BERBAGAI MACAM PENGERTIAN AKUNTANSI (Menurut 12 Ahli)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang BERBAGAI MACAM PENGERTIAN AKUNTANSI (Menurut 12 Ahli). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang BERBAGAI MACAM PENGERTIAN AKUNTANSI (Menurut 12 Ahli) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : BERBAGAI MACAM PENGERTIAN AKUNTANSI (Menurut 12 Ahli)
Link : BERBAGAI MACAM PENGERTIAN AKUNTANSI (Menurut 12 Ahli)

Rekomendasi Materi!!!


BERBAGAI MACAM PENGERTIAN AKUNTANSI (Menurut 12 Ahli)

Pengertian akuntansi adalah materi pelajaran yang akan kita bahas kali ini, adapun disini kita akan mengupas habis pengertian pengertian tentang akuntansi menurut para ahli. semoga dapat membantu.

Akuntansi

Pengertian Akuntansi menurut para ahli, pengertian akuntansi menurut 12 ahli

Pengertian Akuntansi Menurut ahli

Berikut adalah pengertian akuntansi menurut para ahli antara lain yaitu :

AbuBakar A, dan Wibowo

Menurut Abubakar dan wibowo, akuntansi merupakan prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.

ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995:3)

Menurut ABP statement, akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang faladah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan pilihan yang logis di antara berbagai tindakan alternatif.

American Acounting Association (AAA)

AAA menyatakan bahwa akuntansi sebagai proses pengidentifikasian, pengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian penilaian, keputusan yang jelas dan tegas bagi semua yang menggunakan informasi tersebut.

American Institute of Cerified Public Accounting (AICPA)

AICPA menyatakan bahwa akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil hasilnya da meringkas dengan cara tertenti dalam ukuran fiskal, pertukaran dan kesempatan yang pada umumnya yang bersifat moneter dan dalam menguraikan hasil.

Charles T. Horngren dan Wakter T,Harrison (Horngren Harrison. 2007:4)

Horngren Harrison menyatakan bahwa akuntansi adalah merupakan sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

Warren Dkk (2005:10)

Menurut Warren, Akuntansi adalah secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Littleton (Muhammad, 2002:10)

Pengertian Akuntansi menurut Littleton, akuntansi adalah tujuan utama dari akuntansi merupakan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Definisi ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

Rudianto

Pengertian Akuntansi menurut Rudianto, akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

Suparwoto (1990:2)

pengertian akuntansi menurut suparwoto, akuntansi sebagai suatu sistem atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak pihak intern dan ekstern perusahaan, Pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.

Arnold

Pengertian akuntansi menurut arnold. akuntansi dipandang sebagai suatu sistem untuk memberikan informasi terutama keuangan, kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

C. West Churman

Pengertian akuntansi menurut C. West Churman, akuntansi adalah sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan kepurusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuat pilihan.

Ikatan Akuntan Amerika

Ikatan Akuntan Amerika menyatakan bahwa akuntansi merupakan suatu potongan, estimasi dan pelaporan data keuangan yang memungkinkan sebuah penilaian dan pilihan membuat yang jelas dan tegas bagi individu yang memanfaatkan data.

Dari semua pengertian akuntansi menurut para ahli diatas, kita dapat simpulkan bahwa akuntansi merupakan sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan dan penginterpretasikan hasil proses tersebut.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang BERBAGAI MACAM PENGERTIAN AKUNTANSI (Menurut 12 Ahli). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/09/berbagai-macam-pengertian-akuntansi.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: