Sifat Wajib Nabi dan Rasul (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah dan Artinya)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Sifat Wajib Nabi dan Rasul (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah dan Artinya). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Sifat Wajib Nabi dan Rasul (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah dan Artinya) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Sifat Wajib Nabi dan Rasul (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah dan Artinya)
Link : Sifat Wajib Nabi dan Rasul (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah dan Artinya)

Rekomendasi Materi!!!


Sifat Wajib Nabi dan Rasul (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah dan Artinya)

Halo sobat, kali ini admin akan memberikan kalian materi agama yaitu sifat wajib nabi dan rasul. Seperti yang telah kita ketahui bahwa nabi dan rasul memiliki 4 (empat) sifat yang wajib mereka miliki, diantaranya yaitu sidiq, amanah, tabligh, dan fathanah . Disini juga akan diberikan Surat Qur'an yang berkaitan tentang sifat wajib nabi dan rasul.
sifat wajib nabi dan rasul

Sifat Wajib Nabi dan Rasul

Para Nabi dan Rasul Allah Swt. memiliki akhlak yang mulia dan terpuji. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an Surat Al-Ahzab ayat 21.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Q.S. Al-Ahzab, 33:21).

1. Sidiq Artinya Benar dan Jujur

Sidiq artinya benar dan jujur. Maksud sidiq adalah para rasul dan nabi selalu berkata benar dan jujur, saat menyampaikan risalah Allah yang harus disampaikan kepada umatnya sehingga mustahil para nabi dan rasul itu memiliki sifat kidzib (dusta). Karena kalaulah para rasul/nabi itu dusta sudah tentu umat yang dibimbingnya akan menjadi pendusta pula.

2. Amanah Artinya Dapat Dipercaya

Amanah artinya dapat dipercaya. Maksud amanah adalah para nabi dan rasul seorang yang dapat dipercaya daam menyampaikan risaah dari Allah Swt. tanpa mengurangi atau menambahnya sehingga mustahil para nabi dan rasul itu bersifat khianat (ingkar janji/tidak dapat dipercaya), karena kalau para nabi dan rasul khianat sudah tentu umat yang dibimbingknya akan menjadi pengkhianat pula.

3. Tabligh Artunya Menyampaikan

Tabligh artinya menyampaikan. Maksud tabligh adalah para nabi dan rasul itu wajib menyampaikan risalah atau ajaran-ajaran Allah Swt. yang diterimanya kepada umat manusia agar dijadikan pedoman hidup oleh mereka. 

Mustahil para nabi dan rasul bersifat kitman atau menyembunyikan dan tidak menyampaikan risalah yang diterimanya kepada umat manusia. Jika para nabi dan rasul itu bersifat kitman, tentu umat anusia tidak mempunyai pedoman hidup yang bersumber dari Allah Swt., sehingga mereka akan mengalami kehancuran dan kebinasaan.


4. Fathanah Artinya Pandai atau Cerdas

Fathanah artinya pandai atau cerdas. Maksud fathanah adalah para nelai oleh Allah Swt. dengan kecerdasan dan kepandaian tinggi. Menurut akal sehat para pemimpin umat seperti para nabi dan rasul wajib bersifat fathanah (pandai atau cerdas). Karena dengan sifatnya yang fathanah para nabi dan rasul dapat berhujah, berdialog, terutama dengan para penentangnya. Oleh karena itu, mustahilpara nabi dan rasul itu bersifat jahlun (bodoh).

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Sifat Wajib Nabi dan Rasul (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah dan Artinya). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/07/sifat-wajib-nabi-dan-rasul-sidiq-amanah.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: