9 CONTOH TEKS KARANGAN DAN PARAGRAF NARASI PANJANG/SINGKAT (tentang Pengalaman Pribadi, Liburan, Lingkungan, Sekolah dan Kesehatan) beserta penjelasannya

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang 9 CONTOH TEKS KARANGAN DAN PARAGRAF NARASI PANJANG/SINGKAT (tentang Pengalaman Pribadi, Liburan, Lingkungan, Sekolah dan Kesehatan) beserta penjelasannya. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang 9 CONTOH TEKS KARANGAN DAN PARAGRAF NARASI PANJANG/SINGKAT (tentang Pengalaman Pribadi, Liburan, Lingkungan, Sekolah dan Kesehatan) beserta penjelasannya dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : 9 CONTOH TEKS KARANGAN DAN PARAGRAF NARASI PANJANG/SINGKAT (tentang Pengalaman Pribadi, Liburan, Lingkungan, Sekolah dan Kesehatan) beserta penjelasannya
Link : 9 CONTOH TEKS KARANGAN DAN PARAGRAF NARASI PANJANG/SINGKAT (tentang Pengalaman Pribadi, Liburan, Lingkungan, Sekolah dan Kesehatan) beserta penjelasannya

Rekomendasi Materi!!!


9 CONTOH TEKS KARANGAN DAN PARAGRAF NARASI PANJANG/SINGKAT (tentang Pengalaman Pribadi, Liburan, Lingkungan, Sekolah dan Kesehatan) beserta penjelasannya

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang contoh teks karangan paragraf narasi panjang, singkat dan pendek tejntang pengalaman pribadi, tentang liburan, tentang lingkungan, sekolah dan kesehatan. semoga dapat membantu


Teks Karangan Narasi

Sesuai apa yang sudah kita beritahu diawal, kita akan membahas mengenai contoh teks karangan paragraf, narasi pendek, singkat dan panjang tentang pengalaman pribadi, tentang liburan, lingkungan, sekolah dan kesehatan.
Tapi sebelumnya apa itu narasi? Pengertian Narasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah tulisan yang rangkaian peristiwa dari waktu ke waktu dijabarkan dengan urutan awal, tengah, dan akhir.

Contoh 1

Contoh yang pertama yaitu contoh teks karangan narasi / paragraf narasi singkat tentang pengalaman pribadi

Aku terhanyut dalam lamunan. Sepertinya, aku harus duduk sebentar untuk beristirahat. Kasihan kakiku mulai gemeteran. Mungkin, ia lelah menemaniku berjalan. Seharian ini aku berdagang. Aku berjualan dan menjajakan air minum di atas kereta api jurusan Rangkas Bitung—Jakarta Kota. Biasanya, jika penumpang penuh berjubel, berdesak-desakan, dan sesak, sehingga kereta ini lebih mirip dengan kandang kambing daripada sarana transportasi. Bau yang tak sedap bertebaran di mana-mana dan bercampur dengan bau keringan para penumpang. Tenggorokanpun terasa kering. Oleh karena itu, aku berjualan minuman dan saat itu adalah saat keberuntunganku. Saat-saat seperti itu daganganku akan laku keras dan aku juga bisa mengeruk keuntungan yang lumayan banyak. Semua hasil dari berjualan aku gunakan untuk membiayai sekolahku dan juga aku berikan kepada ibuku untuk keperluan sehari-hari. Hal itu, cukup membuatku senang karena selain bisa mandiri aku dapat membantu ibuku.

Akan tetapi, semenjak diadakannya penertiban pedagang di atas kereta lima hari yang lalu, rasanya seperti sudah jatuh tertimpa tangga pula. Bagaimana tidak pusing aku dibuatnya? Sudah hidup sehari-hari sudah, ditambah lagi dengan adanya larangan itu. Aku terpaksa main kucing-kucingan dengan petugas penertiban di kereta. Jika nasibku bagus, aku akan lolos dari petugas dan dapat berjualan lagi. Jika aku ditangkap oleh petugas, daganganku akan dibuang secara paksa dan uang hasil jualanku harus diserahkan sebagai denda karena melanggar aturan. Setiap klai berjualan di kereta, aku selalu saja was-was. Tapi, jika aku tidak berjualan, aku akan bingung memikirkan biaya sekolahku.

Sebagai rakyat kecil, aku sangat bingung. Pemerintah seakan tidak memihak kepada rakyat kecil. Memang, terkadang aku juga menyadari bahwa penertiban itu dilakukan juga untuk kebaikan para penumpang dan demi kenyamanan para penumpang. Tetapi, tidak seharusnya para petugas membuang dan meminta denda dari para pedagang yang untungnya tidak seberapa seperti aku ini. Aku lebih berharap pemerintah memberikan lahan untuk berjualan yang banyak pembelinya, sehingga aku dan teman-teman bisa berjualan dengan tenang.

Contoh 2

Contoh yang berikutnya yaitu contoh karangan narasi panjang/ pendek/ singkat tentang liburan kerumah nenek

Liburan ke Rumah Nenek

    Liburan kali ini sangat berkesan bagiku. Aku diajak ayah berlibur ke rumah nenek di sebuah desa di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Sebenarnya sudah lama aku tidak berkunjung ke desa nenek. Maka kesempatan berlibur ke rumah nenek sangat menggembirakan hatiku.

    Pukul delapan pagi aku berangkat bersama ayah. Ayah mengendarai motor dan aku membonceng di belakang. Setelah menempuh sekian puluh kilometer, akhirnya kami sampai di rumah nenek.

    Keesokan harinya, aku diajak keponakan ayah untuk pergi ke sawah nenek. Kebetulan hari itu nenek lagi panen padi. Sawah nenek tidak jauh dari rumah. Beberapa menit saja aku sudah sampai di lokasi sawah nenek. Banyak orang sedang memanen padi di sawah nenek. Ada yang menyabit padi. Ada pula yang merontokkan butir padi dengan alat perontok padi.

    Hari ketiga, aku diajak ayah ke rumah teman lamanya di pinggiran Danau Singkarak. Rumah teman ayah berada di pinggiran danau sehingga dengan leluasa dapat menyaksikan keindahan danau Singkarak. Danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

    Hari-hari berikutnya aku lalui dengan menyenangkan. Ikut bergabung bermain bersama teman di desa itu. Ternyata mereka sangat ramah dan suka bergaul. Aku merasa seakan-akan sudah lama bergaul dengan mereka.

    Hari terakhir, aku merasa enggan meninggalkan desa nenek. Desa yang subur, penduduknya yang ramah dan suka bergotong-royong. Rasanya aku ingin terus berada di desa nenek tetapi itu tidak mungkin. Sore hari aku pulang kembali ke rumah bersama ayah.

    Seminggu penuh aku berada di rumah nenek menjalani masa libur. Pengalaman yang sangat menyenangkan. Jika ada kesempatan liburan sekolah pada masa berikutnya, aku meminta pada ayah agar kembali berlibur di rumah nenek.

Contoh 3

yang ke-3 yaitu contoh teks karangan narasi tentang lingkungan sekolah, lingkungan kampus penden/ singkat

Sekolahku

  Sekolahku yaitu SMAN 3 Bandar Negeri adalah salah satu sekolah yang terbaik di kotaku. Tak heran sekolahku selalu diminati oleh calon-calon siswa baru yang ingin belajar di sini. Hal tersebut sangatlah wajar karena sekolahku selalu mendapakan peringkat pertama di setiap ajang lomba yang diikuti baik tingkat kota maupun provinsi.

Tak hanya statusnya yang merupakan sekolah terbaik, kelengkapan fasilitas dan luasnya sekolahku juga menjadi salah satu faktor yang mendorong para calon siswa untuk belajar di sekolahku. Luas bangunan sekolahku kira-kira sekitar 2 hektar yang terbagi menjadi 4 lokal bangunan. Ketika pertama kali memasuki sekolahku, kita akan menjumpai lokal bangunan pertama, yaitu ruang guru, kantor administrasi, dan ruang kegiatan siswa. Ruangan-ruangan tersebut berdiri sejajar memanjang satu sama lain. Setelah melewati komplek banguan pertama kita akan menemukan komplek bangunan kelas yaitu, ruang kelas satu yang ada pada bagian utara, ruang kelas dua pada bagian selatan dan kelas tiga pada bagian barat. Pada komplek kelas satu, ada 7 kelas yang terdiri dari kelas 7.1 sampai 7.5, pada komplek kelas 8 ada 7 kelas yang terdiri dari kelas 8 Ipa 1 hingga 3 dan 8 Ips satu hingga 4, dan pada komple kelas 9 juga terdapat 7 kelas, terdiri dari 9 Ipa 1 hingga 3 dan 9 Ips 1 hingga 4.

Tepat di tengah-tengah komplek kelas terdapat sebuah lapangan yang sangat luas dan biasa dipakai sebagai lapangan upacara, selain dipakai sebagai lapangan upacara lapangan tersebut juga sering dipakai sebagai tempat kegiatan olah raga seperti sepak bola, basket, badminton, dan lain-lain. Fasilitas sekolahku pun bisa dibilang yang paling lengkap. Ada banyak fasilitas seperti lab ipa, lab bahasa, perpustakaan, green house, ruang multimedia, aula, parking lot dan ruang fitness.

Meskipun besar dan luas sekolahku sangatlah sejuk dan hijau. Di sana banyak di tanami pohon-pohon rindang yang berbaris di setap pojok-pojok tempat. Bahkan di depan setiap ruangan kelas terdapat taman bunga cukup besar yang menambah kecantikan sekolahku. Itulah sekolahku, sekolah yang terbaik sehingga aku bangga bisa bersekolah di sini.

Teks Paragraf Narasi

Berikut ini adalah beberapa contoh paragraf narasi singkat beserta penjelasannya

contoh 1

    Pergilah Ariel ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

#Contoh diatas menceritakan peristiwa si Ariel yang pergi ke pasar untuk membeli belanjaan kemudian pulang. Tiga peristiwa ini beruntut sehingga terbentuk kronologi.

Contoh 2

  Di sebuah kota Z, hiduplah seorang pemuda yang ingin menjadi pahlawan. Pada suatu hari ia menolong seorang anak kecil yang akan dibunuh oleh penjahat, ia kewalahan melawan penjahat tersebut namun akhirnya menang. Karena semakin bersemangat menjadi pahlawan, ia berlatih dengan 100x push up, 100x squat jump, 100x sit up dan lari 3 KM setiap harinya. Pada akhirnya dia bisa menjadi orang yang sangat kuat.

#Cerita diatas mengisahkan seorang pemuda yang terobsesi menjadi pahlawan yang kuat setelah menolong seorang anak kecil yang hendak dibunuh oleh penjahat. Setelah melewati latihan yang keras, pada akhirnya ia berhasil menjadi orang yang sangat kuat untuk menjadi pahlawan.

Contoh 3

 Di sebuah hutan, hiduplah 2 orang anak kembar yatim-piatu yang bernama Safira dan Safria. mereka tinggal di sebuah gubuk dan keseharian mereka selalu berburu binatang untuk dimakan. Setelah beberapa lama kemudian, kedua anak tersebut ditemukan oleh saudagar kaya yang kebetulan sedang ingin berburu juga. Safira dan Safria pun di bawa ke rumah sang saudagar dan dijadikan sebagai aanak angkatnya.

Contoh diatas menceritakan 2 orang anak kembar yang hidup di tengah hutan, Saat mereka berburu di hutan mereka bertemu dengan saudagar kaya yang kebetulan sedang berburu. Akhirnya mereka kerumah saudagar dan dijadikan anak angkatnya.

Contoh 4

 Di suatu pagi yang sangat cerah, Elsa pergi mencari kayu bakar di hutan, ia tak sendirian karena ia pergi bersama sang Kakek. Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat, ia mendengar suara-suara hewan yang nyaring. Namun ia takut karena itu pengalaman pertamanya untuk mencari kayu bakar di hutan.

Cerita diatas mengisahkan Elsa yang baru pertama kali mencari kayu bakar di hutan bersama kakeknya, karena merasa asing dengan suasana hutan ia jadi merasa takut.

Contoh 5

 Hari serasa Senin menjadi hari yang sangat berat bagiku, aku harus bangun lebih pagi daripada biasanya. Membantu keluarga memang tugasku, terlebih setelah ayahku meninggal aku harus lebih bekerja keras entah di Sekolah maupun dirumah. Namun demi Ibu ku setiap hari akan kulakukan.

Contoh diatas menceritakan seorang anak yang rela bekerja keras demi Ibunya setelah Ayahnya meninggal walau sesibuk apapun dia.

Contoh 6

 Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Nika, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia sudah curiga akan tingkah laku yang aneh dari temana-teman sekelasnya. Benar saja, saat pulang sekolah, teman-teman Nika memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya.

Menceritakan Nika yang mendapat kejutan ulang tahun. Namun sebelumnya ia sudah menduganya karena sikap teman-temannya yang akhir-akhir ini berubah saat tanggal ulang tahunnya akan tiba dan ternyata benar saja dugaan Nika.


Terima kasih sobat telah membaca materi tentang 9 CONTOH TEKS KARANGAN DAN PARAGRAF NARASI PANJANG/SINGKAT (tentang Pengalaman Pribadi, Liburan, Lingkungan, Sekolah dan Kesehatan) beserta penjelasannya. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2017/02/9-contoh-teks-karangan-dan-paragraf.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: