TEKS TANTANGAN : Pengertian, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang TEKS TANTANGAN : Pengertian, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang TEKS TANTANGAN : Pengertian, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : TEKS TANTANGAN : Pengertian, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan
Link : TEKS TANTANGAN : Pengertian, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan

Rekomendasi Materi!!!


TEKS TANTANGAN : Pengertian, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan

TEKS TANTANGAN merupakan materi pelajaran bahasa Indonesia yang akan kita bahas kali ini. Adapun sekarang yang akan kita bahas tentang teks tantangan ini bukan hanya pengertian nya saja, tetapi juga lengkap dengan struktur teks, kaidah kebahasaan, dan juga contoh teks tantangan kenaikan BBM.

Pengertian Teks Tantangan
Teks tantangan adalah teks yang berisi informasi yang memuat bantahan terhadap suatu hal yang kontroversial yang sedang berkembang di masyarakat yang dilengkapi dengan argumen dan data-data yang dapat memperkuat bantahan tersebut. Teks tantangan ini biasanya ada dan menjadi penyangga dalam debat.
teks tantangan

Struktur Teks Tantangan
Struktur teks tantangan merupakan cara atau bagian-bagian yang membangun teks tersebut. Masih banyak diantara yang belum mengetahui bahwa teks tantangan disusun oleh isu atau pengantar, argumen, dan juga simpulan. Untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat dibawah.

  1. Pengantar, merupakan bagian yang berisi tentang topik yang akan dibantah, sering juga disebut sebagai isu.
  2. Argumen, struktur teks yang berisi rangkaian bukti atau alasan yang berfungsi untuk mendukung bantahan.
  3. Simpulan,  berisi pernyataan yang menegaskan bantahan.
Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan
Teks tantangan memiliki empat kaidah kebahasaan, untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.
  1. Kalimat kompleks, merupakan kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur dan satu verba.
  2. Kata rujukan, merupakan kata yang menunjukan rujukan sebagai pemberi informasi.
  3. Kata hubung, kata yang berfungsi untuk menghubungkan kata.
  4. Pilihan Kata, agar gagasan teks dapat disampaikan dengan baik.
Contoh Teks Tantangan
Kenaikan Harga BBM Disambut Aksi Demo
Demo kenaikan BBM belum berhenti. Kali ini Aliansi Rakyat Bali Tolak Kenaikan BBM mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut Surat Keputusan Menteri ESDM No.2486/K/12/MEN/2015 tentang Kenaikan Harga BBM. Kenaikan harga BBM dinilai memberatkan mayoritas masyarakat.

"Kebijakan nonpopulis ini bukti wajah asli siapa Pemerintah saat ini, yang tidak bisa mengambil kebijakan tanpa melukai hati rakyat dan menyengsarakan kehidupan yang semakin sulit ini," ujar Koordinator Aliansi Rakyat Bali Tolak, Ni Wayan Sita Metri saat berunjukrasa di Denpasar, Minggu (29/3/2015).

Ia menilai kenaikan harga BBM yang dimulai sejak Sabtu kemarin, pukul 00:00 WIB tidak memiliki dasar perhitungan yang kuat. Sebab harga minyak mentah dunia saat ini hanya USD 59,19 per barrel.

Sementara itu Juru Bicara Aliansi Rakyat Bali Tolak Kenaikan BBM, Retno mengatakan, kenaikan BBM menunjukkan kekayaan energi Indonesia masih dikontrol asing. Ia juga menuding Pemerintahan Jokowi belum mampu membawa Indonesia mandiri dalam mengelola kekayaanya alamnya.

Saat ini kekayaan alam Indonesia atas sumber Energi masih dikuasai oleh Asing, sehingga Pemerintahan Jokowi-JK membuat kebijakan yang mengikuti alur keinginan di International," tutur Retno, juru bicara Aliansi tersebut.

Sebelumnya unjuk rasa kenaikan BBM juga terjadi di sejumlah daerah. Seperti di Jakarta dan Yogyakarta.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang TEKS TANTANGAN : Pengertian, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2015/11/teks-tantangan-pengertian-struktur-teks.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: