Pengertian Struktur dan Ciri-Ciri Teks Anekdot

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Pengertian Struktur dan Ciri-Ciri Teks Anekdot. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Pengertian Struktur dan Ciri-Ciri Teks Anekdot dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Pengertian Struktur dan Ciri-Ciri Teks Anekdot
Link : Pengertian Struktur dan Ciri-Ciri Teks Anekdot

Rekomendasi Materi!!!


Pengertian Struktur dan Ciri-Ciri Teks Anekdot

Hai sobat semua, kali ini saya mau berbagi sebuah artikel bermanfaat lainnya yaitu Pengertian Teks Anekdot. Materi yang kita dapatkan di SMA ini mempunyai sebuah sisi menarik yang bisa menghibur kita sebagai pembacanya.

Tapi pada artikel ini yang akan kita bahas tidak sebatas pengertian saja, tetapi kita juga akan membahas struktur teks anekdot dan juga ciri-ciri teks anekdot, sehingga dengan begitu sobat semua bisa mengetahui bahkan membuat sebuah teks anekdot yang bisa membuat orang lain terhibur.

Oke tidak usah membuang-buang waktu lagi, ini dia materi tentang apa itu teks anekdot.

Pengertian Teks Anekdot yang Lucu

Pengertian Teks Anekdot

Apa itu teks anekdot? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut saya sudah memberikan pengertian dari anekdot yang lengkap sebagai berikut:

Teks Anekdot adalah sebuah teks cerita singkat yang didalamnya mengandung unsur yang menghibur karena terdapat sebuah hal lucu didalamnya namun juga terdapat unsur kritikan/sindiran yang menggambarkan kehidupan sehari-hari dari seorang tokoh.

Dari pengertian diatas, terlihat bahwa teks anekdot menggambarkan sebuah peristiwa yang dialami seorang tokoh dengan dibumbui hal-hal yang lucu yang memiliki tujuan untuk menyindir atau mengkritik sesuatu hal yang dianggap tidak pantas, tetapi masih terus terjadi.

Struktur Teks Anekdot Secara Urut

Nah setelah kita memahami tentang definisi dari teks anekdot, selanjutnya kita akan melihat struktur yang membangun teks anekdot itu sendiri, silahkan disimak:
  1. Abstraksi, adalah bagian awal dari cerita yang digunakan untuk memperkenalkan atau memberi gambaran mengenai isi dari cerita itu.
  2. Orientasi, adalah bagian yang menunjukkan suasana yang terjadi pada awal cerita.
  3. Krisis, adalah bagian yang berisi hal-hal lucu dan menarik, biasanya sering disebut sebagai puncak masalah.
  4. Reaksi, adalah bagian yang berisi solusi dari permasalahan yang terjadi pada bagian krisis tadi.
  5. Koda, adalah bagian akhir dari cerita yang berisi kesimpulan dari cerita tersebut.
Itu tadi 5 struktur dari teks anekdot yang wajib sobat ketahui jika ingin membuat sebuah teks anekdot yang lucu dan menarik.

Ciri-Ciri Teks Anekdot yang Membuatnya Unik

Nah, yang membuat teks anekdot beda dari teks yang lain adalah salah satunya yaitu ceritanya lucu dan menarik. Untuk lebih jelasnya silahkan lanjutkan membaca:

Ciri-Ciri Teks Anekdot:
  1. Ceritanya yang lucu dan menarik.
  2. Biasanya berisi beberapa kalimat sindiran atau kritikan.
  3. Menceritakan seseorang dalam suatu kejadian.
  4. Memiliki tujuan tertentu

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Pengertian Struktur dan Ciri-Ciri Teks Anekdot. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2015/11/pengertian-struktur-dan-ciri-ciri-teks.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: