IKLAN (Pengertian, JenisJenis, Syarat, dan Contoh Iklan)

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang IKLAN (Pengertian, JenisJenis, Syarat, dan Contoh Iklan). Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang IKLAN (Pengertian, JenisJenis, Syarat, dan Contoh Iklan) dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : IKLAN (Pengertian, JenisJenis, Syarat, dan Contoh Iklan)
Link : IKLAN (Pengertian, JenisJenis, Syarat, dan Contoh Iklan)

Rekomendasi Materi!!!


IKLAN (Pengertian, JenisJenis, Syarat, dan Contoh Iklan)

Pengertian iklan adalah salah satu materi bahasa Indonesia yang akan kita pelajari kali ini. Materi yang akan kita bahas kali ini yaitu pengertian, jenis-jenis, syarat, dan juga contoh iklan. Jenis-jenis iklan dibedakan berdasarkan 2 macam, yang pertama jenis iklan yang dibedakan berdasarkan isi dan yang kedua adalah jenis iklan yang dibedakan berdasarkan media yang digunakan.
pengertian iklan

Pengertian Iklan
Iklan merupakan bentuk komunikasi dari seseorang, instansi, atau perusahaan yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik agar khalayak tertarik untuk menggunakan sesuatu yang diiklankan.

Jenis Iklan berdasarkan Isi
Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut.

  1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan, yaitu iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal pemberitahuan, misalnya iklan duka cita.
  2. Iklan penawaran (niaga), yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang niaga.
  3. Iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal, misalnya iklan larangan narkoba dan seks bebas.
Jenis Iklan berdasarkan Media yang Digunakan
Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibedakan menjadi 4 macam diantaranya sebagai berikut.
  1. Iklan radio, yaitu iklan yang disampaikan dengan efek suara.
  2. Iklan media cetak, yaitu iklan yang menggunakan efek cetak dan gambar.
  3. Iklan televisi, yaitu iklan yang menggunakan efek suara, gambar, dan juga teks.
  4. Iklan baris, yaitu iklan yang disampaikan dalam sebuah kolom pada media massa cetak dan hanya terdiri atas beberapa baris. Biayanya pun berdasarkan jumlah baris yang digunakan.
Syarat Iklan
Syarat sebuah iklan adalah sebuah acuan atau hal yang harus dipenuhi agar sesuatu itu dapat dikatakan sebagai iklan. Sesuatu dapat dikatakan sebagai iklan jika memenuhi 2 syarat berikut.
  1. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, menarik perhatian, tidak menyinggung perasaan orang lain.
  2. Bahasa iklan harus berkonotasi positif, mudah diingat, mudah dipahami, dan menimbulkan sikap penasaran bagi khalayak ramai.
Contoh Iklan
Brosur dan buletin merupakan salah satu contoh iklan yang sering sekali kita temui di kehidupan sehari-hari. Tetapi selain itu juga yang paling sering kita temui adalah iklan pada televisi. Berikut akan saya berikan contoh iklan yang dibedakan berdasarkan isinya.

1. Contoh Iklan Pengumuman
contoh iklan pengumuman
contoh iklan pengumuman
2. Contoh Iklan Penawaran (Niaga)
contoh iklan penawaran (niaga)
contoh iklan penawaran (niaga)
3. Contoh Iklan Layanan Masyarakat
contoh iklan layanan masyarakat
contoh iklan layanan masyarakat


Terima kasih sobat telah membaca materi tentang IKLAN (Pengertian, JenisJenis, Syarat, dan Contoh Iklan). Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2016/01/iklan-pengertian-jenisjenis-syarat-dan.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: