TEKS BERITA : Ciri, Syarat, dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita.

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang TEKS BERITA : Ciri, Syarat, dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita.. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang TEKS BERITA : Ciri, Syarat, dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita. dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : TEKS BERITA : Ciri, Syarat, dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita.
Link : TEKS BERITA : Ciri, Syarat, dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita.

Rekomendasi Materi!!!


TEKS BERITA : Ciri, Syarat, dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita.

Halo sobat, kali ini masih tentang teks berita. Setelah sebelumnya kita membahas pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan dan contoh teks berita, maka kali ini kita akan membahas materi teks berita yang baru yang tidak ada pada artikel tersebut yaitu diantaranya ciri-ciri, kaidah kebahasaan, syarat berita, dan struktur teks berita. Baiklah langsung saja mari kita simak materi berikut.
teks berita

Sebelum kita membahas materi yang telah saya sebutkan diatas, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari teks berita. Tapi pengertian itu tidak akan saya jelaskan disini, sobat bisa melihatnya dengan membuka link yang telah saya sediakan di bagian atas postingan ini (tulisan yang berwarna merah muda). Tinggal kunjungi saja laman itu yaa hehe.

Ciri-Ciri Teks Berita
Ciri teks berita dari hasil yang telah dirangkum oleh guru dari berbagai sumber baik itu buku paket SMA kelas XII ataupun yang laiinya, beliau mendapat kesimpulan bahwa ada 7 ciri-ciri teks berita. Berikut akan saya jelaskan dibawah.
  1. Menarik.
  2. Terkini (aktual).
  3. Dipercaya (terfaktual).
  4. Diterima di masyarakat.
  5. Jelas.
  6. Kalimatnya sederhana.
  7. Segera disampaikan.
Kaidah Kebahasaan Teks Berita
Kaidah kebahasaan merupakan ciri atau kaidah bagaimana teks tersebut dibangun. Dengan adanya kaidah kebahasaan, kita dapat membedakan apakah itu teks berita atau bukan. Berikut ciri kebahasaan teks berita.
  1. Adanya keterangan (baca : macam-macam keterangan).
  2. Verba Transitif (baca : pengertian dan contoh verba transitif).
  3. Verba pewarta (baca : pengertian dan contoh verba pewarta).
Syarat Teks Berita
Syarat teks berita, merupakan salah satu faktor yang harus dipenuhi dalam suatu teks agar teks tersebut dapat disebut sebagai teks berita. Berikut akan saya jelaskan beberapa syarat agar suatu teks dapat dikatakan sebagai teks berita.
  1. Fakta, jika berita tidak berisi fakta maka teks tersebut tidak dapat dikatakan sebagai teks berita,
  2. Aktual, teks berita harus yang masih hangat atau baru,
  3. Seimbang, teks tidak boleh memihak kepada siapapun.
  4. Lengkap, teks harus lengkap dari unsur 5W+1H dan harus memenuhi unsur atau struktur teks berita.
  5. Menarik, dengan judul yang menarik orang akan lebih tertarik untuk membaca teks berita.
  6. Sistematis, yang namanya berita itu harus berurutasn (sistematis).

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang TEKS BERITA : Ciri, Syarat, dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita.. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2015/10/teks-berita-ciri-syarat-dan-kaidah.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: