Tugas Soal Teks Cerita Sejarah Beserta Jawabannya

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Tugas Soal Teks Cerita Sejarah Beserta Jawabannya. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Tugas Soal Teks Cerita Sejarah Beserta Jawabannya dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Tugas Soal Teks Cerita Sejarah Beserta Jawabannya
Link : Tugas Soal Teks Cerita Sejarah Beserta Jawabannya

Rekomendasi Materi!!!


Tugas Soal Teks Cerita Sejarah Beserta Jawabannya

Halo sahabat, pada pagi tadi di sekolah saya telah belajar cerita teks sejarah yang merupakan materi yang pertama saya pelajari di kelas 12 ini. Pada saat pertama kali masuk guru saya langsung memberikan tugas dan soal latihan yang berkaitan dengan teks cerita sejarah.

Saya rasa materi ini cukup mudah untuk dipelajari asalkan sobat semua rajin untuk membaca dan menghilangkan rasa malas sahabat semua. Adapun berikut akan saya berikan soal teks cerita sejarah yang telah diberikan oleh guru saya pada pagi hari lengkap dengan jawabannya.

Baca juga : Materi teks cerita sejarah lengkap.

Soal
  1. Cari pengertian dari cerita teks sejarah.
  2. Cari ciri-ciri dari teks cerita sejarah.
  3. Cari struktur dari cerita teks sejarah.
Jawaban
  1. Pengertian teks sejarah : Teks cerita sejarah adalah teks yang didalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi asal muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai sejarah.
    Dan juga merupakan pengisahan yang disusun berdasarkan kronologi atau urutan waktu.
  2. Ciri ciri teks cerita sejarah :
    -Menceritakan masa lalu
    -Menggunakan verba
    -Menggunakan kalimat lampau
    -Menggunakan frase adverbial
    -Menceritakan masa lampau ( fakta )
    -Menggunakan kalimat naratif/deskriptif
    -Berdasarkan fakta
  3. Struktur teks cerita sejarah :
    -Orientasi ( pengenalan )
    -Peristiwa ( event )
    -Reorientasi ( pengenalan kembali )
Itu semua merupakan soal teks cerita sejarah yang diberikan oleh guru saya di sekolah. Adapun jawaban itu semua saya yakin benar karena itu merupakan jawaban yang benar dan mendapat nilai sempurna. Tapi bagi yang ingin mengetahui kaidah atau ciri kebahasaan dari teks cerita sejarah bisa dilihat dibawah ini.

Kaidah kebahasaan teks cerita sejarah
a. Menggunakan bentuk lampau (peristiwa telah terjadi).
b. Menggunakan konjungsi untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian, misalnya dan, tetapi, setelah     itu, dan kemudian.
c. Menggunakan keterangan dan frasa adverbial untuk mengungkapkan tempat, waktu, dan cara.             Misalnya kemarin, di rumah saya, dan pelan-pelan.
d. Menggunakan kata kerja yang menyatakan tindakan, misalnya pergi, tidur, lari, dan membeli.



Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Tugas Soal Teks Cerita Sejarah Beserta Jawabannya. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2015/08/tugas-soal-teks-cerita-sejarah-beserta.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: