TEKS NARASI (Pengertian, Contoh Paragraf dan Karangan)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang TEKS NARASI (Pengertian, Contoh Paragraf dan Karangan). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang TEKS NARASI (Pengertian, Contoh Paragraf dan Karangan) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : TEKS NARASI (Pengertian, Contoh Paragraf dan Karangan)
Link : TEKS NARASI (Pengertian, Contoh Paragraf dan Karangan)

Rekomendasi Materi!!!


TEKS NARASI (Pengertian, Contoh Paragraf dan Karangan)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA/SMK yaitu tentang teks narasi, adapun disini kita akan membahas lengkap tentang pengertian teks narasi, tujuan narasi dan contoh teks narasi singkat, karangan narasi singkat, dan paragraf teks narasi singkat, pendek dan panjangh dengan penjelasannya tentang dongeng, lingkungan, liburan, dan pengalaman. semoga dapat membantu


TEKS NARASI

Pengertian Teks Narasi

Pengertian paragraf Narasi adalah paragraf yang bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seolah-olah mengalami kejadian tersebut.

adapun tujuan narasi adalah memberikan informasi untuk menambah pengetahuan, memberikan wawasan kepada pembaca, ,memberikan hiburan dan memberikan pengalaman estetis kepada pembaca.

Contoh Teks Narasi

Setelah kita mengetahui apa pengertian narasi dan tujuan dari teks narasi itu sendiri, berikut ini adalah contoh paragraf narasi singkat/pendek dan panjang serta contoh karangan narasi singkat, pendek dan panjang beserta penjelasannya.

Contoh Paragraf Narasi

Berikut dibawan ini adalah contoh paragraf narasi singkat beserta penjelasannya

1. Pergilah Ariel ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Contoh diatas menceritakan peristiwa si Ariel yang pergi ke pasar untuk membeli belanjaan kemudian pulang. Tiga peristiwa ini beruntut sehingga terbentuk kronologi.

2. Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Nika, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia sudah curiga akan tingkah laku yang aneh dari temana-teman sekelasnya. Benar saja, saat pulang sekolah, teman-teman Nika memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya.

Menceritakan Nika yang mendapat kejutan ulang tahun. Namun sebelumnya ia sudah menduganya karena sikap teman-temannya yang akhir-akhir ini berubah saat tanggal ulang tahunnya akan tiba dan ternyata benar saja dugaan Nika.

3. Novel Habibie dan Ainun menceritakan tentang romantika kehidupan Habibie dan Ainun, cina sejati antara Habibie untuk Ainun yang memberikan semangat serta motivasi dalam keberhasilan seorang Habibie yang tak lain adalah suami tercinta Ainun.

Sala satu jenis paragraf Narasi sugesti dimana menceritakan kisah Habibie Ainun dalam Novel terkenalnya.

Beberapa contoh paragraf narasi singkat diatas semoga menjawab pertanyaan teman-teman yang sedang mencari tentang contoh paragraf narasi. Jika masih kurang silahkan berkomentar ya.

Contoh Karangan Narasi

Contoh berikut ini adalah contoh karangan narasi pendek, karangan narasi singkat, karangan narasi panjang. contoh karangan narasi cerita dongeng, tentang lingkungan, dan tentang liburan serta tentang pengalaman pribadi

Contoh Karangan Narasi Dongeng
Suatu hari disebuah kerajaan besar lahirlah seorang putri cantik yang bernama Putri Natasha. Wajahnya sangat cantik dan lucu. Putri Natasha lahir dari pasangan Raja Anthum dan Ratu Aurora. Semua orang sangat bahagia saat kelahiran Putri yang telah ditunggu-tunggu itu. Tepat dihari kelahiran Putri Natasha, didepan pintu gerbang istana terdapat seorang bayi kecil yang tergeletak tak berdaya. Akhirnya karena pihak istana tak tega untuk menyingkirkannya, bayi tersebut kemudian diasuh oleh pihak istana dan diberi nama Putri Andine

Dua tahun telah berlalu, Putri Natasha dan Putri Andine telah berubah menjadi putri-putri yang lucu, mereka telah menjadi seperti saudara kandung sendidri. Raja dan ratu pun senang melihatkeakraban mereka, meskipun mereka belum memberitahukan bahwa Putri Andine bukanlah anak kandung mereka.

Saat menginjak usia 12 tahun, Putri Natasha terlihat lebih cantik daripada Putri Andine. Dan juga Putri Natasha lebih mirip Ratu Aurora. Putri Andine yang ketika itu menyadari bahwa Putri Natasha lebih cantik darinya dan lebih mirip kepada sang Ratu, mempunyai niat tak baik kepada Putri Natasha.

Suatu hari Putri Andine yang telah beniat jahat kepada Putri Natasha mencoba membuat wajah Putri Natasha menjadi buruk rupa dengan menyiramkan air panaas kepada Putri Natasha. Namun sebelum sempat ia mencoba melakukannyaa, niat jahatnyaa telah diketahui oleh Ratu Aurora.

Akhirnya sang Ratu menceritakan mengapa ia tak mirip dengan Ratu Aurora. Putri Andine akhirnyamenyadari dan kembali menjadi baik kepada Putri Natasha. Dan sekarang mereka menjadi putri-putri yang paling dikagumi dinegeri tersebut.


Contoh Karangan Narasi tentang Lingkungan singkat
Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara-suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang masih tidur. serta dapat ku lihat burung-burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Dari timur sang surya menyapaku dengan malu-malu untuk menampakkan cahayanya. Aku berjalan ke halaman depan rumah tepat dihadapan ku ada sebuah jalan besar untuk berlalu lintas dari kejauhan tampak sawah-sawah milik petani yang ditanami padi masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk, indah, dan damai. Dari kejauhan pula terlihat seorang petani yang sedang membajak sawahnya yang belum ditanami tumbuhan, dan ada juga petani yang sedang mencari rumput untuk makan binatang peliharaannya seperti kambing, sapi, dan kerbau. Didesaku rata-rata penduduknya sebagai petani.

Pagi ini terlihat sangat sibuk, di jalan" terlihat ibu-ibu yang sedang berjalan menuju pasar untuk berjualan sayur. Tetanggaku seorang peternak bebek yang juga tidak kalah sibuknya dengan orang". Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebeknya kerawah dekat sawah untuk mencari makan, bebek yang pintar berbaris dengan rapi pengembalanya. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita bangun tidur.

Dihalaman rumah kakekku yang menghadap ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang, ada pohon mangga yang berbuah sangat lebat, disamping kiri potehon mangga dapat pula pohon jambu air yang belum berbuah karena belum musimnya. Dan disebelah kanan rumah ada pohon rambutan yang buahnya sangat manis rasanya. sungguh pemandangan yang sangat indah yang sangat asri dan damai ini adalah tempat tinggal kakek ku dan tempat kelahiran ku. Desa yang bernama NAMBAHDADI ini adalah tempat yang paling aku kunjungi saat liburan. Selain bisa bertemu kakek dan nenek aku juga bias melihat pemandangan yang indah nan damai.


Contoh Karangan Narasi singkat tentang Liburan
Pengunjung pantai ini cukup banyak apalagi pada saat liburan. Karena pada saat liburan biasanya banyak pengunjung yang datang bersama keluarga mereka sekedar untuk bermain, berwisata kuliner atau mengendarai kuda menyusuri tepi pantai.

Matahari sudah mulai meninggi dan terik matahari terasa sampai  membakar kulit. Saya mulai beranjak pergi ke tempat yang teduh untuk menghindari terik matahari. Orang-orang yang sejak tadi berada di sekitar pantai sudah tidak tampak lagi. Tidak terasa sudah hampir tiga jam saya bermain-main, duduk di tepi pantai dan saya harus segera kembali ke penginapan. Saya sangat senang bisa berlibur ke pantai menikmati indahnya suasana pantai.


Contoh Karangan Narasi singkat tentang pengalaman pribadi
Semalam, aku bermain game bersama teman-teman hingga larut malam. Hingga esok harinya,  aku begitu terkejut saat bagun dipagi hari. Bagaimana tidak karena saat aku melihat jam di kamarku telah menunjukkan pukul 6.30 pagi. Aku langsung bergegas bangun dan menuju kamar mandi yang ada tepat di samping kamarku. Karena terburu-buru aku sampai lupa membawa handuk. Aku pun kembali lagi ke kamar untuk mengambil handuk. Karena panik juga, aku hampir saja jatuh karena terpeleset di dalam kamar mandi.

Sesampainya di sekolah ternyata upacara bendera telah dimulai. Aku datang dengan agak berlari untuk bergabung dengan barisan kelasku. Tiba-tiba datanglah satu guru yang menghampiriku dan memintaku untuk berada di antara anak-anak yang tidak lengkap membawa atribut dan datang terlambat. Guru itupun juga memotong rambutku yang dinilai panjang dan aku lupa untuk menolaknya. Padahal aku sudah diperingatkan dari minggu lalu.

Kemudian, upacara pun selesai. Aku di minta untuk tetap tinggal di lapangan dan mendengarkan pengarahan yang diberikan oleh guru kedisiplinan tentang tata tertib sekolah. Setelah itu, aku masuk ke dalam kelas. Entah apa yang aku pikirkan, aku juga lupa mengerjakan pr yang diberikan guruku untuk di kumpulkan hari ini. Karena tidak mengerjakan, akupun mendapat hukuman untuk membuat kliping tentang iklan dari koran.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang TEKS NARASI (Pengertian, Contoh Paragraf dan Karangan). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2017/02/teks-narasi-pengertian-contoh-paragraf.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: