7 CONTOH TEKS ARGUMENTASI SEDERHANA (tentang Rokok, Lingkungan, pendidikan, kesehatan dan sebab akibat)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang 7 CONTOH TEKS ARGUMENTASI SEDERHANA (tentang Rokok, Lingkungan, pendidikan, kesehatan dan sebab akibat). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang 7 CONTOH TEKS ARGUMENTASI SEDERHANA (tentang Rokok, Lingkungan, pendidikan, kesehatan dan sebab akibat) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : 7 CONTOH TEKS ARGUMENTASI SEDERHANA (tentang Rokok, Lingkungan, pendidikan, kesehatan dan sebab akibat)
Link : 7 CONTOH TEKS ARGUMENTASI SEDERHANA (tentang Rokok, Lingkungan, pendidikan, kesehatan dan sebab akibat)

Rekomendasi Materi!!!


7 CONTOH TEKS ARGUMENTASI SEDERHANA (tentang Rokok, Lingkungan, pendidikan, kesehatan dan sebab akibat)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu mengenai contoh teks persiasi atau contoh teks persiatif pender, singkat dan sederhana tentang rokok, lingkungan sekolah, pendidikan, sampah, kesehatan dan sebab akibat beserta penjelasannya. semoga dapat membantu

Teks Argumentasi

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu mengenai contoh teks persiasi atau contoh teks persiatif pender, singkat dan sederhana tentang rokok, lingkungan sekolah, pendidikan, sampah, kesehatan dan sebab akibat beserta penjelasannya.

 

Pengertian

Pengertian Argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca.

Contoh Argumentasi

Berikut ini adalah 7 contoh teks argumentasi / argumentatif penden, singkat, dan sederhana tentang bahaya rokok bagi kesehatan, tentang lingkungan sekolah, pendidikan, sampah, kesehatan dan teks argumentatif sebab akibat :

Contoh 1

Contoh pertama yaitu contoh teks argumentasi singkat/pendek tentang bahasa merokok bagi kesehatan

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan
Kebiasaan merokok dapat mengantarkan Anda kepada kematian. Sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat merokok. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal akibat rokok di Indonesia.

Memang efek kematian yang disebabkan oleh rokok tidak bisa dirasakan langsung oleh perokok melainkan butuh waktu yang lama hingga bebeapa tahun.

Menurut dr. Aria Nugraha, Asap yang dihisap oleh perokok akan menggerogoti organ pernafasan mereka seperti paru-paru tenggorokan dan lain-lain sehingga menyebabkan beberapa penyakit seperti Bronchitis, serangan jantung, dan gangguan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung. Semakin lama asap yang mereka hirup akan semakin mempercepat proses itu.

Lalu mengapa rokok sangat berbahaya? Di dalam sebuah batang rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya seperti racun, pemutih lantai dan bahkan bahan bakar roket. Tidak hanya batang rokok saja yang berbahaya, asap dan Tar juga bisa menyabakan kanker karena kandungan nikotinnya yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Oleh karena itulah merokok bisa menyebakan kematian karena rokok dapat menyebakan berbagai macam penyakit yang bisa mematikan Anda.

Contoh 2

Berikutnya yaitu contoh teks argumentasi singkat tentang lingkungan

Jagalah Kebersihan

Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap keluarga dalam sebuah lingkungan masyarakat. Apabila setiap keluarga yang ada di lingkungan sadar dan mulai memperhatikan kebersihan lingkungan maka sampah tidak lagi menjadi masalah. Mulai memilah sampah organic dan non organic adalah hal yang paling mudah, namun entah mengapa hal itu pun sulit terlaksana.

Mesti ada keinginan yang kuat dari tiap individu atau ada penggerak dan pelopor yang rela dari rumah ke rumah warga mengajak dan menjelaskan manfaatnya. Apabila hal ini bisa berjalan dengan semestinya maka kita tidak perlu harap harap cemas menunggu tukang sampah datang setiap hari. Banyak sekali yang bisa kita manfaat dari sampah rumah tangga yang kita anggap kotor dan menjijikkan. Selain lingkungan sekitar akan terjaga, bersih dan bebas dari bau tidak sedap sampah organic bisa di ubah menjadi pupuk, gas untuk memasak,dll.

Sampah non organic bisa dijual kembali bahkan bisa dimanfaatkan menjadi barang baru. Sudah banyak cerita sukses dari pelaku lingkungan yang memanfaatkan sampah. Tapi tidak semua masyarakat perduli dan tergerak untuk mengikuti jejak mereka. Karena diperlukan keinginan yang kuat untuk menjaga lingkungan dan bumi pada umumnya atau paling tidak menjaga lingkungan kebersihan di sekitar tempat tinggal kita saja. Sepertinya masyarakat kita perlu lebih sering mendapatkan penyuluhan, dorongan dan bantuan agar semangat menjaga lingkungan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Contoh 3

Berikut ini adalah contoh teks argumentasi/argumentatif singkat dan pendek tentang kesehatan

Bahaya nyamuk dan obat nyamuk

Tidak diragukan lagi, nyamuk memang berbahaya terutama nyamuk penyebar malaria dan demam berdarah. Untuk melindungi diri dari gangguan nyamuk kita biasa pakai obat nyamuk. Tetapi apakah kita sadar jika pemakaian obat nyamuk ternyata dapat merugikan kesehatan manusia. Lalu bagaimana dong!

Kawan,kawan selain obat nyamuk kita dapat juga memakai kelambu di tempat tidur, nyamuk tidak mampu menembus celah kecil kelambu. Kelambu ini tentu saja aman dan bebas efek samping yang merugikan kesehatan. Sayangnya ada orang yang merasa kelambu itu tidak praktis dan mengurangi keindahan tempat tidur, maka mereka ramai-ramai beli obat nyamuk. Bermacam-macam obat nyamuk memang sudah lengkap sekali dari jenis oles (lotion), obat nyamuk semprot, obat nyamuk bakar, hingga obat nyamuk elektrik. Kira-kira mana diantara jenis tersebut yang paling aman bagi kesehatan kita?

Menurut para pakar kesehatan, keempat jenis obat nyamuk tersebut tetap saja membahayakan jika dipakai dalam waktu jangka pajang. Obat nyamuk terdiri atas unsur insektisida, zat pewarna, dan pewangi, yang kesemuannya mempunyai dampak buruk. Jika dosis yang terkandung masih dapat ditoleransi, maka bahaya dapat dikurangi. Setiap kemasan obat nyamuk tentu saja memiliki aturan pakai yang berbeda dari satu jenis dengan jenis lainnya. Bacalah aturan pakai baik-baik pada kemasannya, agar tidak salah pakai!
        
Dari keempat jenis obat nyamuk tersebut urutan terbaiknya adalah lotion, elektronik, semprot dan obat nyamuk bakar. Jika kamu jeli tentu harganya  juga sesuai bukan? Yang terbaik tentu saja harganya lebih mahal dari yang lainnya.

Contoh 4

Berikutnya adalah contoh teks argumentasi singkat tentang pendidikan

Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini

Akhir – akhir ini sikap dan perilaku terpuji dalam masyarakat menjadi salah satu hal yang sudah sangat sulit untuk ditemui di kehidupan sosial. Fakta ini bisa dilihat dari banyaknya perilaku buruk seperti ketidakadilan serta kebohongan yang sering terjadi di masyarakat umum, baik di masyarakat tingkat bawah hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini dikarenakan telah hilangnya karakter di dalam masyarakat.

Arti dari karakter sendiri adalah pola pikir serta perilaku ciri khas bagi setiap individu dalam hidup bermasyarakat untuk saling menjaga dan bekerja sama baik dalam tingkat keluarga maupun berbangsa dan bernegara. Sedangkan individu yang mempunyai karakter baik adalah mereka yang selalu bertanggung jawab dengan apa yang diperbuat dan mampu mengambil keputusan dengan baik.

Sebenarnya manusia telah memiliki karakter terpuji sejak mereka dilahirkan di dunia ini. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, karakter baik itu bisa bertahan atau hilang tergantung manusia itu sendiri dan lingkungannya. Agar karakter baik tersebut bisa bertahan hingga mereka dewasa, mereka harus diberi pendidikan karakter terus menerus sejak usia dini. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan salah satu jalan yang bisa membantu dalam menanamkan karakter.

Mengapa Penanaman pendidikan karakter harus diberikan sejak dini ? Ini dikarenakan merka masih dalam tahap perkembangan awal. Selain itu, pada masa – masa inilah para calon generasi muda akan belajar dalam mengenali dirinya dan lingkungannya yang memiliki kultur sosial serta budaya yang beragam. Terlebih lagi, mereka akan belajar caranya berinteraksi dan bersosialisasi. Terlebih lagi sekolah adalah contoh lingkup kecil masyarakat luas.

Contoh 5

Terkahir, contoh teks argumentasi singkat sebab akibat beserta penjelasannya

Hujan yang turun selama sebulan ini mengakibatkan sejumlah efek yang serentak. Tidak hanya disalah satu tempat saja, akibat hujan dapat terjadi di beberapa tempat sekaligus. Meski musim hujan terkadang dinantikan oleh sebagian orang khususnya petani, tetapi efeknya jika berkembanjangan juga menjadi buruk. Efek yang dapat ditimbulkan saat musim hujan adalah banjir, tanah-tanah menjadi becek, berlumpur, banyak genangan air di mana-mana, pakaian yang dicuci menjadi lama kering, beberapa orang menjadi sakit, dan tanah longsor.

Penjelasan: Dari contoh di atas, kita dapat melihat efek atau kaibat yang dihasilkan oleh satu sebab dan terjadi secara bersamaan. Hujan adalah sebab dari adanya akibat seperti banjir, becek, dan lain-lain.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang 7 CONTOH TEKS ARGUMENTASI SEDERHANA (tentang Rokok, Lingkungan, pendidikan, kesehatan dan sebab akibat). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2017/08/7-contoh-teks-argumentasi-sederhana.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: