RANGKUMAN SEPAK BOLA (Pengertian, Sejarah Singkat, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan, Peraturan, dan Pemain Sepak Bola)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang RANGKUMAN SEPAK BOLA (Pengertian, Sejarah Singkat, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan, Peraturan, dan Pemain Sepak Bola). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang RANGKUMAN SEPAK BOLA (Pengertian, Sejarah Singkat, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan, Peraturan, dan Pemain Sepak Bola) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : RANGKUMAN SEPAK BOLA (Pengertian, Sejarah Singkat, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan, Peraturan, dan Pemain Sepak Bola)
Link : RANGKUMAN SEPAK BOLA (Pengertian, Sejarah Singkat, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan, Peraturan, dan Pemain Sepak Bola)

Rekomendasi Materi!!!


RANGKUMAN SEPAK BOLA (Pengertian, Sejarah Singkat, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan, Peraturan, dan Pemain Sepak Bola)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pelajarang penjaskes / olahraga yaitu mengenai permainan sepak bola, adapun yang akan kita bahas secara rangkum tentang pengertian sepak bola, sejarah singkat sepak bola di dunia dan di indonesia, teknik dasar dan cara melakukannya, ukuran lapangan, pemain dan peraturan sepak bola. Semoga dapat membantu

Permainan Sepak Bola

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pelajarang penjaskes / olahraga yaitu mengenai permainan sepak bola, adapun yang akan kita bahas secara rangkum tentang pengertian sepak bola, sejarah singkat sepak bola di dunia dan di indonesia, teknik dasar dan cara melakukannya, ukuran lapangan, pemain dan peraturan sepak bola

Pengertian Sepak bola

Pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Sepak Bola berasal dari dua kata yaitu “Sepak”dan “Bola”. Sepak artinya menendang (menggunakan kaki) sedangkan “bola” adalah alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya.

Tujuan dari permainan sepak bola adalah memasukan bola ke gawang lawan sebanyak banyaknya. Tim yang berhasil mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya.

Sejarah Singkat Sepak Bola Di dunia dan Di Indonesia

Sejarah permainan sepak bola dimulai di Tiongkok dari abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi.

Di masa Dinasti Han tersebut, para warga memainkan permainan ini dengan cara menggiring bola yang terbuat dari kulit ke jaring kecil dengan cara menendangnya.

Permainan yang serupa dengan ini juga dimainkan di Jepang dengan nama Kemari. Selain itu, di Italia, permainan menggiring dan menendang bola juga disenangi oleh masyarakatnya, terutama sejak abad ke-16.

Sejak ditetapkannya peraturan-peraturan dasar di Inggris, permainan sepak bola modern mulai berkembang dan menjadi begitu digemari oleh berbagai kalangan.

Dalam beberapa pertandingan, permainan sepak bola menimbulkan banyaknya terjadi kekerasan selama kompetisi berlangsung, sehingga akhirnya pada tahun 1365 Raja Edward III memutuskan untuk melarang permainan sepak bola dimainkan. Hal ini juga mendapat dukungan dari Raja James I dari Skotlandia.

Di tahun 1815, terjadilah sebuah perrkembangan yang berar, sehingga menyebabkan permainan sepak bola menjadi olahraga yang terkenal di lingkungan sekolah dan universitas.

Kelahiran dari sepak bola modern terjadi pada tahun 1863 di Freemasons Tavern saat sekolah dan klub berkumpul dan membuat rumusan peraturan baku untuk diterapkan dalam permainan sepak bola.

Bersamaan dengan hal tersebut, terjadilah pemisahan yang jelas antara sepak bola (soccer) dengan olahraga rugby.

Pada tahun 1869, menggunakan tangan untuk membawa bola mulai tidak diperbolehkan dalam permainan sepak bola.

Selama tahun 1800-an, olahraga sepak bola tersebut disebarkan oleh para pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia, yaitu FIFA dibentuk dan di awal tahun 1900-an, berbagai pertandingan diselenggarakan di berbagai negara.

Teknik Dasar Sepak Bola

Teknik dasar sepak bola terdiri dari teknik menendang, menggiring, menghentikan dan menyundul bola, berikut penjelasannya

Teknik menendang bola

Teknik menendang bola yaitu teknik menyentuh atau mendorong bola menggunakan kaki. Teknik menendang bola di bagi menjadi 3 bagian, yakni sebagai berikut.


1. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.


Berikut ini langkah-langkah untuk menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, yaitu sebagai berikut:

- Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.

-Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posis pergelangan kaki diputar ke arah luar.

-Selanjutnya tendang bola dengan sentuhan kaki bagian dalam, seperti pada gambar dibawah ini
Kali ini kita akan membahas sebuah materi pelajarang penjaskes / olahraga yaitu mengenai permainan sepak bola, adapun yang akan kita bahas secara rangkum tentang pengertian sepak bola, sejarah singkat sepak bola di dunia dan di indonesia, teknik dasar dan cara melakukannya, ukuran lapangan, pemain dan peraturan sepak bola.

2. Teknik Menendang Bola dengan Kaki Bagian Punggung kaki

Berikut ini teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung adalah sebagai berikut.

-Sikap badan dibelakang bola dan agak condong ke depan, salah satu kaki didepan sebagai kaki tumpu dan menghadap ke sasaran dengan lutut sedikit ditekuk.

- Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap bola, lalu ayunka ke depan sehingga mengenai bola tepat pada punggung kaki, sedangkan perkenaan terhadap bola berada ditengah-tengah.

- Selanjutnya gerakan kaki mengikuti arah lepasnya bola
Kali ini kita akan membahas sebuah materi pelajarang penjaskes / olahraga yaitu mengenai permainan sepak bola, adapun yang akan kita bahas secara rangkum tentang pengertian sepak bola, sejarah singkat sepak bola di dunia dan di indonesia, teknik dasar dan cara melakukannya, ukuran lapangan, pemain dan peraturan sepak bola

3. Teknik Menendang Bola dengan Kaki Bagian Luar

Berikut ini teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar adalah sebagai berikut:

- Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.

- Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posisi pergelangan kaki diputar ke arah dalam.

- Selanjutnya tentang bola dengan sentuhan kaki bagian luar
Kali ini kita akan membahas sebuah materi pelajarang penjaskes / olahraga yaitu mengenai permainan sepak bola, adapun yang akan kita bahas secara rangkum tentang pengertian sepak bola, sejarah singkat sepak bola di dunia dan di indonesia, teknik dasar dan cara melakukannya, ukuran lapangan, pemain dan peraturan sepak bola

Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola adalah mendorong bola atau menentang bola ke depan secara pelan dengan variasi ke samping sambil berlari sehingga bola bergulir di tanah dan tetap dalam penguasaan pemain.

Teknik menggiring bola dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan kaki bagian punggung baik menggunakan kaki kanan, kaki kiri, atau kaki kanan dan kiri secara bergantian.

Teknik Menghentikan Bola

Teknik menghentikan bola yaitu sikap dan gerakan untuk menahan atau menghentikan bola yang datang ke arah kita. Berikut ini beberapa macam teknik menghentikan bola yakni :

- Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam.
- Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar.
- Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian punggung.
- Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak/sol sepatu.
- Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian paha.
- Teknik menghentikan bola menggunakan dada dan perut.

Teknik Menyundul Bola

Menyundul bola yaitu gerakan mendorong bola menggunakan kepala khususnya bagian dahi, gerakan ini dilakukan jika bola berada di udara atau melayang.

Ukuran Lapangan Sepak Bola


Ukuran lapangan yang digunakan untuk pertandingan internasional dewasa, memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter.


Di bagian depan dari gawang terdapat area penalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidak.

Peraturan Permainan Sepak Bola

berikut adalah salah satu peraturan permainan sepak bola:

peraturan Gawang
Tinggi gawang = 2,44 m
Lebar gawang = 7,32 m

peraturan bola Bola
Bahan bola = kulit
Bentuk bola = bulat
Berat bola = 396 – 453 gram
Keliling lingkaran bola = 68 – 71 cm

Untuk lebih lengkap mengenai peraturan permainan sepak bola dapat dibaca disini

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang RANGKUMAN SEPAK BOLA (Pengertian, Sejarah Singkat, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan, Peraturan, dan Pemain Sepak Bola). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2018/06/rangkuman-sepak-bola-pengertian-sejarah_25.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: