4 Contoh / Example ANALYTICAL EXPOSITION TEXT SINGKAT ( Tentang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Rokok) beserta artinya

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang 4 Contoh / Example ANALYTICAL EXPOSITION TEXT SINGKAT ( Tentang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Rokok) beserta artinya. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang 4 Contoh / Example ANALYTICAL EXPOSITION TEXT SINGKAT ( Tentang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Rokok) beserta artinya dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : 4 Contoh / Example ANALYTICAL EXPOSITION TEXT SINGKAT ( Tentang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Rokok) beserta artinya
Link : 4 Contoh / Example ANALYTICAL EXPOSITION TEXT SINGKAT ( Tentang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Rokok) beserta artinya

Rekomendasi Materi!!!


4 Contoh / Example ANALYTICAL EXPOSITION TEXT SINGKAT ( Tentang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Rokok) beserta artinya

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa inggris tingkat SMA/SMK yaitu analytical exposition, adapun disini kita akan membahas mengenai pengertian (meaning) analytical exposition dalam bahasa inggris dan terjemahaannya, Ciri Ciri Analytical Exposition beserta 8 contoh / example of analytical exposition text singkat tentang pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Rokok beserta terjemahan / arttinya. semoga dapat membantu

Analytical Exposition

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa inggris tingkat SMA/SMK yaitu analytical exposition, adapun disini kita akan membahas mengenai pengertian (meaning) analytical exposition dalam bahasa inggris dan terjemahaannya, Ciri Ciri Analytical Exposition beserta 8 contoh / example of analytical exposition text singkat tentang pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Rokok beserta terjemahan / arttinya.

Pengertian Analytical Exposition

Pengertian Analytical Exposition adalah jenis teks yang termasuk keadalam jenis Argumentation Text,  berisi tentang pemikiran terperinci penulis tentang sebuah penomena yang ada di sekitar. 

Ciri Ciri Analytical Exposition

Untuk mempermudah mengetahui sebuah text termasuk jenis text analyticak exposition apabila mempunyai beberapa ciri berikut :
  • menggunakan  modals
  • mengunakan reltional process
  • menggunakan internal conjunction
  • menggunakan casual conjuction
  • menggunakan action verbs
  • menggunakan thinking verbs
  • menggunakan adverbs
  • menggunakan adjective
  • menggunakantechnical terms
  • menggunakan general and abstract noun
  • menggunakan connectives/transitionmenggunakan simple present

Contoh Analytical Exposition

Setelah kita mengetauhi pengertian analytical exposition, berikut adalah 8 contoh analytical exposition text singkat beserta terjemahannya antara lain :

Contoh 1

Contoh pertama yaitu contoh analytical expisition text singkat tentang pendidikan

Compulsory Education Program

In Indonesia, the government has been making laws on compulsory education for 12 years that will be started in the academic year 2013 and 2014. The laws is not separated from the role of government, especially the education minister which aims to make children in Indonesia get provisions for the better  future.

There are some reasons and goals why the government wants to apply the compulsory education program. Firstly, this is the step of the government to educate the young generation which will be the next generation. The young generations are expected to open up their mind. Because, the progress and development of the country are in the hands of the youth who have high nationalism that will make our beloved Indonesia is better than before.

In addition to the existence of this education program, the government expects the children of Indonesia will not be left behind with the newest information, science and technology that keep growing and progressed along with the development of the days in this modern and advanced world. Our young generation should be up-to-date about the newest knowledge.

Not only that, by the program of compulsory 12-year-education, the government indirectly have reduced the number of Indonesian people who are illiterate, can not read, as well as writing. Some of Indonesian societies are still illiterate. This can happen because in the past time they were in low economy level and they preferred to find a job to get the money rather than to follow education at school. According to their opinion, if they only study, they will be waste time. They thought that they need money. They chose to work to survive their lives. The government expects that there will be no Indonesian people who are illiterate by the compulsory education program.

This is an effort from the government to advance the development of education in Indonesia. By obliging the young generation to learn until 12 years, they are expected to get a worthy job or be able to continue until university. Indirectly the government has taken a role in reducing unemployment in Indonesia so that they can increase the welfare of their family and they have a better life in the future.

The government makes this program of education for people who are in low economy level. By the help from the government, the government hope that there is no child who does not go to school due to the high cost. The government also gave grants to provide education places like the aid of computers, books and other needs that can support the teaching and learning more effective and efficient. The government provides help to make Indonesian education becomes better than before and to compete with the other nations.

Those opinions can describe the efforts of the government for education in Indonesia by having 12-year-compulsary education program, why can this be? The reason why the government is trying to apply that program is of course for our young generations to be the agent to develop and advance our country.

Artinya:
Program Pendidikan Wajib

Di Indonesia, pemerintah telah membuat undang-undang tentang wajib belajar selama 12 tahun yang akan dimulai pada tahun akademik 2013 dan 2014. Undang-undang ini tidak lepas dari peran pemerintah, terutama menteri pendidikan yang bertujuan untuk membuat anak-anak di Indonesia mendapatkan ketentuan untuk masa depan yang lebih baik.

Ada beberapa alasan dan tujuan mengapa pemerintah ingin menerapkan program wajib belajar. Pertama, ini adalah langkah pemerintah untuk mendidik generasi muda yang akan menjadi generasi berikutnya. Generasi muda diharapkan untuk membuka pikiran mereka. Karena, kemajuan dan pembangunan negara berada di tangan pemuda yang memiliki nasionalisme yang tinggi serta akan membuat Indonesia tercinta menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain adanya program pendidikan ini, pemerintah mengharapkan anak-anak Indonesia tidak akan tertinggal dengan informasi terbaru, ilmu pengetahuan dan teknologi, yang terus berkembang dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman di dunia modern dan canggih ini. Generasi muda kita harus up-to-date tentang pengetahuan terbaru.

Tidak hanya itu, dengan program wajib belajar 12 tahun, pemerintah secara tidak langsung telah mengurangi jumlah orang Indonesia yang buta huruf dalam artian tidak bisa membaca, serta menulis. Beberapa masyarakat Indonesia masih buta huruf. Hal ini bisa terjadi karena di masa lalu mereka berada di tingkat ekonomi rendah dan mereka lebih suka mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang daripada mengikuti pendidikan di sekolah. Menurut pendapat mereka, jika mereka hanya belajar, mereka akan membuang-buang waktu. Mereka berpikir bahwa mereka lebih membutuhkan uang. Mereka memilih untuk bekerja untuk bertahan hidup hidup mereka. Pemerintah berharap bahwa tidak akan ada orang Indonesia yang buta huruf dengan program wajib belajar.
Ini merupakan upaya dari pemerintah untuk memajukan perkembangan pendidikan di Indonesia. Dengan mewajibkan generasi muda untuk belajar sampai 12 tahun, mereka diharapkan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak atau dapat berlanjut sampai perguruan tinggi. Secara tidak langsung pemerintah telah mengambil peran dalam mengurangi pengangguran di Indonesia sehingga mereka dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka dan mereka memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Pemerintah membuat program ini pendidikan bagi orang-orang yang berada di tingkat ekonomi rendah. Dengan bantuan dari pemerintah, pemerintah berharap bahwa tidak ada anak yang tidak bersekolah karena biaya yang tinggi. Pemerintah juga memberikan hibah untuk menyediakan tempat pendidikan seperti bantuan komputer, buku, dan kebutuhan lain yang dapat mendukung proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien. Pemerintah memberikan bantuan untuk membuat pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya dan untuk bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Pendapat-pendapat di atas dapat menggambarkan upaya pemerintah untuk pendidikan di Indonesia dengan cara menjalankan program pendidikan 12 tahun, mengapa ini bisa terjadi? Alasan mengapa pemerintah mencoba menerapkan program tersebut, tentu saja agar generasi muda kita untuk menjadi agen untuk mengembangkan dan memajukan negara kita.

Contoh 2

Berikutnya adalah mengenai contoh analytical exposition text singkat tentang Kesehatan

The Importance of Breakfast
 
Why is breakfast important? “Breakfast like a King, Lunch like a Prince and Dine like a Pauper” It’s a well known phrase, but do you follow it?

Breakfast provides many benefits to our health and wellbeing. Breakfast provides the body and brain with fuel after an overnight fast – that’s where its name originates, breaking the fast! Without breakfast you are effectively running on empty, like trying to start the car with no petrol!

Breakfast support cognitive function. Breakfast also restores glucose levels, an essential carbohydrate that is needed for the brain to function. Breakfast provides energy, studies have shown how eating breakfast can improve memory and concentration levels and it can also make us happier as it can improve mood and lower stress levels.

Breakfast provides energy needs. People’s energy needs vary depending on activity levels and life stage but typically men require more energy than women. Growing children require a lot of energy, as an example boys aged 7-10 years should consume approximately 1970 kcals per day, and girls aged 7-10 years should consume approximately 1740 kcals.

Artinya:

Pentingnya Sarapan
 
Mengapa melakukan sarapan itu penting? “Sarapan seperti seorang raja, makan siang seperti Pangeran dan makan malam layaknya seperti orang yang tidak punya” itu adalah frase yang cukup terkenal, tetapi apakah Anda memahami pentingnya sarapan?

Sarapan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kenyamanan kita. Makan pagi memberikan tubuh dan otak asupan bahan bakar setelah berpuasa (tidak makan) selama satu malam – dari sini nama “breakfast itu berasal (break = berbuka, fast = puasa) Tanpa sarapan Anda secara bagaikan berlari dalam keadaan lapar, seperti mencoba untuk menyalakan mobil tapi tidak ada bensin.

Sarapan juga mendukung daya kognitif juga mengembalikan kadar glukosa, yaitu karbohidrat penting yang dibutuhkan otak untuk bisa berfungsi. Makan pagi menyediakan tenaga, penelitian telah menunjukkan bagaimana makan pagi dapat meningkatkan tingkat memori dan konsentrasi, juga dapat membuat kita merasa lebih bahagia karena dapat meningkatkan mood dan menurunkan suasana stres.

Sarapan menyediakan kebutuhan energi yang dibutuhkan. Kebutuhan energi setiap orang itu berbeda tergantung pada pada kegiatan dan tahapan hidup. Meski begitu secara umum laki-laki membutuhkan energi lebih banyak dari pada permepuan. Pertumbuhan anak-anak juga membutuhkan banyak energi, sebagai contoh, anak laki-laki berusia 7-10 tahun harus mengkonsumsi sekitar 1970 kkal per hari, dan anak perempuan berusia 7-10 harus mengkonsumsi sekitar 1740 Kkal.

Contoh 3

Contoh yang ke-3 yaitu contoh analytical exposition text singkat tentang lingkungan "sampah"

Garbage Service need Improvement
 
There have been many complaints recently about the ABC garbage collection service. The official department has agreed that the service needs improvement. But nothing has been done!
In some streets the garbage is collected only once a month because the workmen are not supervised. In other streets, collection in more frequent but half of the garbage is left in the road. The workmen are too lazy to pick it up and put it in the trucks.

In some parts of the colony, house-holders are dumping their garbage on the waste land. This is dangerous and an unhealthy to do. These `dumps’ may catch fire and they will certainly attract rats and flies.
It is the duty of the official department to collect all the garbage efficiently and regularly

Artinya:

Pemerintah perlu meningkatkan Pelayanan sampah
Ada banyak keluhan baru-baru ini tentang layanan pengumpulan sampah ABC. Departemen resmi telah setuju bahwa layanan perlu perbaikan. Tapi tidak ada yang dilakukan!
Dalam beberapa jalan-jalan sampah yang dikumpulkan hanya sebulan sekali karena pekerja tidak diawasi. Di jalan-jalan lain, koleksi di lebih sering tetapi setengah dari sampah yang tersisa di jalan. Para pekerja terlalu malas untuk mengambilnya dan memasukkannya ke dalam truk.

Di beberapa bagian dari koloni, rumah-pemegang sedang membuang sampah mereka di padang gurun. Ini berbahaya dan tidak sehat untuk dilakukan. Ini `kesedihan 'mungkin terbakar dan mereka pasti akan menarik tikus dan lalat.
Ini adalah tugas dari departemen resmi untuk mengumpulkan semua sampah efisien dan teratur

Contoh 4

Contoh terakhir yaitu contoh / example analytical exposition text singkat tentang rokok beserta terjemahannya

Is Smoking Good for Us?

Before we are going to smoke, it is better to look at the facts. About 50 thousands people die every year in Britain as direct result of smoking. This is seven times as many as die in road accidents. Nearly a quarter of smokers die because of diseases caused by smoking.

Ninety percent of lung cancers are caused by smoking. If we smoke five cigarettes a day, we are six times more likely to die of lung cancer than a non smoker. If we smoke twenty cigarettes a day, the risk is nineteen times greater. Ninety five percent of people who suffer of bronchitis are people who are smoking. Smokers are two and half times more likely to die of heart disease than non smokers.

Additionally, children of smoker are more likely to develop bronchitis and pneumonia. In one hour in smoky room, non smoker breathes as much as substance causing cancer as if he had smoked fifteen cigarettes.

Smoking is really good for tobacco companies because they do make much money from smoking habit. Smoking, however is not good for health both the smokers themselves and every body else.

Artinya:

 Apakan Merokok Baik Untuk Kita?

Sebelum kita akan merokok, lebih baik untuk melihat kenyataannya. Sekitar 50 ribu orang meninggal setiap tahun di Inggris sebagai akibat langsung dari merokok. Angka tersebut tujuh kali lebih banyak dari pada meninggal akibat kecelakan di jalan raya. Hampir seperempat dari perokok meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Sembilan puluh persen dari kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Jika kita merokok lima batang sehari, kita enam kali lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker paru-paru dibandingkan non perokok. Jika kita merokok dua puluh batang sehari, risikonya sembilan belas kali lebih besar. Sembilan puluh lima persen orang yang menderita bronkitis adalah orang-orang yang merokok. Perokok dua setengah kali lebih mungkin untuk meninggal karena penyakit jantung dibandingkan non perokok.

Selain itu, anak dari perokok lebih mungkin untuk mengembangkan bronkitis dan pneumonia. Dalam satu jam di ruangan berasap, non perokok menghirup zat penyebab kanker seolah-olah ia telah merokok lima belas batang rokok.

Merokok benar-benar baik bagi perusahaan tembakau karena mereka menghasilkan banyak uang dari kebiasaan merokok. Namun kebiasaan merokok tidak baik bagi kesehatan perokok itu sendiri dan orang lain.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang 4 Contoh / Example ANALYTICAL EXPOSITION TEXT SINGKAT ( Tentang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Rokok) beserta artinya. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2017/02/4-contoh-example-analytical-exposition.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: