RANGKUMAN PROTISTA Mirip Jamur (Reproduksi, Ciri-ciri, Klasifikasi, Peranan, Contoh, Soal dan jawaban)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang RANGKUMAN PROTISTA Mirip Jamur (Reproduksi, Ciri-ciri, Klasifikasi, Peranan, Contoh, Soal dan jawaban). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang RANGKUMAN PROTISTA Mirip Jamur (Reproduksi, Ciri-ciri, Klasifikasi, Peranan, Contoh, Soal dan jawaban) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : RANGKUMAN PROTISTA Mirip Jamur (Reproduksi, Ciri-ciri, Klasifikasi, Peranan, Contoh, Soal dan jawaban)
Link : RANGKUMAN PROTISTA Mirip Jamur (Reproduksi, Ciri-ciri, Klasifikasi, Peranan, Contoh, Soal dan jawaban)

Rekomendasi Materi!!!


RANGKUMAN PROTISTA Mirip Jamur (Reproduksi, Ciri-ciri, Klasifikasi, Peranan, Contoh, Soal dan jawaban)

Kali ini kita akan membahas mengenai rangkuman Protisra mirip jamur, adapun disini kita membahas lengkap tentang protista mirip jamur mengenai cara bereproduksi, ciri ciri, klasifikasi, peranan, contoh, dan soal serta jawabannya mengenai Protista Mirip Jamur. semoga dapat membantu.

Protista

Anggota dari kingdom protista memiliki kemiripan ciri dengan tumbuhan, hewan, ataupun jamur.
organisme protista hidup bebas di air tawar atau air laut, atau parasit di cairan tubuh atau parasit di jaringan makhluk hidup lain.

Protista berkembang biak secara seksual dan aseksual. Secara seksual, organism protista berkembang biak dengan pembelahan biner, sedangkan secara aseksual, organism protista berkembang biak dengan cara konjugasi ataupun dengan cara gametogamik, baik isogami ataupun anisogami. Kingdom Protista digolongkan menjadi tiga yaitu sebagai berikut:

1.       Protista mirip jamur, meliputi:
Filum Myxomycota (jamur lender) dan Filum Oomycota (Jamur air)
2.       Protista Mirip Hewan, meliputi
Kelas Rhizopoda (protista berkaki semu) Kelas Flagellata (Protista berbulu cambuk) Kelas Ciliata (Protista bersilia) Kelas Suctoria (sering digolongkan kedalam protista bersilia) Kelas Sporozoa (Protista berspora)
3.       Protista Mirip Tumbuhan (alga), meliputi
Chlorophyta (alga hijau) Rhodophyta (alga merah) Phaeophyta (alga cokelat) Chrysophyta (alga keemasan)

Protista Mirip Jamur



Mengapa protista mirip jamur tidak dimasukan kedalam kelompok jamur? Karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda dengan jamur. Akan tetapi protista mirip jamur memiliki beberapa ciri yang sama dengan jamur, yaitu memiliki struktur yang menghasilkan spora, bersifat heterotrof, dan hidup sebagai parasit atau pengurai dengan mengeluarkan enzim.
Protista Mirip jamur dibedakan dalam dua filum, yaitu :

  • Oomycota (Jamur Air)

Anggota Filum Oomycota biasanya memiliki tubuh berupa benang hifa yang berinti banyak (hifa tak berserat) dan kebanyakan hidup dihabitat akuatik dan terestrial.Selain itu, jamur air bersifat heterotrof dengan parasit atau saprofit. Saprofit adalah mengambil makanan dengan cara memasukan hifa kedalam jaringan inang, mengeluarkan enzim pencerna, kemudian mengisap larutan hasil pencernaan.
Kali ini kita akan membahas mengenai rangkuman Protisra mirip jamur, adapun disini kita membahas lengkap tentang protista mirip jamur mengenai cara bereproduksi, ciri ciri, klasifikasi, peranan, contoh, dan soal serta jawabannya mengenai Protista Mirip Jamur.

Cara Reproduksi Oomycota

Cara reproduksi Oomycota. Oomycota berkembang biak secara seksual dan aseksual.
Secara Seksual perkembangbiakan terjadi dengan penyatuan gamet jantan (dihasilkan oleh anteridium) dan gamet betina (dihasilkan oleh Oogonium), sedangkan secara aseksual yaitu dengan membentuk Zoospore berflagel.
Contoh anggota yang termasuk filum Oomycota antara lain phytophtora infestans, phytium debaryanum, Saprolegnia, Saccharomyces cerevisiae, Plasmospora viticola, dan Downy mildew.
  •  Myxomycota (Jamur Lendir Plasmodial)



Filum Myxomycota mempunyai ciri ciri seperti hewan dan jamur, yaitu pada fase vegetatifnya yang berupa massa sitoplasma yang telanjang (plasmodium) dan multinukleat (seperti sifat Amoeba) tetapi pada stadium yang kering badan buah seperti jamur. Hal tersebut terjadi jika Plasmodium merayap ke tempat yang kering maka akan terbentuk badan buah (fruiting body) yang kemudian badan buah tersebut akan berkembang dan membentuk spora berinti satu yang diselubungi dinding sel.

Disebut Jamur lendir karena jika kelaparan maka akan bergabung dengan mengeluarkan lendir agar bisa pindah bergerak ke lingkungan yang lebih nyaman atau menguntungkan.


Dalam keadaan lungkungan sesuai, Myxomycota terus bergerak seperti amoeba, tetapi jika keadaan lingkungan bertangkai yang berisi jamur jenis ini akan membentuk sporangia yang bertangkai yang berisi spora.


Spora akan tumbuh menjadi myxamuba atau myxoflagella. Myxomycota bereproduksi secara seksual denganspora yang dibentuk didalam sporangia bertangkai.


Myxomycota banyak dijumpai di hutan basah, batang kayu membusuk, tanah lembab, dan kayu lapuk. Beberapa contoh Myxomycota adalah Arthalium septicum, Dictyostelium discoideum, Physarium, Fuligo varians, dan Tubifera sp.

Peranan Protista Mirip jamur dalam kehidupan

Peranan Protista mirip jamur dalam kehidupan yaitu:

  • Protista mirip jamur yang bersifat saprofit memiliki peranan sebagai pengurai zat organik menjadi zat anorganik contohnya pada Fuligo spetica
  • Protista mirip jamur yang bersifat parasit pada makhluk yang masih hidup. Contohnya Saprolegnia sp yang memberikan penyakit pada ikan

Contoh soal dan jawaban tentang Protista Mirip Jamur

berikut adalah contoh contoh latihan soal beserta jawabannya tentang protista mirip jamur


1.       Apa saja ciri-ciri protista mirip jamur yang sama dengan ciri-ciri jamur?
Ciri ciri yang sama antara protista mirip jamur dengan ciri ciri jamur yaitu Mempunyai struktur yang menghasilkan spora. Mempunyai sifat heterotrof, hidup sebagai parasit.
2.       Bagaimana Protista mirip jamur memperoleh makanan dan energinya?
Cara protista mirip jamur memperoleh makanan dan energinya yaitu dengan cara memasukan hifa kedalam jaringan
3.       Mengapa Oomycota disebut sebagai jamur air?
Oomycota disebut sebagai jamur air karena hidup di habitat akuatik dan terrestrial.
4.       Pada Fase apakah Myxomycota mempunyai ciri-ciri seperti hewan dan jamur? Jelaskan!
Filum Myxomycota mempunyai ciri seperti hewan dan jamur yaidu pada fase vegetative yang berupa massa sitoplasmayang telanjang dan multinukleat tetapi pada stadium badan buah seperti jamur.
 




Terima kasih sobat telah membaca materi tentang RANGKUMAN PROTISTA Mirip Jamur (Reproduksi, Ciri-ciri, Klasifikasi, Peranan, Contoh, Soal dan jawaban). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/12/rangkuman-protista-mirip-jamur.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: