Tips Memilih Jurusan SNMPTN Agar Masuk dan Lulus SNMPTN

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Tips Memilih Jurusan SNMPTN Agar Masuk dan Lulus SNMPTN . Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Tips Memilih Jurusan SNMPTN Agar Masuk dan Lulus SNMPTN dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Tips Memilih Jurusan SNMPTN Agar Masuk dan Lulus SNMPTN
Link : Tips Memilih Jurusan SNMPTN Agar Masuk dan Lulus SNMPTN

Rekomendasi Materi!!!


Tips Memilih Jurusan SNMPTN Agar Masuk dan Lulus SNMPTN

Masuk Universitas Negeri ataupun Perguruan Tinggi merupakan hal yang sangat diidam-idamkan oleh hampir seluruh rakyat Indonesia yang ingin melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena biaya sekolah di universitas negeri bisa dibilang cukup murah tentunya dengan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi jika diabndingkan dengan perguruan tinggi swasta lainnya karena perguruan tinggi negeri sudah mendapat bantuan dari pemerintah sehingga biaya kuliah pertahun nya cukup murah jika dibandingkan dengan swasta.
tips memilih jurusan snmptn agar lulus snmptn

Pada tahun 2016 ini seluruh calon mahasiswa bisa ikut daftar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) online melalui internet sehingga kita dapat lebih mudah untuk mendaftar SNMPTN 2016 ini. Adapun syarat agar kalian bisa ikut daftar SNMPTN adalah kalian harus memenuhi syarat sebagai 75% ranking siswa terbaik disekolahnya (sekolah akreditasi "A"), 50% untuk sekolah akreditasi "B", 25% untuk sekolah akreditasi "C", dan 10% untuk akreditasi lainnya.

Nah jika kalian sudah memenuhi syarat diatas maka kalian akan bisa ikut daftar SNMPTN 2016. Nanti pihak sekolah akan memberikan kepada kalian semua nomor NISN dan password yang akan dipakai untuk log in ke website web.snmptn.ac.id (website tempat pendaftaran SNMPTN online se-Indonesia). Disitu kalian akan menemukan banyak sekali Universitas Negeri dengan berbagai Fakultas dan Jurusan yang dimilikinya.

Dalam pendaftaran SNMPTN kalian hanya bisa memlih 3 prodi dari 2 Universitas dan salah satu Universitas tersebut diharuskan berapa dimana provinsi kalian berada. Misalnya saja saya tinggal di Bandung, maka salah satu dari universitas yang saya pilih untuk SNMPTN salah satunya harus berada di Jawa Barat.

Adapun tips memilih jurusan SNMPTN agar dapat diterima di PTN tujuan adalah sebagai berikut.

1. Lihatlah jurusan kalian ketika masih di SMA.
Jika kalian SMA dengan jurusan IPA, maka saya sarankan kalian agar lebih baik memilih jurasan yang memang juga mengandung unsur "IPA atau EXACT", dan begitupun dengan yang sekolah SMA dijurusan SMA sudah pasti harus memilih jurusan IPA. Teknik pemilihan jurusan seperti itu akan memperbesar peluang kita untuk dapat masuk PTN tujuan kita.

2. Lihatlah nilai raport kalian dari semester 1-5.
Selain melihat jurusan, kalian juga harus dapat memperhatikan nilai raport agar dapat masuk PTN tujuan kalian semua. Jika raport kalian misalnya saja nilai biologi nya lebih besar dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya dan nilai nya pun meningkat dari tiap semesternya, maka kalian harus memilih jurusan yang memang memperdalam ilmu biologi dan bukan ilmu fisika.

3. Mintalah perbaikan nilai kepada guru.
Hal ini dapat dilakukan jika misalnya memang ada nilai kalian yang belum memenuhi KKM. Jika nilai kalian masih ada yang belum memenuhi KKM maka kalian harus cepat-cepat untuk memperbaiki nilai kalian agar kalian dapat masuk dan diterima di PTN idaman kalian. Cara ini mungkin dapat dicoba, cobalah minta kepada guru kalian untuk meningkatkan nilai kalian di salah satu mata pelajaran meskipun nilai kalian sudah diatas KKM. Hal ini bertujuan agar peluang kalian semua lebih besar untuk dapat masuk PTN idaman kalian melalui jalur SNMPTN.

4. Berdo'a kepada Tuhan.
Setelah kalian semua telah berusaha dan melakukan semua hal diatas, maka hal yang dilakukan untuk dapat masuk PTN melalui jalur SNMPTN adalah berdo'a kepada Tuhan agar kalian dapat masuk Universitas idaman kalian semua karena Tuhan itu Maha Kuasa.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Tips Memilih Jurusan SNMPTN Agar Masuk dan Lulus SNMPTN . Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/03/tips-memilih-jurusan-snmptn-agar-masuk.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: