakan.

8.      Bahasa gaul sesuai dengan daerah disini.

          
3.4  Menanggulangi Penggunaan Bahasa Gaul

Saat ini pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan nyata maupun fiksi mulai bergeser digantikan dengan pemakaian bahasa gaul. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. Dalam upaya untuk mengurangi pemakaian bahasa gaul sebagai alat komunikasi yang digunakan siswa-siswi diperlukan suatu strategi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. diantaranya sebagai berikut:


5
1.      Kesadaran diri untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 Pepatah lama mengatakan, “bahasa menunjukan bangsa”, maka untuk mengetahui dan mewujudkan identitas bangsa, kita harus menjunjung tinggi bahasa nasional. Untuk mengatasi pergeseran bahasa Indonesia yang sudah parah diperlukan usaha bersama oleh semua pihak agar menumbuhkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia. Sebagai generasi muda kita harus menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. Banyak bangsa lain yang merasa iri dan terkagum-kagum terhadap bangsa kita karena memiliki bahasa persatuan yaitu Indonesia. Ini merupakan salah satu jati diri asli bangsa Indonesia. Maka dari itu, kita harus menumbuhkan kesadaran yang tinggi untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Kesadaran tersebut harus kita tanam mulai dari diri kita. Akhirnya marilah mulai tumbuhkan kembali kesadaran dalam diri masing-masing untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

2.      Menghindari teman yang berbahasa gaul.

Dalam arti menghindari disini adalah tidak terlalu dekat dengan teman-teman yang berbahasa gaul. Tetapi jika kita bisa menahan diri saat berteman dengan orang yang berbahasa gaul,atau malah kita bisa membawa teman tersebut beralih menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka tindakan tersebut perlu kita lakukan terus menerus,agar teman kita lama-kelamaan beralih menggunakan bahasa Indonesia yang baim dan benar.

3.      Lebih mencintai bangsa Indonesia.

Dengan kita mencintai bangsa Indonesia,maka dengan sendirinya kita akan mencintai dan melestarikan berbagai macam jenis yang ada di Indonesia termasuk bahasa Indonesia. Saat kita mencintai dan melestarikan bahasa Indonesia tentu saja kita akan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
6
BAB 4
PENUTUP


4.1  Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar dari siswa-siswi kelas X IPS SMA Negeri 1 Kencong lebih memilih menggunakan bahasa gaul daripada bahaa Indonesia yang baik dan benar, akibat dari perkembangan zaman yang kian mengalami kamajuan baik dari dunia pendidikan sampai teknologi.
Gejala bahasa yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasa di negeri sendiri berdampak pada tergilasnya atau lunturnya bahasa Indonesia dalam pemakaiannya oleh siswa-siswi kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri Rajagaluh.

Apalagi dengan maraknya dunia kalangan artis menggunakan bahasa gaul di media massa dan elektronik, membuat remaja semakin sering menirukannya di kehidupan sehari-hari hal ini sudah menjadi wajar karena remaja suka meniru hal-hal yang baru.

4.2 Saran

 .        Sebaiknya disekolah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar lebih diterapkan,sehingga siswa-siswi perlahan mulai menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

·         Sebaiknya untuk orang tua lebih mengawasi anaknya dalam menggunakan handphone,atau melihat acara TV,karena salah satu penyebab maraknya penggunaan bahasa gaul berawal dari handphone dan TV

·         Sebaiknya untuk para siswa-siswi jangan terlalu meniru hal-hal yang kurang baik,sebaiknya tirulah hal-hal yang baik.

7
DAFTAR PUSTAKA
Tim Edukatif.  2007. Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga
Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta : Grasindo
annie-ocktaviani.blogspot.com
morfologi.com
www.wikipedia.com
makalahdanskripsi.blogspot.com
http://www.crayonpedia.org

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang KARYA TULIS ILMIAH (Pengertian, Jenis jenis, Karakteristik, Fungsi dan Contoh) | rankingkelas.com. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/09/karya-tulis-ilmiah-pengertian-jenis.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: