Manfaat Beripikir Kritis dalam Agama Islam

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Manfaat Beripikir Kritis dalam Agama Islam. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Manfaat Beripikir Kritis dalam Agama Islam dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Manfaat Beripikir Kritis dalam Agama Islam
Link : Manfaat Beripikir Kritis dalam Agama Islam

Rekomendasi Materi!!!


Manfaat Beripikir Kritis dalam Agama Islam

Halo sobat kali ini kita akan akan membahas mengenai manfaat berpikir kritis dalam agama islam. Berpikir kritis didefinisikan beragam oleh para pakar. Menurut Mertes, berpikir kritis adalah sebuah proses yang sadar dan sengaja digunakan untuk menafsirkan dan mengevaluasi informasi dan pengalaman  dengan sejumlah sikap reflektif dan kemampuan yang memandu keyakinan dan tindakan.
manfaat beripikir positif dalam agama islam

Berangkat dari definisi diatas, sikap dan tindakan yang mencerminkan berpikir kritis terhadap ayat-ayat Allah swe. (informasi Ilahi) adalah berusaha memahaminya dari berbagai sumber, menganalisis, dan merenungi kandungannya, kemudian menindaklanjuti dengan sikap dan tindakan positif.

Nah setelah kalian mengetahui definisi dan juga hakekat dari beripikir kritis, maka kalian bisa mengetahui apa saja manfaat dari berpikir kritis dalam agama islam. Berikut merupakan 9 manfaat beripikir kritis dalam islam, yaitu:


Manfaat Beripikir Kritis

  1. Dapat menangkap makna dan hikmah di balik semua ciptaan Allah swt.
  2. Dapat mengoptimalkan pemanfaatan alam untuk kepentingan umat manusia.
  3. Dapat mengambil inspirasi dari semua ciptaan Allah swt dalam mengembangkan IPTEKS.
  4. Menemukan jawaban dari misteri penciptaan alam (melalui penelitian).
  5. Mengantisipasi terjadinya bahaya, dengan memahami gejala dan fenomena alam.
  6. Semakin bersyukur kepada Allah swr atas anugerah akan dan fasilitas lain, baik yang berada di dalam tubuh kita maupun yang ada di alam semesta.
  7. Semakin termotivasi untuk menjadi orang visioner.
  8. Semakin bertambah keyakinan tentang adanya hari pembalasan.
  9. Semakin bersemangat dalam mengumpulkan bekal yntuk kehidupan akhirat, dengan meningkatkan amal salih dan menekan/meninggalkan kemaksiatan.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Manfaat Beripikir Kritis dalam Agama Islam. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/02/manfaat-beripikir-kritis-dalam-agama.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: