PENGERTIAN (DEFINISI) PARA AHLI TENTANG GEOGRAFI

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang PENGERTIAN (DEFINISI) PARA AHLI TENTANG GEOGRAFI. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang PENGERTIAN (DEFINISI) PARA AHLI TENTANG GEOGRAFI dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : PENGERTIAN (DEFINISI) PARA AHLI TENTANG GEOGRAFI
Link : PENGERTIAN (DEFINISI) PARA AHLI TENTANG GEOGRAFI

Rekomendasi Materi!!!


PENGERTIAN (DEFINISI) PARA AHLI TENTANG GEOGRAFI

PENGERTIAN (DEFINISI) PARA AHLI TENTANG GEOGRAFI adalah materi pelajaran yang akan kita bahas kali ini, disini dijelaskan tentang pengertian geografi menurut para ahli. semoga membantu.

Pengertian (definisi) Geografi

PENGERTIAN (DEFINISI) PARA AHLI TENTANG GEOGRAFI

     Pengertian (definisi) Geografi yaitu georafi berasal dari bahasa yunani "geo" yang artinya bumi dan graphien yang artinya pencitraan. Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang ada dipermukaan bumi ini.

Beberapa definisi geografi yang dikemukakan oleh para ahli geografi antara lain sebagai berikut:

Pengertian (definisi) geografi menurut para ahli :
  • Definisi geografi menurut Bintarto (1977)
     Menurut Bintarto geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk serta mempelajari corak yang mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.
Disini dijelaskan bahwa geografi tidak hanya mempelajari alam (bumi) saja beserta gejala-gejalanya, namun geografi juga mempelajari manusia beserta semua kebudayaan yang dihasilkan.
  • Definisi geografi menurut Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980)
Menurut Vernor dan Glen, geografi adalah deskripsi dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya tentang hal yang selalu berubah dan dinamis, tidak statis dan tetao.
   Dari pengertian tersebut, Vernor dan Glen menitikberatkan pada aspek fisik yang ada di bumi yang selalu berubah-ubah dari masa ke masa.
     contohnya:
  1. Perubahan cuaca ataupun iklim pada suatu tempat atau wilayah.
  2. Perubahan kesuburan tanah dari proses erosi dan pelapukan yang tinggi.
  • Definisi geografi menurut Hartshorne (1960)
     Menurut Hartshorne, geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi.
   Dalam pandangan Hartshorne, geografi adalah suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beratural dan rasional.
     Contoh: Seorang ahli geografi setelah melakukan analisis kewilayahan mampu membagi suatu wilayah menjadi beberapa satuan lahan yang sangat potensial, maupun lahan yang tidak potensial sama sekali.
Pembagian ini didasarkan pada beberapa parameter kebumian yang sesuai dengan syarat-syarat pertuntukannya.
  • Definisi Geografi menurut Alexander (1958)
     Menurut Alexander, Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia.
Dalam pandangan alexander inilah yang mulai dibahas mengenai hubungan timbal balik antara aktivitas manusia serta pengaruhnya terhadap lingkungan alam sekitar.
   Contoh: Penebangan hutan yang tidak terkendali oleh manusia, yang berakibat terjadinya banjir dan tanah longsor.
  • Definisi Geografi menurut Karl Ritther (1859)
     Menurut Karl, geografi adalah suatu telaah mengenai bumi sebagai tempat hidup manusia.
Dalam kajiannya, studi geografi mencakup semua fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik alam organik maupun alam anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia juga turut dibahas.
   Contoh: sungai adalah bagian dari alam anorganik yang mempunyai kaitannya langsung dengan kehidupan manusia maupun makhluk lainnya.
  • Definisi Geografi menurut Yeates (1963)
     Menurut Yeates, geografi adalah ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi.
Dalam pandangan yeates, geografi adalah ilmu yang berperan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada dipermukaan bumu dengan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional.
  • Definisi Geografi menurut Von Ricthoffen (1905)
     Menurut Ricthoffen, geografi adalah studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut.
  • Definisi Geografi menurut Paul Vidal de La Blace (1915)
     Menurut Paul, geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung pada bagaimana manusia mengelola alam yang ada.

Definisi Geografi

dari definisi-definisi yang telah disebutkan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa pada intinya ilmu geografi terpusat pada gejala geosfer dalam kaitan hubungan persebaran dan interaksi keruangan.
Bila kita perhatikan dengan baik, terdapat suatu kesan bahwa definisi geografi selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dan tingkan keluasan ilmu geografi saat definisi tersebut dikemukakan.
Namun, jika kita cermati lebih jauh, terdapat suatu kesamaan sudut pandang dari definisi para ahli tersebut, mereka memandang permukaan bumi sebagai lingkungan yang memengaruhi kehidupan manusia, dimana manusia mempunyai pilihan untuk membangun atau malah merusaknya.

Persamaan pandangan yang lainnya adalah adanya suatu perhatian dari definisi geografi yang menelaah tentang persebaran manusia dalam ruang dan keterkaitan manusia dengan lingkungan yang ada. Jelas, disini bahwa kajian ilmu geografi yang paling utama yaitu menelaah bumi dalam konteks hubungannya dengan kehidupan manusia.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang PENGERTIAN (DEFINISI) PARA AHLI TENTANG GEOGRAFI. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/08/pengertian-definisi-para-ahli-tentang.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: