MEMO : Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Fungsi dan 7 Contoh Memo

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang MEMO : Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Fungsi dan 7 Contoh Memo. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang MEMO : Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Fungsi dan 7 Contoh Memo dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : MEMO : Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Fungsi dan 7 Contoh Memo
Link : MEMO : Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Fungsi dan 7 Contoh Memo

Rekomendasi Materi!!!


MEMO : Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Fungsi dan 7 Contoh Memo

Kali ini kita akan membahas mengenai Memo, adapun disini kita akan membahas lengkan mengenai Pengertian Memo, struktur memo,Ciri ciri memo, Tujuan Memo, Fungsi Memo, dan contoh memo resmi dan tidak resmi, semoga dapat membantu.

MEMO

Kali ini kita akan membahas mengenai Memo, adapun disini kita akan membahas lengkan mengenai Pengertian Memo, Ciri ciri memo, Tujuan Memo, Fungsi Memo, dan contoh memo resmi dan tidak resmi,

Pengertian Memo

Memo adalah sebuah bentuk surat yang ditulis dengan ringkas, padat dan jelas yang ditujukan kepada seseorang. Biasanya isi Memo langsung menyatakan maksud dari si pengirim tanpa adanya bagian bagian isi surat lain seperti, salam pembuka, dan salam penutup.

Berdasarkan penggunaannya, Memo dibagi menjadi dua bentuk yaitu Memo resmi dan Memo tidak resmi. Memo resmi adalah Memo yang dikeluarkan oleh suatu instansi, lembaga, atau organisasi. Memo ini ditujukan untuk orang yang ada atau terlibat di lembaga, instansi, atau organisasi tersebut.

Struktur Memo

Memo tertadi beberapa bagian (struktur) memo antara lain sebagai berikut:
  • Kepala Memo
Kepala memo terdiri dari :Kop Memo (Memo Resmi), Nama Pengirim dan Nama Penerima.
  • Badan Memo
Badan Memo teridiri dari Isi memo.
  • Kaki Memo
Kaki Memo terdiri dari : Tanda tangan dan Nama Jelas si Pembuat Memo.

Ciri-Ciri Memo

Memo memiliki beberapa ciri, berikut adalah ciri ciri memo:
  1. Maklumat yang disampaikan hendaklah jelas dan terus kepada maksud
  2. Hendaklah lengkap dengan nombor rujukan, tarikh, perkara, tanda tangan dan dsb.
  3. Secara umum, ciri yang ada dalam penulisan surat rasmi juga boleh di aplikasikan dalam penulisan memo.
  4. Ia berbeda dengan surat rasmi kerana berbentuk tidak terlalu formal, lebihringkas dan mempunyai catatan salinan kepada
  5. Memo juga tidak terikat dengan sesuatu bentuk seperti surat rasmi.
  6. Memo boleh ditulis dalam bentuk borang dan boleh juga dalam bentuk surat.Bergantung pada institut/ jabatan tersebut menentukan format memo . Biasanya berupa perintah dari atasan kepada bawahannya

Tujuan Memo

Tujuan Memo adalah untuk meminta atau memberikan informasi atau petunjuk kepada seseorang yang berkompeten.

Fungsi Memo

Fungsi Memo adalah sebagai bentuk komunikasi yang berisi arahan, permintaan, atau keterangan tentang sesuatu yang harus dilakukan atau diselesaikan dengan segera.

Contoh Memo

Berikut adalah contoh memo resmi dan tidak resmi, secara umum perbedaan antara memo resmi dan tidak resmi adalah bahasa yang digunakan dan pembuat memo itu sendiri.

Contoh Memo Tidak Resmi

Contoh 1
Untuk : Papa
Pa, Mama berangkat ke kantor lebih pagi hari ini karena ada jadwal piket. Mama sudah menyiapkan sarapan dan juga bekal makan siang. Semoga Papa suka dengan menunya. Sebelum berangkat ke kantor, jangan lupa untuk memaastikan bahwa kompor, mesin air, dan lampu sudah tidak menyala. Pasang kunci gembog di pagar dan aktifkan perekam CCTV. Terimakasih, Pa. Semoga hari ini menyenangkan.
Tertanda
Mama.
Contoh 2
Hai Tasya,
Terimakasih sudah meminjamkan buku ini padaku. Tugas analisis sastraku sudah selesai dan mendapatkan nilai A. Ini berkat bantuanmu meminjamkan buku novel yang menarik ini. Sebagai bentuk terimakasihku padamu, aku ingin mengajakmu makan siang besok di Pulau Emas Restaurant pukul 13.00. Kabari aku segera. Ini nomor teleponku, 081237473839.
Tertanda,        
Bryan
Contoh 3
Dari     : Vanesha
Untuk  : Linda
Linda, baju yang aku jahitkan di tempatmu kemarin aku kembalikan. Ada bagian yang tidak rapi dan sangat menggagu ketika digunakan. Bagian yang perlu diperbaiki sudah aku tandai and aku beri catatan. Aku sangat buru-buru hari ini sehingga tidak dapat menemuimu langsung. Aku menitipkan ini kepada ibumu. Aku minta tolong untuk segera diperbaiki karena baju itu akan aku pakai pada pesta pernikahan sepupuku lusa.
Terimakasih, Linda. Maaf merepotkan.
Tertanda,
Vanesha.
Contoh 4
Hai Sheila,
Jangan lupa mengambil salah buah pesananmu di toko ku ya. Sudah aku siapkan yang spesial untukmu. Ada bonus satu porsi untuk anakmu.
Tertanda,

Vivi.

Contoh Memo Resmi

Contoh 1
PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP PELITA BARU
MEMO
                                                                                                            26 Februari 2016
Dari                 : Kepala Sekolah                                                        
Kepada            : Seluruh Dewan Guru dan Staff Tata Usaha
Dimohon untuk segenap dewan guru dan staff tata usaha untuk turut serta mengingatkan anak-anak dalam gerakan cinta lingkungan sehingga anak-anak terlatih dan terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya, dan tidak memetik tanaman atau bunga disekitar sekolah (hal-hal yang merusak keindahan dan kelestarian lingkungan sekitar sekolah).
Terimakasih
Kepala Sekolah
Rumi Al Iman
Contoh 2
DINAS PARIWISATA
PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG

MEMO
                                                                                                            25 Februari 2016
Dari                 : Kepala Dinas
Kepada            : Kepala Bagian Humas
Mohon segera berkoordinasi dengan tim penyelenggara Tourism Fair untuk melakukan publikasi acara semaksimal mungkin mengingat bahwa waktu persiapan yang tersisa hanya 3 minggu. Saya menunggu progress report dari acara tersebut.
Terimakasih.
Kepala Dinas
Satria Bumi
Contoh 3
PT. MURAH MERIAH BERKAH
Jalan Penduduk Ramai nomor 839A, Kota Antarberantah
MEMO
Kepada  : Supervisor Bidang Produksi
Dari       : Manajer Cabang Antahberantah
Diberitahukan bahwa tenggat waktu pemeriksaan dan pembuatan laporan pemeriksaan tersisa 7 hari lagi. Mohon dikerjakan dengan sebaik-baiknya agar launching produk terbaru tidak terhambat. Proses promosi dapat dilaksanakan lebih awal apabila proses produksi telah selesai.
Terimakasih.
Manager Cabang Antahberantah
Faisal Hamied

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang MEMO : Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Fungsi dan 7 Contoh Memo. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/12/memo-pengertian-struktur-ciri-tujuan.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: