TEKS CERPEN : Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang TEKS CERPEN : Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang TEKS CERPEN : Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : TEKS CERPEN : Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen
Link : TEKS CERPEN : Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen

Rekomendasi Materi!!!


TEKS CERPEN : Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen

Hai sahabat semua, kali ini saya mau berbagi sebuah materi bahasa Indonesia yaitu mengenai Pengertian, Ciri-ciri, dan Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen yang harus sobat semua ketahui. Materi cerpen atau cerita pendek sendiri merupakan salah satu materi yang sudah sangat sering kita temui baik pada jenjang, SD, SMP maupun SMA.

Materi tersebut tidak hanya menuntut kita untuk bisa membaca dan memproduksi sebuah cerpen saja, tapi lebih dari itu, kita juga harus bisa menentukan unsur-unsur yang ada didalam teks cerpen tersebut, yang meliputi unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Oke, sebelum kita memulai membahas mengenai unsur-unsur cerpen, ada baiknya kita pahami lagi pengertian dari cerpen.

Pengertian Cerpen
Cerpen adalah salah satu karya sastra berbentuk prosa yang menggambarkan suatu tokoh serta lingkungannya yang disertai dengan berbagai permasalahan yang menimpanya serta bagaimana solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Banyak orang menyukai teks cerpen, terutama cerpen yang menarik. Tapi banyak yang salah dalam menilai apakah cerita ini termasuk cerpen atau tidak. Nah untuk itu silahkan sobat simak mengenai ciri-ciri cerpen berikut agar sobat tidak salah lagi dalam membedakan cerpen dengan cerita lainnya.

Artikel mengenai Pengertian Cerpen

Ciri-Ciri Cerpen
Berikut ini beberapa ciri-ciri dari teks cerpen:
  1. Tulisannya singkat, padat dan jelas.
  2. Tidak lebih daru 10.000 kata.
  3. Menceritakan mengenai kehidupan sehari-hari dari tokoh.
  4. Habis dibaca dalam sekali duduk.
  5. Masalah yang diperlihatkan adalah masalah utama saja.
  6. Penokohannya sederhana tidak terlalu mendalam.
  7. Memberikan kesan mendalam bagi pembacanya.
  8. Alurnya tunggal dan lurus.
  9. Tokoh yang ada mengalami konflik hingga menemukan solusinya.
Nah itu tadi beberapa ciri teks cerpen, sekarang kalian sudah tahukan dan bisa membedakan mana yang termasuk teks cerpen dan mana yang termasuk teks cerita biasa? Selanjutnya kita akan membahas tentang unsur-unsur yang membangun sebuah cerpen.

Unsur Pembangun Cerpen
Nah sebuah teks cerpen atau cerita pendek, dibangun oleh 2 unsur yang berasal dari dalam dan dari luar cerpen tersebut. Istilah lain yang sering kita dengar adalah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen.

Oke mari sobat kita bahas satu persatu unsur-unsur tersebut:

Unsur Intrinsik Cerpen
Unsur intrinsik adalah unsur pembangun yang berasal dari cerpen itu sendiri. Berikut macam-macam unsur intrinsik:
  1. Tema, adalah gagasan pokok yang mendasari sebuah cerita.
  2. Penokohan, adalah pemberian sifat pada tokoh yang ada dalam cerita. Ada dua metode dalam mengidentifikasi watak dari seorang tokoh yaitu dengan metode analitik (secara langsung) dan metode dramatik (secara tidak langsung).
  3. Alur (plot), adalah urutan kejadian dalam suatu cerita. Ada 3 alur yang kita kenal yaitu alur maju, mundur dan campuran.
  4. Setting atau Latar, adalah tempat peristiwa, waktu dan suasana yang digambarkan dalam sebuah cerita.
  5. Sudut Pandang, adalah posisi pengarang dalam cerita.
  6. Gaya Bahasa, adalah cara khas dalam mengungkapkan sebuah kata atau kalimat dalam cerita supaya lebih indah dan bermakna.
  7. Amanat, adalah pesan yang bisa kita ambil dari cerita tersebut.
Unsur Ekstrinsik Cerpen
Unsur ekstrinsik adalah unsur yang membangun suatu cerpen dari luar. Berikut beberapa unsur ekstrinsik cerpen:
  1. Latar Belakang Masyarakat, adalah hal yang dijadikan sebagai pembangun suatu cerita agar sesuai dan bisa diterima dalam masyarakat.
  2. Latar Belakang Pengarang, adalah pemahaman dari pembuat cerita mengenai jalan cerita yang dibuatnya sehingga tercipta sebuah cerita yang menarik.
Nah itu dia pembahasan kita kali ini mengenai apa itu cerpen, ciri-ciri cerpen, dan juga unsur pembangun cerpen. Semoga Bermanfaat ya..

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang TEKS CERPEN : Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2015/11/teks-cerpen-pengertian-ciri-ciri-unsur.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: