Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah

Halo sahabat pelajar, selamat datang di blog Materi Pendidikan. Blog ini membahas tentang materi penting yang ada di sekolah. Salah satunya materi tentang Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah. Kami berusaha memberikan materi yang lengkap kepada sobat dengan melampirkan beberapa gambar yang terkait dengan materi tersebut agar mudah dimengerti. Semoga materi yang kami sajikan tentang Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah dapat anda pahami dan sekaligus berguna bagi sobat. Bila sobat ingin mengetahui materi-materi penting lainnya silakan lihat di daftar isi blog ini. Baiklah selamat membaca materi yang sedang sobat cari berikut ini :

Judul : Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah
Link : Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah

Rekomendasi Materi!!!


Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah

Pemberontakan DII/TII di Jawa Tengah
Amir Fatah
Halo sobat pelajar, setelah sebelumnya kita membahas tentang Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, kali ini kita akan membahas tentang Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah. Ternyata pemberontakan-pemberontakan tersebut tidak hanya terjadi di Jawa Barat saja, melainkan juga Jawa Barat dan daerah lainnya.

Terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah setelah masa pengakuan kedaulatan. Pemberontakan terjadi di tempat yang terpisah, namun saling berhubungan. Oleh Kartosuwiryo, Amir Fatah diangkat menjadi komandan pertempuran di Jawa Tengah. Untuk mengatasi pemberontakan yang dilakukan oleh Amir Fatah, Divisi Diponegoro membentuk pasukan khusus yang bernama Banteng Raiders.

Di Kudus dan Magelang terjadi pemberontakan Batalion 426. Mereka menyatakan diri bergabung dengan DI/TII. Akibat dari pemberontakan tersebut, gerakan DI/TII di Jawa Tengah menjadi masalah yang serius. Untuk menumpas pemberontakan tersebut, Divisi Diponegoro melancarkan operasi militer yang bernama Operasi Merdeka Timur yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto.

Sobat itulah materi tentang Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah. Sobat bisa juga membaca materi lainnya tentang pemberontakan-pemberontakan lainnya disini. Mungkin sekian dulu materi dari saya mohon maaf bila ada kekurangan, salam pelajar.

Terima kasih sobat telah membaca materi tentang Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah. Semoga materi ini dapat memberi manfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk menyimpan link berikut ini https://materi-pendidikan-indonesia.blogspot.com/2015/08/pemberontakan-ditii-di-jawa-tengah.html agar sobat bisa mengunjungi materi ini sewaktu-waktu. Baiklah sampai jumpa di postingan materi-materi selanjutnya.

Postingan terkait: