6 MACAM MACAM SIMBIOSIS (Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme, Netralisme, Anemsalisme dan Kompetisi) Pengertian dan contohnya

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang 6 MACAM MACAM SIMBIOSIS (Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme, Netralisme, Anemsalisme dan Kompetisi) Pengertian dan contohnya. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang 6 MACAM MACAM SIMBIOSIS (Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme, Netralisme, Anemsalisme dan Kompetisi) Pengertian dan contohnya dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : 6 MACAM MACAM SIMBIOSIS (Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme, Netralisme, Anemsalisme dan Kompetisi) Pengertian dan contohnya
Link : 6 MACAM MACAM SIMBIOSIS (Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme, Netralisme, Anemsalisme dan Kompetisi) Pengertian dan contohnya

Rekomendasi Materi!!!


6 MACAM MACAM SIMBIOSIS (Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme, Netralisme, Anemsalisme dan Kompetisi) Pengertian dan contohnya

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran biologi tingkat SMA/SMK kurikulum 2013, adapun yang akan kita bahas yaitu mengenai pengertian simbiosis, macam macam simbiosis atau 6 macam simbiosis, pengertian sismbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, pengertian simbiosis netralisme, simbiosis anemsalisme dan simbiosis kompetisi, beserta contoh dari macam macam simbiosis beserta penjelasannya lengkap. semoga dapat membantu

Macam Macam Simbiosis



Berdasarkan pola dan bentuk interaksinya, simbiosis secara garis besar dibagi menjadi 6 jenis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, simbiosis netralisme, simbiosis amensalisme, dan simbiosis kompetisi. Berikut dibawah ini adalah penjelasan lengkap dari macam-macam simbiosis dan contohnya tersebut.


1. Simbiosis Mutualisme

Pengertian Simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain.

Contoh simbiosis mutualisme
salah satu contohnya dapat kita temukan pada interaksi antara lebah dan bunga, burung jalak dan kerbau, ikan remora dan ikan hiu, kelelawar dan kantung semar, burung plofer dan buaya, serta pada interaksi antara rayap dan flagelata.


2. Simbiosis Komensalisme

Pengertian Simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana salah satu diantaranya mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lain tidak mendapat pengaruh apapun (tidak untung dan tidak merugi)

Contoh simbiosis komensalisme
salah satu contohnya dapat kita temukan pada interaksi antara sirih dan tumbuhan inangnya, tumbuhan paku dan pohon jati, udang dan mentimun laut, serta pada interaksi antara ikan badut dan anemon laut. 

3. Simbiosis Parasitisme

Pengertian Simbiosis parasitisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana salah satu diantaranya mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lain mendapatkan kerugian.

Contoh Simbiosis Parasitisme
Beberapa contoh simbiosis parasitisme dapat kita temukan pada interaksi antara cacing pita dan manusia, benalu dan tanaman inangnya, kutu dan hewan yang diganggunya, serta pada jamur panu dan manusia.


4. Simbiosis Netralisme

Pengertian Simbiosis netralisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang tidak saling menguntungkan maupun merugikan.

Contoh simbiosis Netralisme
Salah satu contoh simbiosis netralisme terjadi pada burung hantu dan kambing di ekosistem padang rumput, sapi dan semut, atau pada monyet dan jangkrik.


5. Simbiosis Amensalisme

Pengertian Simbiosis amensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana salah satu diantaranya menekan pertumbuhan organisme yang lain melalui sifat alelopati.

Contoh simbiosis amensalisme
Salah satu contohnya dapat kita temukan pada interaksi antara gulma alang-alang dan tanaman produksi, jamur Penicillum sp dan bakteri gram positif, serta pada rumput teki dan tanaman padi.

6. Simbiosis Kompetisi

Pengertian Simbiosis kompetisi adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana keduanya saling berkompetisi untuk mendapatkan kebutuhannya.

Contoh simbiosis kompetisi
Beberapa contoh dapat ditemukan pada interaksi antara serigala dan harimau di ekosistem savana, kambing dan sapi di ekosistem padang rumput, serta pada tanaman tumpang sari.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang 6 MACAM MACAM SIMBIOSIS (Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme, Netralisme, Anemsalisme dan Kompetisi) Pengertian dan contohnya. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2017/02/6-macam-macam-simbiosis-mutualisme.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: