Pengertian Passing Grade

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Pengertian Passing Grade. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Pengertian Passing Grade dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Pengertian Passing Grade
Link : Pengertian Passing Grade

Rekomendasi Materi!!!


Pengertian Passing Grade

Halo sobat semua pada kesempatan ini kita akan memberitahukan kepada kalian semua para calon mahasiswa tentang Pengertian Passing Grade. Kata passing grade memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua apalagi untuk para kalangan pelajar yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tapi mungkin masih ada beberapa yang masih bertanya apa itu passing grade karena memang mereka belum mengetahui pengertian dari passing grade.

Pengertian Passing Grade
Passing grade adalah sebuah nilai batas minimal ataupun batas acuan yang dimiliki suatu prodi perguruan tinggi negeri untuk dapat masuk ke prodi tersebut. Passing grade biasanya dituliskan dalam bentuk persen ataupun juga dalam bentuk ratusan. Bedanya, misalnya jika dalam persen ditulis (56.2%), maka jika ditulis dalam bentuk data akun ditulis (562,00).
pengertian passing grade

Semakin tinggi passing grade suatu prodi, maka tingkat kesulitan untuk dapat masuk prodi tersebut akan semakin tinggi. Sebaliknya juga jika passing grade rendah maka akan semakin mudah juga para calon mahasiswa untuk masuk prodi yang diminatinya tersebut. Biasanya suatu prodi dikatakan sulit ketika nilai passing grade suatu prodi sudah berada diatas 40%, sedangkan untuk ukuran sedang biasanya berada pada kisaran 30%-40% dan untuk ukuran kurang dari 30% maka dapat dikatakan mudah.

Tetapi hal yang perlu kalian ingat disini adalah bahwa data-data passing grade itu bukanlah sebuah data acuan yang pasti (hanya sebuah prediksi) karena tidak dikeluarkan oleh pihak Universitas yang bersangkutan ataupun oleh negara. Passing grade yang biasanya bertebaran di internet merupakan sebuah data hasil hitung manual dari data yang ada pada tahun sebelumnya dari hasil jumlah daya tampung dan juga peminat pada suatu prodi.

Hal-hal yang dapat mempengaruhi nilai passing grade adalah banyaknya daya tampung yang tersedia dan juga jumlah peminat yang ada pada prodi tersebut. Jika daya tampung sedikit sedangkan peminat ataupun jumlah pendaftarnya banyak maka nilai passing grade dari prodi tersebut akan sangat tinggi karena kemungkinan untuk dapat masuk prodi di Universitas tersebut akan menjadi sangat kecil.

Berbeda jika daya tampung yang tersedia pada suatu prodi cukup banyak dan jumlah peminatnya juga tidak terlalu banyak, maka dapat dipastikan nilai passing grade dari universitas tersebut akan cukup kecil dan kemungkinan kita untuk dapat masuk prodi tersebut akan semakin besar dikarenakan banyaknya daya tampung yang tersedia.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Pengertian Passing Grade. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/02/pengertian-passing-grade.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: