Materi DIKSI Lengkap (Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contoh Diksi)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Materi DIKSI Lengkap (Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contoh Diksi). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Materi DIKSI Lengkap (Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contoh Diksi) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Materi DIKSI Lengkap (Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contoh Diksi)
Link : Materi DIKSI Lengkap (Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contoh Diksi)

Rekomendasi Materi!!!


Materi DIKSI Lengkap (Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contoh Diksi)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang Diksi, adapun disini kita akan bahas lengkap secara singkat rangkuman tentang apa itu diksi, pengertian diksi, fungsi diksi, jenis jenis diksi (macam macam diksi), manfaat diksi dan contoh diksi dalam puisi dan kalimat. semoga dapat membantu


Diksi

Pengertian Diksi

Pengertian diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti apa yang diharapkan).


Fungsi Diksi

Adapun fungsi diksi dalam sebuah atau pembuatan karya sastra, diksi memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Membuat orang yang membaca atau pun mendengar karya sastra menjadi lebih faham mengenai apa yang ingin disampaikan oleh pengarang.
  2. Membuat komunikasi menjadi lebih efektif.
  3. Membuat komunikasi menjadi lebih efektif.
  4. Membentuk ekspresi atau pun gagasan yang tepat sehingga dapat menyenangkan pendengar atau pun pembacanya.


Jenis/Macam-Macam Diksi

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian diksi dan fungsinya, berikut dibawa ini adalah jenis jenis/macam-macam diksi beserta penjelasannya

Sinonim
Sinonim merupakan pilihan kata yang memiliki persamaan makna. Penggunaan kata sinonim biasanya dimaksudkan untuk membuat apa yang dikatakan / dituliskan menjadi lebih sesuai dengan ekspresi yang ingin diungkapkan. Contohnya : mati (ekspresi pengungkapan yang kasar) dan wafat (ekspresi pengungkapan yang lebih halus)

Antonim
Antonim merupakan pilihan kata yang memiliki makna berlawanan atau pun berbeda. Contoh kata antonim adalah besar dan kecil.

Polisemi
Polisemi merupakan frasa kata yang memiliki banyak makna. Contohnya kata kepala yang dapat bermakna bagian tubuh yang terletak di atas leher, atau dapat juga bermakna bagian yang terletak di sebelah atas atau pun depan.

Homograf
Homograf merupakan kata-kata yang memiliki tulisan sama akan tetapi memiliki arti dan bunyi yang berbeda.

Homofon
Homofon merupakan kata – kata yang memiliki bunyi yang sama akan tetapi makna dan ejaannya berbeda.

Homonim
Homonim merupakan kata – kata yang memiliki ejaan yang sama namun makna dan bnyinya berbeda. Contoh Asep (nama orang) dan asep (asap).

Hiponim
Hiponim merupakan kata yang maknanya telah tercakup di dalam kata lainnya. Contohnya kata Salmon yang telah termasuk ke dalam makna kata ikan.

Hipernim
Hipernim merupakan kata yang telah mencakup makna kata lain. Contohnya ada pada kata sempurna yang telah mencakup kata baik, bagus, dan beberapa kata lainnya.


Contoh Diksi

Setelah kita memahami semuanya tentang diksi, berikut dibawa ini adalah contoh contoh diksi dalam puisi, dan contoh diksi dalam kalimat kalimat beserta penjelasannya

Contoh 1:
Nenekku mampus tadi pagi (tidak tepat)
Nenekku meninggal dunia tadi pagi (tepat)

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Materi DIKSI Lengkap (Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contoh Diksi). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2017/02/materi-diksi-lengkap-pengertian-fungsi.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: