Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 4-11

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 4-11. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 4-11 dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 4-11
Link : Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 4-11

Rekomendasi Materi!!!


Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 4-11

Halo sobat semua kali ini saya akan membagikan kepada kalian semua kunci jawaban buku paket bahasa Indonesia untuk kelas X (10) mulai dari halaman 4 sampai dengan halaman 11. Pada pelajaran ini kita akan belajar untuk membedah struktur teks laporan hasil observasi "Mahluk di Bumi ini". Baiklah tanpa basa-basi lagi silahkan lihat jawabannya dibawah ini.

Jawaban Buku Paket Indonesia Halaman 4
StrukturKalimat
Pernyataan umum
atau klasifikasi
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan melakukan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Anggota/aspek yang
dilaporkan
Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut benda hidup dan yang kedua disebut benda mati. Benda hidup mempunyai ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Anggota/aspek yang
dilaporkan
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuhtumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh hewan. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan hewan tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuhtumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Anggota/aspek yang
dilaporkan
Selanjutnya, hewan dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata mempunyai tulang belakang yang meliputi manusia, burung, kucing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak mempunyai tulang belakang yang meliputi uburubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Ada lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.

Klasifikasi Benda dari teks "Mahluk di Bumi Ini"

Jawaban Buku Paket Indonesia Halaman 9
  1. Wawan memisahkan antara uang logam dan uang kertas. 
  2. Rini memilah barang bekas dan barang baru milikinya.
  3. Harimau digolongkan kedalam mamalia.
Jawaban Buku Paket Indonesia Halaman 10
  1. Persamaan >< Perbedaan             
  2. Bergerak >< Diam
  3. Keras >< Lunak
  4. Tumbuh ><  Mati (tanaman)
  5. Umum >< Khusus
  6. Belakang >< Depan
  7. Kelompok >< Individu
  8. Sebagian >< Seluruh
  9. Panjang >< Pendek
  10. Berubah >< Tetap
Jawaban Buku Paket Indonesia Halaman 11
Kata Dasar Verba Nomina
Bagi Membagi Bagian
Membagikan Pembagian
Berbagi
Membagi-bagikan
Terbagi
Dibagi
Dibagi
Dibagikan
Golong Menggolongkan Penggolong
Tergolong Penggolongan
Digolongkan
Pilah Memilah Pemilihan
terpilah
Dipilah
Terpiliah-pilah
Kelompok Menhgkelompokan Pengkelompokan
Dikelompokan Kekelompokan
Terkelompok
Berkelompok
Jenis Menjeniskan Penjenisan
Terjenis
Dijeniskan
Berjenis
Besar Membesar Besaran
Membesarkan Pembesaran
Terbesar Kebesaran
Dibesarkan
Kecil Mengkecil Perkecilan
Menkecilkan
Terkecil
Dikecilkan
Tumbuh Bertumbuh Pertumbuhan
Ditumbuhkan Tumbuhan
Sama Bersama Persamaan
Disamakan Kesamaan
Berbeda Membedakan Perbedaan
Berbeda
Dibedakan
Membeda-bedakan
Umum Mengumumkan Pengumuman
Diumumkan

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 4-11. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/03/jawaban-buku-paket-bahasa-indonesia.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: